Comscore Tracker

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2004

Didominasi defender hebat

Setelah melihat bakat hebat dari angkatan NBA Draft 2003, penggemar NBA tentu memiliki ekspektasi besar pada angkatan-angkatan selanjutnya. Setahun kemudian, para pemain terbaik dan calon legenda akhirnya datang ke NBA melalui NBA Draft 2004.

Walaupun secara rata-rata kualitas pemain dari kelas ini kalah dari NBA Draft 2003, tetapi beberapa pemain bintang berhasil lahir. Berikut ini daftar dan ulasan lima terbaik dari angkatan 2004.

1. Dwight Howard

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2004Dwight Howard (inquirer.com)

Terpilih pada urutan pertama oleh Orlando Magic di NBA Draft 2004, Dwight Howard sukses menebus ekspektasi sebagai pemain terbaik dalam kelas ini. Dengan segudang prestasi yang dimilikinya, Howard pantas disebut sebagai legenda jika suatu hari ia pensiun sebagai pemain basket profesional.

Karier terbaik Howard tercatat saat ia membela Orlando Magic (2004—2012), Los Angeles Lakers (2012—2013), dan Houston Rockets (2013—2016). Pada masa tersebut, Howard pernah 8 kali ikut dalam NBA All-Star Game, 8 kali masuk All-NBA Team, 5 kali masuk All-Defensive Team, dan 3 kali jadi pemenang NBA Defensive Player of the Year.

Gelar juara NBA baru ia dapatkan pada 2020 ketika berseragam Lakers untuk kedua kalinya. Howard juga dikenal sebagai center hebat yang kerap bergonta-ganti tim. Selain ketiga tim yang telah disebutkan sebelumnya, ia pernah membela Atlanta Hawks, Charlotte Hornets, Washington Wizards, dan Philadelphia 76ers.

2. Andre Iguodala

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2004Andre Iguodala (nba.com)

Andre Iguodala muncul sebagai salah satu pemain unggulan pada NBA Draft 2004. Pemain yang berposisi sebagai small forward ini terpilih di urutan ke-9 oleh Philadelphia 76ers, tim yang dibelanya selama 7 musim. Saat berseragam Sixers, Iguodala sukses mengikuti satu-satunya NBA All-Star Game dalam kariernya.

Hal tersebut bukanlah prestasi terbaik yang didapatkan Iguodala. Saat berseragam Golden State Warriors, ia tiga kali sukses menjadi juara NBA, terpilih sebagai NBA Finals MVP (2015), dan masuk dalam NBA All-Defensive First Team (2014).

Baca Juga: 5 Fakta Unik Jordan Poole, Mesin Pencetak Poin Golden State Warriors

3. Luol Deng

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2004Luol Deng (nba.com)

Luol Deng juga salah satu pemain bertahan terbaik yang terpilih pada NBA Draft 2004. Pemain berkebangsaan Inggris ini dipilih di urutan ke-7 oleh Phoenix Suns. Namun, ia ditukar ke Chicago Bulls yang jadi tim terbaiknya selama berkarier di NBA.

Selama 10 tahun membela tim berlogo banteng tersebut, Luol Deng berhasil ikut serta dalam dua NBA All-Star Game dan masuk NBA All-Defensive Second Team (2012). Ia sempat menjadi bagian dari NBA All-Rookie First Team pada musim pertamanya di NBA.

4. Jameer Nelson

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2004Jameer Nelson (6abc.com)

Jameer Nelson merupakan point guard yang terpilih oleh Denver Nuggets di urutan ke-20 pada NBA Draft 2004. Sama seperti Luol Deng, Nelson langsung ditukar oleh tim yang memilihnya. Ia ditukar ke Orlando Magic, tim terbaiknya di NBA.

Prestasi tertinggi Nelson di NBA terjadi pada 2009 ketika terpilih masuk dalam NBA All-Star. Torehan tersebut jadi satu-satunya prestasi hebat Nelson di NBA. Selama berkarier di NBA, ia pernah membela enam tim berbeda dengan rata-rata 11,3 poin, 3 rebound, dan 5,1assist per game.

5. Tony Allen

5 Pemain Basket Terbaik yang Terpilih pada NBA Draft 2004Tony Allen (nba.com)

Nama terakhir ialah Tony Allen yang dikenal sebagai salah satu defender terbaik di NBA. Ia terpilih di urutan ke-25 oleh Boston Celtics, tim yang ia bela selama 6 musim. Setelah itu, Allen pernah membela Memphis Grizzlies dan New Orleans Pelicas sebelum pensiun pada 2018.

Selama berkarier di NBA, Tony Allen pernah menjadi juara NBA sekali bersama Boston Celtics pada 2008. Meski tak pernah berlabel All-Star, ia termasuk defender hebat dan pernah enam kali terpilih dalam NBA All-Defensive Team.

Selain kelima nama di atas, beberapa pemain hebat seperti Devin Harris, Al Jefferson, Anderson Varejao, JR Smith, dan Josh Smith  juga lahir dari angkatan ini. Siapa yang terbaik versimu?

Baca Juga: 10 Fakta Steven Adams, Center Memphis Grizzlies asal Selandia Baru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya