Jokowi Akan Nonton Langsung Laga AFF Indonesia Vs Kamboja di SUGBK

Bakal jadi tambahan dukungan bagi skuad Garuda

Bogor, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan akan menonton langsung laga Piala AFF 2022, Indonesia vs Kamboja. Laga tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/12/2022), sore nanti.

"Saya mau nonton," ujar Jokowi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Head-to-Head Indonesia vs Kamboja: Garuda Dominan!

1. Head-to- head Indonesia vs Kamboja

Jokowi Akan Nonton Langsung Laga AFF Indonesia Vs Kamboja di SUGBKTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Diketahui, Indonesia dan Kamboja sudah rutin bertemu di beberapa ajang. Selain Piala AFF, kedua negara acap bersua juga di SEA Games, Kualifikasi Piala Dunia, hingga laga persahabatan. Tercatat, kedua negara sudah bertemu sebanyak 17 kali.

Nah, dalam 17 pertemuan tersebut, Indonesia benar-benar dominan atas Kamboja. Skuad Garuda mencatatkan 16 kemenangan dan Kamboja hanya sekali berhasil menahan imbang Indonesia.

Hasil imbang Kamboja lawan Indonesia ini terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 1998 lalu. Ketika itu, Kamboja yang diasuh Joachim Fickert mampu mengimbangi Indonesia yang diperkuat Ansyari Lubis, Widodo Cahyono Putr

Baca Juga: Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala Dunia

2. Tak terkalahkan di Piala AFF

Jokowi Akan Nonton Langsung Laga AFF Indonesia Vs Kamboja di SUGBKTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Khusus di ajang Piala AFF, Indonesia sudah bertemu Kamboja sebanyak lima kali, tepatnya dalam ajang Piala AFF 1996, Piala AFF 2002, Piala AFF 2004, Piala AFF 2008, dan teraktual Piala AFF 2020.

Dari lima laga itu, Indonesia sukses mengakhiri semua laga dengan kemenangan. Bahkan, ketika Kamboja sudah bertransformasi di ajang Piala AFF 2020 lalu, skuad Garuda sukses merengkuh kemenangan dengan skor 4-2.

Baca Juga: Iwan Bule Janjikan Bonus untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 

3. Indonesia harus tetap mewaspadai Kamboja

Jokowi Akan Nonton Langsung Laga AFF Indonesia Vs Kamboja di SUGBKTimnas Kamboja berpotensi menyulitkan Timnas Indonesia saat keduanya bertemu di Grup B Piala AFF 2020. (heasiangame.net).

Meski unggul dari segi catatan pertemuan, Indonesia harus tetap mewaspadai Kamboja. Pasalnya, sejak 2021 lalu, transformasi di tubuh Kamboja terus berjalan. Mereka sekarang jadi tim yang lebih ciamik.

Buktinya, dalam laga perdana Piala AFF 2022, Kamboja menang atas Filipina dengan skor 3-2. Apa yang diperagakan skuad asuhan Ryu Hirose dan Keisuke Honda di laga itu patut jadi perhatian tersendiri bagi Timnas Indonesia.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya