Comscore Tracker

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024

Yang di Tokyo aja belum selesai #IDNTimesSport #Tokyo2020

Olimpiade Tokyo 2020 hampir usai. Banyak atlet peserta yang telah pulang ke negara masing-masing.

Jepang, sang tuan rumah juga akan bersiap untuk melangsungkan perhelatan closing ceremony. Pada upacara penutupan ini nantinya juga bakal ada prosesi serah terima obor olimpiade dari Tokyo kepada tuan rumah selanjutnya, Paris. Ya, ibu kota Prancis tersebut akan menjadi tuan rumah ajang Olimpiade Musim Panas 2024.

Berkaca pada beberapa venues pertandingan olahraga di Jepang, Kota Paris telah mempersiapkan diri dengan fasilitas dan venues pertandingan yang tak kalah keren dari Tokyo. Yuk, intip 7 venues yang bakal digunakan di Olimpiade Paris 2024 mendatang berikut ini.

1. Aquatics Center

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024potret luar Aquatic Center di Paris (paris2024.org)

Venue cantik ini dikerjakan oleh VenhoevenCS dan Atelier 2/3/4. Dibangun di samping stadion Stade de France, bangunan yang didominasi dari bahan kayu ini akan menjadi lokasi pertandingan untuk cabang olahraga renang, polo air dan menyelam. 

Atap melengkup di atasnya diciptakan agar suasana tidak pengap, sejuk, dan hemat energi. Selain itu, atap lengkup tersebut akan ditutup dengan panel surya karena bangunan ini didesain dengan karakter eco-friendly.

Selain kolam besar, venue ini juga dilenglapi dengan kolam kecil, kolam pemanasan, ruang ganti, ruang latihan, dan lapangan basket kecil. 

Untuk keperluan Olimpiade 2024, venue ini direncanakan mampu menampung hingga 6.000 orang. 

2. Grand Palais

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024potret Grand Palais (lemoniteur.fr)

Grand Palais terletak di Champs-Élysées, Paris. Dibangun sejak 1857, bangunan ini pernah dijadikan sekolah hingga rumah sakit umum saat berlangsungnya perang dunia ke-2.  

Diresmikan pada tanggal 1 mei 1900, Grand Palais sebenarnya diperuntukan untuk pertunjukan seni dan festival berkuda. Festival berkuda itu sendiri hanya berlangsung dari tahun 1901 hingga 1957.

Menyambut datangnya Olimpiade ke Kota Paris, Grand Palais sendiri rencananya akan disulap menjadi venue untuk dua cabang olahraga, yaitu anggar dan taekwondo. Pemerintah Prancis menyiapkan dana yang besar untuk biaya pemugaran dan renovasi bangunan bersejarah ini. Rencananya, Grand Palais siap dibuka untuk umum pada bulan Juli di tahun 2024.

3. Roland Garros Stadium

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024potret Roland Garros Stadium (arquitecturavuva.com)

Salah satu arena tenis terbesar di Roland Garros, Suzanne Lenglen rencananya akan dipasangi atap yang bisa dibuka tutup. Sama seperti bangunan lainnya, pembangunan ini menggunakan konsep eco-designed sebagai asas pembangunan.

Arsitek Dominique Perrault ditunjuk untuk mengetuai proyek ini. Rencananya, Perrault akan memadukan arsitektur modern dengan warisan klasik.

Stadion Roland Garros akan menjadi rumah untuk cabang olahraga tenis dan tinju pada perhelatan olimpiade Paris 2024 mendatang.

Baca Juga: Menpora Ajak Semua Pihak Bersiap ke Olimpiade Paris 2024

4. Esplanade des Invalides

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024potret Esplanade des Invalides (timeout.fr)

Dibangun pada 24 Februari 1670, awalnya komplek bangunan ini diperuntukan untuk tempat para veteran penyandang difabel. Komplek Esplanades des Invalides ini juga merupakan tempat pemakaman terakhir pahlawan nasional, Napoleon Bonaparte. 

Pada Olimpiade 2024 mendatang, rencananya padang rumput dengan luas 250m dan panjang 490m tersebut akan dijadikan venue untuk cabang olahraga panahan. 

5. Place De La Concorde

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024potret Place de la Concorde (sortiraparis.com)

Place de la Concorde terletak di ujung Champs-Elysees. Tempat yang didirikan pada tahun 1772 ini rencananya akan digunakan untuk pertandingan cabang olahraga bola basket 3x3, BMX, serta skateboarding.

Komplek Place de la Concorde ini juga memiliki nuansa yang instagrammable banget, lho! Ada beberapa spot foto yang luar biasa di sana. Ada Luxor Obelisk yang usianya sudah 3.300 tahun, ada juga dua air mancur bersejarah yaitu Fontaine des Mers dan Fontaine des Fleuves. 

6. La Chapelle Arena

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024ilustrasi La Chapelle Arena (paria2024.org)

Dibandingkan dengan beberapa venues yang dipersiapkan untuk Olimpiade Paris 2024 mendatang lainnya, La Chapelle Arena ini tergolong bangunan baru. Terletak di perbatasan Paris dan Seine Saint Denis, La Chapelle Arena ditargetkan selesai pada 2023.

La Chapelle Arena nantinya akan memiliki kapasitas 8.000 tempat duduk. Memiliki area strategis antara Porte de la Chapelle dan Porte d’Aubervilliers, diharapkan La Chapelle akan menjadi spot olahraga di Paris yang paling menyedot pengunjung.

Pada saat Olimpiade Paris 2024 mendatang, La Chapelle Arena akan menjadi spot cabang olahraga bulu tangkis dan gymnastics. Wah, sudah gak sabar menyaksikan Anthony Ginting dan kawan-kawan bertanding di sini, ya!

Baca Juga: Panjat Tebing Siap Raih Medali di Olimpiade Paris 2024

7. Stade de France

Mengintip Kemegahan 7 Venue Olimpiade Paris 2024potret stadion Stade de France (newsweek.com)

Stade de France atau dikenal juga dengan Stadion Nasional Prancis merupakan stadion nomor tujuh dengan kapasitas terbesar di Eropa. Tempat ini mempunyai kapasitas mencapai 80 ribu tempat duduk.

Pada Olimpiade Paris 2024 nanti, Stade de France akan menjadi lokasi hajatan opening ceremony yang dipastikan akan akan berlangsung sangat meriah. Selain itu, cabang olahraga athletics dan rugby juga akan dipertandingkan di sini.

Untuk mempermudah mobilitas penonton pada Olimpiade 2024 mendatang, pPemerintah Kota Paris juga ajan membangun beberapa line baru untuk kereta bawah tanah mereka.

Nah, itu tadi tujuh venues yang akan digunakan pada Olimpiade Paris 2024 mendatang. Sepertinya, Prancis sudah sangat siap untuk menghelat pesta olahraga terbesar di dunia ini, ya? 

Baca Juga: Sejarah Ajang Balap Formula 1, Ternyata Bergulir dari Paris

Nindi Wijaya Photo Writer Nindi Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya