Comscore Tracker

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOY

Definisi sang raja tanpa mahkota

NBA Defensive Player of the Year (DPOY) merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemain bertahan terbaik dalam semusim NBA. Indikator steal dan blok kerap kali jadi acuan pertimbangan utama untuk seorang pemain memenangi gelar ini.

Meskipun salah satu pemain unggul dalam satu indikator, faktor ini tak membuat pemain tersebut secara otomatis jadi pemenang NBA DPOY. Contoh nyata terjadi pada Serge Ibaka yang menjadi salah satu pemain dengan jumlah blok terbanyak dalam sejarah NBA.

Pemain berkebangsaan Spanyol ini pernah dua kali jadi raja blok. Namun, ia tak pernah sekalipun jadi NBA DPOY. Berkenalan lebih dekat, simak sederet fakta menarik Serge Ibaka lewat ulasan berikut ini, yuk!

1. Serge Ibaka lahir di kota Brazzaville, RD Kongo, pada 18 September 1989. Saat ini usianya menginjak 32 tahun

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYpotret Serge Ibaka (instagram.com/sergeibaka)

2. Perang Kongo II yang berkecamuk pada 1998 membuat Serge Ibaka dan keluarganya pindah ke Spanyol. Saat itu usianya masih 9 tahun

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYpotret Serge Ibaka (instagram.com/sergeibaka)

3. Oleh karena itu, Ibaka membela Timnas Spanyol. Ia sukses memberikan medali perak pada Olimpiade 2012 untuk Timnas Spanyol

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYSerge Ibaka saat berseragam Timnas Spanyol (eurohoops.net)

4. Sebelum bermain di NBA, Ibaka pernah membela tim Inter Club, L’Hospitalet dan Manresa, di liga bola basket Spanyol

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYSerge Ibaka dalam sebuah press conference (instagram.com/sergeibaka)

5. Pada NBA Draft 2008, Serge Ibaka sukses terpilih di urutan ke-24 oleh Oklahoma City Thunder. Ia bermain di tim tersebut selama tujuh tahun 

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYSerge Ibaka saat berseragam Oklahoma City Thunder (instagram.com/sergeibaka)

Baca Juga: 9 Ide OOTD ala Atlet NBA Serge Ibaka, Modis dan Nyentrik

6. Selama berseragam Oklahoma City Thunder, Ibaka sukses 2 kali jadi NBA block leader dan 3 kali masuk NBA All-Defensive First Team. Luar biasa!

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYSerge Ibaka saat bersergaam Toronto Raptors (instagram.com/sergeibaka)

7. Sayangnya, ia tak pernah sekalipun memenangi Defensive Player of the Year. Bahkan, ia juga belum pernah terlibat di ajang NBA All-Star Game

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYSerge Ibaka saat berseragam Orlando Magic (sportingnews.com)

8. Setelah pindah dari Oklahoma City Thunder, Ibaka pernah membela Orlado Magic, Toronto Raptors, LA Clippers, dan Milwaukee Bucks

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYSerge Ibaka saat bersergaam LA Clippers (instagram.com/sergeibaka)

9. Pada tahun 2019, Ibaka punya andil besar saat Toronto Raptors sukses merengkuh gelar juara NBA 

10 Potret Serge Ibaka, Raja Blok yang Tak Pernah Jadi NBA DPOYSerge Ibaka dengan trofi NBA (instagram.com/sergeibaka)

10. Di luar lapangan, Ibaka ternyata hebat dalam urusan memasak. Ia punya program populer di YouTube berjudul "How Hungry Are You"

https://www.youtube.com/embed/dkhq1q81WSk

Di usianya yang kini telah menginjak 32 tahun, rasanya sulit untuk Serge Ibaka mewujudkan mimpi memenangi NBA Defensive Player of the Year. Kendati demikian, ia patut berbangga atas capaian yang ia torehkan selama bermain di NBA.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya