5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belajar Tinju 

Tinju itu seni, bukan senjata bully #IDNTimesSport

Olahraga tinju akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian masyarakat di seluruh dunia. Dari selebriti, pelajar, pekerja, bahkan orang biasa pun tertarik dengan olahraga satu ini karena olahraga tinju mudah dilakukan, menyenangkan, dan dalam waktu yang bersamaan juga dapat membakar kalori di dalam tubuh.

Orang-orang mulai melihat tinju sebagai latihan kardio daripada bela diri. Pola pikir ini semakin memberikan daya tarik terhadap olahraga tinju itu sendiri. Ulasan ini bakal membahas sebagian besar aspek teknis yang penting di seni olahraga tinju agar kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan ini di kemudian hari.

Yuk, kita langsung pelajari apa saja hal yang harus diketahui sebelum memulai olahraga tinju. Langsung saja simak 5 hal di bawah ini, ya!

1. Jangan buru-buru

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belajar Tinju ilustrasi pertandingan tinju (Unsplash/Wade Austin Ellis)

Ketika kamu diperkenalkan dengan tinju, perasaan pertama yang dirasakan adalah kegembiraan atau excitement. Olahraga ini sangat sederhana namun tidak banyak orang yang benar-benar memahami seni di baliknya.

Mulailah berlajar mengenal konsep-konsep dasar tekniknya terlebih dulu. Seperti jab, hook, dan lain sebagainya. Kuasai teknik-teknik dasar ini satu per satu sebelum meningkatkan ke tahap selanjutnya.

2. Footwork atau gerak kaki

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belajar Tinju Latihan Footwork dapat dilatih dengan lompat tali. (Unsplash/dylan nolte)

Banyak pemula hanya membuang pukulan mereka tanpa memikirkan gerakan pinggul atau hip, kuda-kuda yang tepat, penempatan tangan yang tepat, dan bahkan pernapasan yang benar. Gerak kaki sangat penting dalam tinju, pastikan kamu memahami cara bergerak di sekitar ring, cara memotong gerakan lawan, cara pivot, dan cara menghindari pukulan dengan bergerak di ring. Saat kamu lelah di tengah pertandingan, footwork adalah sistem pertahanan terakhir yang kamu miliki.

Baca Juga: Cerita Wasit Indonesia Pimpin Final Tinju Olimpiade Tokyo

3. Sparring

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belajar Tinju ilustrasi sparring (Unsplash/Johann Walter Bantz)

Latihan sparring sangat penting untuk meningkatkan kemampuan tinju kamu. Kemampuan reflek kamu nanti juga akan dilatih terus menerus saat sparring. Banyak manfaat yang dapat diambil dari satu sesi saja. Jadi, jangan takut untuk memulai latihan ini, ya!

4. Konsistensi

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belajar Tinju potret Ashley Bailey-Dumetz, petinju profesional dari London. (Unsplash/Metin Ozer)

Konsistensi adalah kunci untuk menjadi petinju hebat. Jika kamu memang berniat untuk ke arah tinju profesional, kamu harus selalu konsisten dalam segala latihan yang diberikan pelatih.

Konsistensi sebaiknya dimiliki oleh seluruh orang yang sedang berlatih tinju karena olahraga ini memberikan banyak manfaat baik secara fisik maupun mental.

5. Hormat

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belajar Tinju ilustrasi latihan tinju (Unsplash/Xuan Nguyen)

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah respect. Rasa hormat harus dimiliki oleh setiap petinjuJika kamu ingin belajar tinju karena untuk mengimpresi seorang perempuan atau laki-laki, agar kamu ditakuti teman-teman di sekitar kamu, atau agar kamu bisa menindas orang lain maka jangan pelajari tinju. Tinju adalah olahraga yang indah dan penuh rasa hormat.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum mulai mempelajari olahraga tinju. Saat kamu sedang latihan tinju, jangan lupakan lima hal penting yang ada di atas, ya! Selamat berlatih.

Baca Juga: Sinyal Kuat Manny Pacquiao Comeback ke Ring Tinju

Nur Muhammad Rizky Mubaroq Photo Writer Nur Muhammad Rizky Mubaroq

I am a dental student in pre-clinic year. Boxing and MMA enthusiast. I write blogs to share my thoughts and skills to society. I'm new to writing, still have a lot to improve.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya