Comscore Tracker

5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

Akankah kehebatan dan keberuntungannya menular?

Selain taktik dan pengalaman, seorang pelatih juga harus memiliki mentalitas juara. Pasalnya, mentalitas juara dapat mendorong kepercayaan diri pemain agar bisa tampil konsisten dan berdaya juang tinggi.

Musim ini, banyak mantan pemain NBA yang hadir sebagai pelatih. Namun, hanya ada lima pelatih yang pernah menjadi juara saat masih bermain. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya Check this out!

1. Rick Carlisle

5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi PemainRick Carlisle (skysports.com)

Nama yang pertama ialah Rick Carlisle, pelatih yang berhasil membawa Dallas Mavericks juara NBA 2011. Setelah menghabiskan 13 tahun masa baktinya bersama Dallas Mavericks, musim ini Carlisle dipercaya untuk menjadi pelatih Indiana Pacers.

Semasa aktif bermain di NBA, Carlisle juga pernah merasakan menjadi juara NBA pada 1986 bersama Boston Celtics. Beruntung bagi Carlisle, karena kala itu Boston Celtics diisi banyak pemain hebat, seperti Larry Bird, Kevin McHale, Danny Ainge, dan Kevin Parish yang membuatnya bisa merasakan gelar juara.

2. Steve Kerr

5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi PemainSteve Kerr (skysports.com)

Steve Kerr sangat layak disebut sebagai sosok underrated yang memiliki segudang prestasi. Pasalnya, semasa aktif bermain, Kerr bukanlah pemain yang menonjol dan berstatus bintang. Kendati demikian, ia mampu mengoleksi lima gelar juara NBA yang didapatkan saat bermain untuk Chicago Bulls dan San Antonio Spurs.

Sejak 2014, Kerr telah menjabat sebagai pelatih Golden State Warriors dan masih bertahan hingga kini. Tak perlu lagi ragu untuk mengakui kehebatan Steve Kerr sebagai pelatih. Tiga kali gelar juara NBA untuk Warriors adalah buktinya.

Baca Juga: Josh Giddey dan Deretan Pebasket Termuda di NBA 2021/2022

3. Tyronn Lue

5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi PemainTyronn Lue (nba.com)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Tyronn Lue juga pernah merasakan gelar juara NBA sebagai pemain dan pelatih. Saat masih menjadi pemain,  Lue merasakan gelar juara pada 2000 dan 2001 saat masih berseragam LA Lakers. Sedangkan, saat menjadi pelatih, ia berhasil membawa Cleveland Cavaliers menjadi juara pada 2016.

Musim ini, Tyronn Lue berstatus sebagai pelatih dari LA Clippers, tim yang ia latih sejak 2020. Secara performa, Lue cukup berhasil membawa LA Clippers tampil perkasa. Namun, hingga saat ini, LA Clippers masih belum diperkuat Kawhi Leonard. Menarik untuk ditunggu bagaimana kombinasi Kawhi dan Paul George di bawah asuhan Lue musim ini.

4. Jason Kidd

5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi PemainJason Kidd (nba.com)

Saat masih berstatus sebagai pemain aktif, Jason Kidd dikenal sebagai pemain bintang. Ia sempat 10 kali ikut serta dalam NBA All-Star Game, 10  kali masuk dalam NBA All-Defensive Team, dan 6 kali masuk All-NBA Team. Pada 2011, ia juga menjadi juara NBA bersama Dallas Mavericks.

Sejak pensiun pada 2013, Jason Kidd melanjutkan kariernya sebagai pelatih di NBA. Brooklyn Nets, Milwaukee Bucks, dan Dallas Mavericks adalah beberapa tim yang telah merasakan jasanya. Ia juga pernah tercatat sebagai asisten pelatih LA Lakers saat juara pada 2020.

5. Chauncey Billups

5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi PemainChauncey Billups (eurohoops.net)

Chauncey Billups juga merupakan pemain berlabel superstar saat masih aktif bermain di NBA. Ia sempat 5 kali masuk ke tim NBA All-Star Game, 3 kali masuk All-NBA Team, dan menjadi NBA Finals MVP 2004. Billups juga pernah menjadi juara NBA 2004 bersama Detroit Pistons.

Dengan bermodalkan pengalaman setahun menjadi asisten pelatih, musim ini Billups memberanikan diri untuk mengambil jabatan kepala pelatih Portland Trail Blazers. Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Billups di tim asal Oregon tersebut.

Selain kelima nama tersebut, ada juga Luke Walton yang pernah menjadi juara bersama LA Lakers semasa masih bermain. Namun, pada 21 November lalu, Walton dipecat dari kursi kepelatihan Sacramento Kings.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Pebasket Aktif NBA Ini Pernah Ikut All-Star Game

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya