5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2006

Banyak steal draft!

Tak banyak penggemar NBA yang mengingat sosok Andrea Bargnani, center asal Italia yang pernah bermain di NBA selama sepuluh tahun. Ia merupakan pemain pertama yang dpilih pada gelaran NBA Draft 2006 oleh Toronto Raptors.

Sayangnya, ia gagal memenuhi ekspektasi untuk jadi pemain bintang dan justru tampil sebagai pemain biasa saja. Meski pick pertama NBA Draft 2006 terbilang gagal, beberapa pemain hebat justru lahir dari kelas ini. Berikut kami sajikan daftar lima pebasket terbaik yang terpilih pada NBA Draft 2006.

1. LaMarcus Aldridge

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2006LaMarcus Aldridge (nba.com)

Pada NBA Draft 2006, LaMarcus Aldridge hadir sebagai salah satu prospek unggulan. Pada akhirnya, Aldridge terpilih di urutan kedua oleh Chicago Bulls sebelum ditukar ke Portland Trail Blazers pada hari yang sama.

Keputusan Bulls menukar Aldridge ke Portland bisa disebut sebagai sebuah blunder. Pasalnya, Aldridge menjelma pemain bintang dan center hebat. Selama di NBA, Aldridge pernah 7 kali ikut dalam NBA All-Star Game dan 5 kali masuk All-NBA Team.

2. Rajon Rondo

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2006Rajon Rondo (nba.com)

Menjelma sebagai salah satu point guard terbaik dalam sejarah NBA, Rajon Rondo termasuk dalam steal draft pada NBA Draft 2006. Pemain yang sekarang membela Cleveland Cavaliers ini terpilih di urutan ke-21 oleh Pheonix Suns dan ditukar ke Boston Celtics, tim yang jadi masa keemasannya.

Pada masa terbaiknya, Rondo punya kombinasi hebat di Boston Celtics bersama Paul Pierce, Kevin Garnett, dan Ray Allen. Selama berkarier di NBA, Rondo telah 2 kali jadi juara NBA, 4 kali masuk NBA All-Star Game, 4 kali masuk All-Defensive Team, dan 3 kali jadi raja assist tahunan.

Baca Juga: 5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2004

3. Kyle Lowry

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2006Kyle Lowry (nba.com)

Di antara nama lain dalam daftar ini, Kyle Lowry jadi pemain yang masih memiliki performa terbaik di NBA. Bersama Miami Heat, Lowry sukses mencatatkan rata-rata 13,4 poin, 4,5 rebound dan 7,5 assist per game selama musim 2021/2022.

Jauh sebelum itu, Lowry terpilih di urutan ke-24 oleh Memphis Grizzlies. Pemain yang juga termasuk dalam steal draft ini memiliki masa keemasan saat berduet bersama DeMar DeRozan di Toronto Raptors (2012—2021). Lowry juga jadi salah satu pemain penting yang bawa Raptors juara NBA pada 2019. Selama ini, ia pernah 7 kali ikut NBA All-Star Game dan 1 kali masuk All-NBA Third Team (2016).

4. Paul Millsap

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2006Paul Millsap (nba.com)

Selain Rajon Rondo dan Kyle Lowry, Paul Millsap juga merupakan pemain hebat yang terpilih di urutan bawah pada NBA Draft 2006. Power forward yang sekarang membela Philadelphia 76ers ini terpilih di urutan ke-47 oleh Utah Jazz.

Masa keemasan kariernya tercipta saat ia membela Atlanta Hawks dari 2013 hingga 2017. Dalam kurun waktu tersebut, Millsap pernah terpilih dalam NBA All-Defensive Second Team (2006) dan 4 kali masuk NBA All-Star Game (2014—2017).

5. Brandon Roy

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2006Brandon Roy (sbnation.com)

Brandon Roy merupakan salah satu pemain bintang NBA yang kariernya hancur akibat cedera. Ia memiliki karier yang cukup singkat di NBA karena cedera lutut. Roy terpilih di urutan ke-6 pada NBA Draft 2006 oleh Minnesota Timberwolves dan ditukar ke Portland Trail Blazers.

Bersama Blazers, Roy tampil menggila sejak muda. Sayangnya, ia hanya berkarier selama 5 tahun untuk Portland Trail Blazers dan 1 tahun untuk Minnesota Timberwolves. Dalam kurun 6 tahun tersebut, Roy pernah ikut serta dalam 3 kali NBA All-Star Game, 2 kali masuk All-NBA Team, dan terpilih jadi NBA Rookie of the Year (2007).

 

Tiga dari lima nama di atas termasuk dalam steal draft dan pemain hebat yang dipilih di urutan tengah atau bawah. Melihat prestasi yang mereka dapatkan di NBA, tak layak jika NBA Draft 2006 disebut kelas buruk hanya karena melihat performa NBA Draft.

Baca Juga: 5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2005

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya