Peraih NBA Rising Stars Challenge MVP dalam 5 Tahun Terakhir

Ajang untuk para calon pemain bintang unjuk gigi!

Kurang lebih dua pekan lagi, NBA All-Star Weekend akan digelar. Cleveland akan menjadi tuan rumah bagi NBA All-Star Weekend yang rencananya digelar di antara tahun 18 hingga 20 Februari 2022. Sama seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, NBA All-Star Weekend juga akan menampilkan beberapa event.

Salah satunya ialah NBA Rising Stars yang merupakan ajang bagi pemain muda dan calon bintang untuk unjuk gigi. Sempat berubah format dengan mempertandingkan tim USA melawan tim Dunia, pada tahun ini NBA kembali menggunakan format rookie melawan sophomore.

Secara popularitas, NBA Rising Stars jelas masih kalah menarik dari acara utama mereka NBA All-Star Game. Kendati demikian, banyak pemain hebat dulunya pernah berlaga dalam event ini dan beberapa di antaranya berhasil meraih NBA Rising Stars Challenge MVP.

Berikut ini ulasan mengenai siapa saja peraih NBA Rising Stars Challenge MVP dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. 

1. Zach LaVine (2016)

Peraih NBA Rising Stars Challenge MVP dalam 5 Tahun TerakhirZach LaVine (nba.com)

Pada NBA Rising Stars tahun 2016, tim USA berhasil unggul dengan skor tipis 157-154 dari tim Dunia. Zach LaVine, Jordan Clarkson, Andrew Wiggins, Kristaps Porzingis dan Emmanuel Mudiay berhasil tampil dominan dalam laga yang dilaksanakan di Air Canada Center, Toronto.

Dengan torehan 30 poin, 7 rebound dan 4 assists, Zach LaVine akhirnya dinobatkan sebagai peraih gelar NBA Rising Stars Challenge MVP tahun 2016. Padahal jika dilihat dari scoreboard, torehan LaVine masih kalah dari Emmanuel Mudiay yang ada di tim Dunia. Namun dikarenakan tim USA menang, LaVine pantas untuk mendapatkan gelar tersebut.

2. Jamal Murray (2017)

Peraih NBA Rising Stars Challenge MVP dalam 5 Tahun TerakhirJamal Murray (nba.com)

Dalam edisi NBA Risiing Stars tahun 2017, tim Dunia akhirnya mendapatkan giliran untuk menang. Tim Dunia berhasil menang dengan skor 150-141 dari tim USA dalam laga yang dilaksanakan di kota New Orleans, Amerika Serikat.

Penghargaan NBA Rising Stars Challenge MVP untuk edisi kali ini menjadi milik Jamal Murray dari tim Dunia. Point guard berkebangsaan Kanada ini mampu tampil dominan dengan torehan 36 poin, 3 rebound dan 11 assists. Dari 36 poin yang ia cetak, 27 poin di antaranya didapat dari tembakan 3 poin.

Baca Juga: 5 Pebasket Aktif Terpendek di NBA Saat Ini 

3. Bogdan Bogdanovic (2018)

Peraih NBA Rising Stars Challenge MVP dalam 5 Tahun TerakhirBogdan Bogdanovic (nba.com)

Tim Dunia kembali mengungguli tim USA pada NBA Rising Stars 2018 yang diadakan di Staples Center, Los Angeles. Pada edisi kali ini, tim Dunia unggul dengan skor 155-124. Hasil ini membuat Bogdan Bogdanovic akhirnya dinobatkan sebagai NBA Rising Stars Challenge MVP.

Pemain asal Serbia ini mampu mencatatkan 26 poin, 4 rebounds dan 6 assists yang berhasil membawanya unggul dari rekan setimnya, Buddy Hield dan Jamal Murray. Sama seperti Emmanuel Mudiay, Jaylen Brown juga mampu tampil luar biasa. Dikarenakan ia berada di tim yang kalah, ia akhirnya gagal meraih penghargaan tersebut.

4. Kyle Kuzma (2019)

Peraih NBA Rising Stars Challenge MVP dalam 5 Tahun TerakhirKyle Kuzma saat memenangkan penghargaan NBA Rising Stars MVP (skysports.com)

Kyle Kuzma benar-benar tampil sangat dominan pada NBA Rising Stars Challenge 2019. Ia berhasil mencetak 35 poin, 6 rebounds dan 2 assists untuk tim USA yang menang dengan skor 161-144 dari tim Dunia pada laga yang digelar di Spectrum Center, kota Charlotte.

Kemanangan tim USA juga tidak hanya berkat penampilan Kuzma saja. Jayson Tatum, Donovan Mitchell, Trae Young dan DeAaron Fox juga tampil hebat selama laga berjalan. Akan tetapi, penghargaan NBA Rising Stars Challenge MVP tetap menjadi milik Kuzma berkat kontribusi besarnya tersebut.

5. Miles Bridges (2020)

Peraih NBA Rising Stars Challenge MVP dalam 5 Tahun TerakhirMiles Bridges (skysports.com)

Tim USA kembali menang telak dari tim Dunia pada edisi NBA Rising Stars Challenge 2020. Dalam laga yang diselenggarakan di United Center, Chicago, ini tim USA berhasil unggul 151-131 dari tim Dunia yang diisi oleh RJ Barrett, Luka Doncic, Shai Gilgeous Alexander dan Rui Hachimura.

Kemenangan tim USA bisa didapat karena penampilan gemilang dari Colin Sexton, Eric Paschall dan Miles Bridges. Dalam edisi kali ini Miles Bridges yang mencetak 20 poin, 5 rebounds dan 5 assists akhirnya dinobatkan sebagai NBA Rising Stars Challenge MVP.

 

NBA Rising Stars Challenge akan kembali diadakan pada NBA All-Star Weekend pada tahun ini. Rangkaian ini sempat dihilangkan dari NBA All-Star Weekend 2021 karena alasan Covid-19 yang sedang merebak di Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Tim yang Paling Sering Bawa Pemainnya Raih Penghargaan NBA MVP

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya