NBA Terapkan Penalti Flopping untuk Musim 2023/24

NBA merilis aturan flopping baru untuk musim 2023/24

Jakarta, IDN Times - Peraturan baru akan diterapkan dalam NBA musim 2023/24 mendatang. Adalah flopping penalty yang akan diterapkan di NBA pada musim depan agar laga menjadi lebih kompetitif.

Aturan ini sudah disahkan oleh Board of Governors NBA. Dengan aturan tersebut,  memang ada kesan kalau NBA akan lebih "halus" dalam permainan. Namun, setidaknya dengan aturan ini poin yang banyak bisa tercipta.

1. Bagaimana peraturan in-game flopping?

NBA Terapkan Penalti Flopping untuk Musim 2023/24Pemain Milwaukee Bucks Brook Lopez (11) dilanggar pemain Phoenix Suns Jae Crowder (99) pada gim ke-4 babak final NBA 2021 di Fiserv Forum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Rabu (14/7/2021) waktu setempat. Milwaukee Bucks menyamakan kedudukan 2-2 usai menundukkan Phoenix Suns 109-103. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports/Jeff Hanisch

Situasi flop adalah ketika adanya kontak fisik yang dilakukan secara sengaja kepada pemain lawan dan berujung pada pelanggaran. Pemain yang melakukannya akan dikenakan pelanggaran teknis non-unsportsmanlike.

Dalam kondisi ini, tim lawan akan mendapat satu kali lemparan bebas. Poin penting lain adalah wasit tidak perlu menghentikan permainan untuk menyatakan pelanggaran. Wasit dapat menunggu sampai kesempatan netral berikutnya.

Baca Juga: 3 Pemain Bintang Phoenix Suns di NBA 2023/2024

2. Sudah diuji coba dalam summer league

NBA Terapkan Penalti Flopping untuk Musim 2023/24NBA Finals (twitter.com/Lakers)

Aturan ini sebenarnya sudah dikaji oleh NBA. Mereka bahkan telah mengujinya pada summer league.

Penerapannya memang terbilang kontroversial. Karena, seperti yang dibahas sebelumnya, ada kesan aturan ini akan membuat setiap laga menjadi lebih "halus" dan para pemain terkesan cengeng jika dilanggar.

Baca Juga: 7 Stadion Terbesar di NBA, Madison Square Garden Salah Satunya!

3. Aturan baru lainnya

NBA Terapkan Penalti Flopping untuk Musim 2023/24Chicago Bulls melakukan start terbaik di kompetisi NBA dalam dua dekade terakhir. (nba.com).

Selain peraturan flopping, NBA juga merilis peraturan baru lainnya. Pada musim 2023/24 akan diberlakukan perluasan penggunaan challenge pelatih.

Pelatih akan mendapatkan challenge kedua apabila yang pertama berhasil.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya