5 Pebasket Aktif Terpendek di NBA Saat Ini 

Seluruhnya berposisi sebagai point guard!

Olahraga bola basket memang sangat identik dengan atlet yang memiliki tubuh tinggi. Namun, tinggi badan tidak selalu menjadi halangan bagi atlet bertubuh pendek untuk menjadi seorang pebasket profesional.

Dengan tinggi badan di bawah rata-rata pemain NBA, Isaiah Thomas, Muggsy Bogues, dan Early Boykins mampu menunjukkan bahwa mereka bisa bertahan dan mencatatkan prestasi. Saat ini, mungkin tidak ada pemain NBA yang memiliki tinggi badan sependek ketiga nama tersebut. Namun, lima nama ini tercatat sebagai pemain terpendek di NBA pada 2021/2022.

Siapa saja mereka? Check this out!

1. Markus Howard (177 cm)

5 Pebasket Aktif Terpendek di NBA Saat Ini Markus Howard (nba.com)

Pebasket dengan postur terpendek di NBA saat ini ialah Markus Howard. Ia memiliki tinggi 177 cm. Howard merupakan point guard yang gagal terpilih pada NBA Draft 2020. Saat ini, ia sedang terikat kontrak bersama Denver Nuggets.

Markus Howard bukanlah point guard utama tim asal Colorado tersebut. Ia dinilai masih kalah saing dari Jamal Murray, Facundo Campazzo, maupun Monte Morris, sehingga tak mengherankan ia memiliki menit bermain yang sedikit. Howard bahkan terlempar ke tim Grand Rapid Gold di G League.

2. Facundo Campazzo (178 cm)

5 Pebasket Aktif Terpendek di NBA Saat Ini Facundo Campazzo (skysports.com)

Dengan tinggi 178 cm, Facundo Campazzo bisa saja menjadi pesepak bola dengan tinggi yang ideal di negaranya, Argentina. Namun, bola basket merupakan jalan bagi kehidupannya. Sejak musim lalu, Campazzo telah menjadi bagian dari Denver Nuggets.

Pemain berumur 30 tahun ini terhitung terlalu tua untuk melakukan debut di NBA. Pasalnya, pada gelaran NBA Draft 2013, ia gagal terpilih sehingga memutuskan untuk berkarier di Spanyol bersama Real Madrid Baloncesto dan UCAM Murcia.

Di luar NBA, Campazzo memiliki segudang prestasi yang sangat layak ia banggakan. Puluhan gelar yang ia dapatkan selama berkarier di Spanyol dan Argentina, serta delapan medali yang berhasil ia berikan untuk negaranya, merupakan prestasi hebat yang telah ia miliki hingga kini.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

3. Chris Chiozza (180 cm)

5 Pebasket Aktif Terpendek di NBA Saat Ini Chris Chiozza (nba.com)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Chris Chiozza juga gagal terpilih pada gelaran NBA Draft. Pebasket dengan tinggi 180 cm ini sempat bermain di G League selama semusim sebelum debut di NBA bersama Houston Rockets pada 2019.

Chiozza tercatat pernah bermain untuk Washington Wizards dan Brooklyn Nets. Ia kini membela Golden State Warriors. Solid dan gemilangnya Stephen Curry di posisi point guard Warriors membuat Chiozza jarang memiliki menit bermain.

4. DJ Augustin (180 cm)

5 Pebasket Aktif Terpendek di NBA Saat Ini DJ Augustin (nba.com)

DJ Augustin memiliki tinggi 180 cm. Point guard yang kini bermain untuk Houston Rockets ini masuk ke NBA setelah terpilih di urutan ke-9 pada gelaran NBA Draft 2008. Pada tahun pertamanya di NBA, ia bermain bersama Charlotte Hornets. Augustin berhasil masuk dalam NBA All-Rookie Second Team.

Pada musim-musim selanjutnya, penampilan Augustin tidak konsisten, sehingga tergolong sebagai pemain biasa saja. Namun, saat membela Orlando Magic, ia memiliki performa yang cukup baik dan berhasil menjadi andalan tim tersebut.

5. Jordan McLaughlin (181 cm)

5 Pebasket Aktif Terpendek di NBA Saat Ini Jordan McLaughlin (floridanewstimes.com)

Nama terakhir ialah Jordan McLaughlin, point guard yang bermain untuk Minnesota Timberwolves. McLaughlin juga gagal terpilih pada gelaran NBA Draft dan sempat bermain di G League selama semusim.

Barulah pada 2019, ia mendapatkan kontrak dari Minnesota Timberwolves. Pria yang memiliki tinggi 181 cm ini masih aktif bermain reguler di tim utama Timberwolves, walaupun secara statistik mengalami penurunan yang signifikan musim ini.

Tinggi mereka memang berada di bawah rata-rata pebasket NBA. Namun, untuk urusan performa mereka layak untuk bersaing. Menurutmu, apakah tinggi badan memiliki dampak yang sangat besar untuk seorang pebasket NBA?

Baca Juga: Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya