Profil Dito Ariotedjo, Menpora Millennial di Kabinet Jokowi

Dito merupakan sosok muda kelahiran 1990

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memilih Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dito dipilih dari tiga nama yang diusulkan Gokar menggantikan Zaiudin Amali yang mengundurkan diri.

Hadirnya Dito memenuhi harapan Jokowi. Sejak Zainudin Amali mundur, Jokowi memang menginginkan Menpora yang masih muda.

Baca Juga: Jokowi Akan Lantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora Hari Ini

1. Dito kelahiran tahun 1990

Profil Dito Ariotedjo, Menpora Millennial di Kabinet JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Dito memiliki nama asli Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Dia lahir di Jakarta, pada tanggal 25 September 1990. Artinya, tahun ini Dito akan menginjak usia 33 tahun.

Dito adalah anak dari Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati. Sang ayah, Arie adalah sosok yang sudah malang-melintang di industri pertambangan. Arie pernah menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Medco Energi Mining Internasional, Direktur Niaga PT Bukit Asam Tbk, dan Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) pada periode 2017-2019.

Baca Juga: Dito Ariotedjo Terpilih Jadi Menpora, Dilantik Bersama Kepala BNPT

2. Karier Dito di Golkar berawal dari organisasi sayap

Profil Dito Ariotedjo, Menpora Millennial di Kabinet JokowiDito Ariotedjo dalam acara Ngobrol Seru : Ramai-ramai bersepeda di era pandemik COVID-19 by IDN Times (IDN Times/Besse Fadhilah)

Saat masih 26 tahun, Dito sudah ditunjuk sebagai Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) yang merupakan organisasi sayap Golkar . Pelantikan AMPI Periode 2016-2021 dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina AMPI yang kala itu dijabat oleh Setya Novanto. Kemudian, Dito bergabung dengan Golkar pada 2016.

"Waktu itu, saya (masuk AMPI) diajak senior UI. Keluarga sih gak ada (yang aktif di) partai. Dulu modal nekat saja," ujar Dito.

Dito merupakan alumni mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Dito sudah tertarik dengan dunia politik sejak menjadi mahasiswa.

Selama menjadi mahasiswa, Dito pernah menjabat sebagai Bendara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa UI) dan bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

3. Dito juga aktif di dunia olahraga

Profil Dito Ariotedjo, Menpora Millennial di Kabinet JokowiInstagram/@ditoariotedjo

Selain itu, Dito juga aktif di dunia olahraga. Dito pernah menjabat sebagai Ketua Kontingen (Chef de Mission/CdM) Olimpiade Remaja (Youth Olympic Games) untuk atlet berusia 14-18 tahun di Buenos Aires, Argentina, pada 6-18 Oktober 2018.

Dito juga menjadi Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Tak hanya itu, Dito merupakan salah satu pendiri RANS Sport bersama artis kondang Raffi Ahmad, dan pengusaha Rudy Salim. Dito menjabat sebagai chairman di Rans Nusantara FC.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya