5 Sosok yang Raih Penghargaan Individu Bergengsi EuroLeague 2022/2023

Walter Edy Tavares borong dua penghargaan!

EuroLeague 2022/2023 resmi berakhir dengan Real Madrid Baloncesto sebagai juaranya. Pada laga final yang digelar di kota Kuanas, Lithuania, Real Madrid menang dengan skor tipis 79-78 dari Olympiacos. Sergio Llull menjadi penentu kemenangan Real Madrid pada laga final lewat tembakan 3 poin yang dicetak pada sisa 3 detik pertandingan.

Dengan selesainya laga final, EuroLeague pun berakhir. Pada musim ini, beberapa sosok patut berbangga karena prestasi mereka. Pasalnya, penghargaan bergengsi berhasil didapatkan. Siapa sajakah sosok yang berhasil menyabet penghargaan individu yang dimaksud dan apa saja gelar tersebut? Inilah daftar dan ulasannya.

1. Yam Madar (EuroLeague Rising Star)

5 Sosok yang Raih Penghargaan Individu Bergengsi EuroLeague 2022/2023Yam Madar (euroleaguebasketball.net)

Penghargaan EuroLeague Rising Star menjadi penghargaan pertama yang diumumkan oleh penyelenggara EuroLeague. Penghargaan yang diberikan kepada pemain muda terbaik di bawah usia 22 tahun ini diumumkan pada Jumat (12/5/2023). Pemenangnya adalah Yam Madar dari Partizan Belgrade.

Pemain asal Israel ini memang tampil menonjol sebagai salah satu pemain andalan di Partizan Belgrade. Ia punya potensi besar untuk menjadi seorang playmaker andal dan pencetak 3 angka yang ciamik. Oleh karena itu, ia bisa mengalahkan Rokas Jokubaitis, Nico Mannion, Jaime Pradilla, Gabriel Procida, dan Alen Smailagic.

2. Walter Edy Tavares (EuroLeague Best Defender)

5 Sosok yang Raih Penghargaan Individu Bergengsi EuroLeague 2022/2023Edy Tavares (euroleaguebasketball.net)

Bukan lagi menjadi rahasia jika Walter Edy Tavares merupakan salah satu pemain bertahan terbaik di EuroLeague saat ini. Pemain asal Cape Verde ini memiliki kemampuan luar biasa dalam melakukan blok. Tak heran ia pernah tiga kali meraih EuroLeague Best Defender.

Gelar EuroLeague Best Defender yang ia miliki didapat pada 2019, 2021, dan 2023. Untuk penghargaannya yang didapat tahun ini (2023), Walter Tavares berhasil menyingkirkan beberapa nama besar. Sebut saja Nikola Kalinic, Rodrigue Beaubois, Kevarrius Hayes, Thomas Walkup, dan Alesandro Pajola.

Baca Juga: 5 Pemain yang Debut Masuk All-EuroLeague Team pada 2022/2023

3. Georgios Bartzokas (Alexander Gomelskiy Coach of the Yea )

5 Sosok yang Raih Penghargaan Individu Bergengsi EuroLeague 2022/2023Georgios Bartzokas (euroleaguebasketball.net)

Penghargaan pelatih terbaik EuroLeague atau Alexander Gomelskiy Coach of the Year pada tahun ini didapat oleh Georgios Bartzokas. Pelatih asal Yunani ini terpilih setelah membawa Olympiacos tampil cemerlang. Bahkan, Olympiacos Pireus keluar sebagai peringkat pertama dengan memenangi 24 laga dari 34 laga yang tersedia pada musim reguler.

Penghargaan Alexander Gomelskiy Coach of the Year yang Bartzokas pada tahun ini bukanlah yang pertama baginya. Sebelumnya ia pernah memenangkannya pada 2013 dan 2022. Dengan total tiga gelar Alexander Gomelskiy Coach of the Year yang Bartzokas miliki, ia tercatat sebagai pelatih yang paling sering mendapat penghargaan ini.

4. Aleksandar Sasha Vezenkov (EuroLeague MVP)

5 Sosok yang Raih Penghargaan Individu Bergengsi EuroLeague 2022/2023Sasha Vezenkov (euroleaguebasketball.net)

Aleksandar Sasha Vezenkov benar-benar tampil luar biasa selama musim 2022/2023. Ia menjadi senjata utama Georgios Bartzokas selama menangani Olympiacos Pireus. Power forward asal Bulgaria ini mencatat 17,2 poin, 6,8 rebound, dan 1,8 assist per laga.

Catatan tersebut membawa Sasha Vezenkov menjadi top scorer EuroLeague. Selain itu, penampilan apik Vezenkov ini membuatnya keluar sebagai EuroLeague MVP 2022/2023. Ia mengalahkan beberapa bintang lain, seperti Mike James, Matias Lessort, Vasilije Micic, Johnathan Motley, Walter Tavares, dan Kostas Sloukas.

5. Walter Edy Tavares (EuroLeague Final Four MVP)

5 Sosok yang Raih Penghargaan Individu Bergengsi EuroLeague 2022/2023Edy Tavares saat berseragam Real Madrid. (instagram.com/22edy22)

Selain menjadi EuroLeague Best Defender, Walter Tavares pun berhasil meraih penghargaan EuroLeague Final Four MVP. Kepastian tersebut didapat Walter Tavares setelah ia membawa timnya, Real Madrid Baloncesto, sebagai juara EuroLeague 2022/2023. Penghargaan EuroLeague Final Four MVP ini merupakan yang pertama bagi Tavares.

Penampilannya yang sangat luar biasa bersama putaran final EuroLeague membuatnya layak mendapatkan penghargaan ini. Jika dilihat dari perannya bersama tim, Tavares pun memang menonjol. Ia punya kemampuan hebat dalam bertahan dan dominan di dalam paint ketika menyerang.

 

Dari semua pemain yang ada, Walter Tavares tampaknya menjadi yang paling bahagia. Pasalnya, ia berhasil meraih dua gelar individu bergengsi dan membawa Real Madrid Baloncesto menjadi juara. Di luar prestasi Tavares, tiga nama lain pun patut berbangga dan bahagia dengan prestasi yang mereka dapatkan.

Baca Juga: 5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya