5 Tim yang Tak Pernah Mendapat Jatah Pilih Pertama pada NBA Draft

Antara hebat atau kurang beruntung

NBA Draft selalu jadi jalan bagi tim-tim NBA untuk memperbaiki performa mereka. Tim yang tampil mengecewakan atau terburuk biasanya memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapat hak pilih pertama.

Meski begitu, hal tersebut tak terlalu menjamin. Semuanya tergantung hasil dari draft lottery yang diselenggarakan panitia beberapa waktu sebelum NBA Draft.

Hampir seluruh tim NBA pernah mendapat kesempatan memilih pertama. Akan tetapi, terdapat 5 dari 30 tim yang kurang beruntung karena belum pernah dapatkan kesempatan memilih pertama.

1. Utah Jazz

5 Tim yang Tak Pernah Mendapat Jatah Pilih Pertama pada NBA DraftUtah Jazz (nba.com)

Nama pertama dalam daftar ini adalah Utah Jazz. Tim yang bermarkas di Salt Lake City ini tak pernah sekali pun jadi juara NBA. Prestasti tertingginya hanya jadi juara Western Conference sebanyak dua kali (1997 dan 1998).

Utah Jazz sendiri berdiri pada 1974 dan mengikuti NBA Draft pertamanya pada tahun tersebut. Akan tetapi, mereka tak pernah mendapatkan kesempatan memilih pertama. Kesempatan memilih tertinggi mereka hanya ada di urutan kedua untuk Darrell Griffith pada NBA Draft 1980.

2. Indiana Pacers

5 Tim yang Tak Pernah Mendapat Jatah Pilih Pertama pada NBA DraftIndiana Pacers (nba.com)

Indiana Pacers memang tak pernah jadi juara saat liga bola basket tertinggi Amerika Serikat ini bernama NBA. Namun, saat masih bernama ABA, Indiana Pacers sukses merengkuh tiga gelar juara ABA (1970, 1972, dan 1973).

Sejak ikut NBA Draft pada 1977, Indiana Pacers telah memilih 156 pemain berbeda. Namun, tak ada satu pun yang terpilih di urutan pertama. Rik Smits (NBA Draft 1988) dan Wayman Tisdale ( NBA Draft 1985) yang dipilih pada urutan kedua jadi pemain dengan urutan draf tertinggi yang pernah dipilih Indiana Pacers.

Baca Juga: 10 Potret Myles Turner, Sang Pelindung Pertahanan Tim Indiana Pacers

3. Miami Heat

5 Tim yang Tak Pernah Mendapat Jatah Pilih Pertama pada NBA DraftMiami Heat (nba.com)

Miami Heat masih terhitung sangat muda sebagai tim NBA. Mereka baru berdiri pada 1988 dan mengikuti NBA Draft pertamanya pada tahun yang sama. Kendati demikian, mereka telah tiga kali jadi juara NBA (2006, 2012, dan 2013).

Sejak 1988, telah ada enam puluh pemain berbeda yang dipilih Miami Heat pada ajang NBA Draft. Namun, mereka tak pernah dapat kesempatan memilih pertama. Urutan tertingginya terjadi pada NBA Draft 2008 ketika memilih Michael Beasley di tempat kedua.

4. Oklahoma City Thunder

5 Tim yang Tak Pernah Mendapat Jatah Pilih Pertama pada NBA DraftOklahoma City Thunder (instagram.com/alhorford)

Oklahoma City Thunder jadi salah satu tim yang paling sering dibela megabintang NBA. Tim yang jadi juara NBA pada 1979 ini berdiri pada 1967 dengan nama Seattle Supersonics.

Walaupun banyak pemain bintang yang pernah membela Thunder, tak ada satu pun dari urutan pertama NBA Draft. Urutan tertinggi pada NBA Draft mereka dapatkan sebanyak tiga kali untuk urutan kedua. Gary Payton (1990), Kevin Durant (2007) dan Chet Holmgren (2022) merupakan pemain-pemain yang dipilih Oklahoma City Thunder pada urutan kedua itu.

5. Memphis Grizzlies

5 Tim yang Tak Pernah Mendapat Jatah Pilih Pertama pada NBA DraftMemphis Grizzlies (skysports.com)

Memphis Grizzlies salah satu tim termuda di NBA yang dihasilkan dari bentuk ekspansi bisnis NBA ke Kanada pada 1995. Tim yang dahulunya bermarkas di Vancouver ini tak pernah sekali pun jadi juara.

Untuk gelar juara wilayah saja Memphis Grizzlies belum mendapatkannya. Mereka lebih sering jadi pelengkap atau tim yang berada di papan bawah. Mereka juga tak pernah beruntung medapatkan hak pilih pertama pada gelaran NBA Draft.

Catatan tertingginya hanya untuk pilihan dua yang pernah mereka dapatkan sebanyak lima kali. Mike Bibby (1998), Steve Francis (1999), Stromile Swift (2000), Hasheem Thabeet (2009), dan Ja Morant (NBA Draft 2019) adalah deretan yang mereka pilih di urutan itu.

Mendapatkan kesempatan memilih pertama pada gelaran NBA Draft merupakan sebuah hal yang sangat diinginkan seluruh tim NBA. Apalagi untuk tim yang sedang terpuruk.

Baca Juga: 5 Langkah Mendominasi NBA ala Golden State Warriors

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya