Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Jadi Juara Indonesia Masters

Atlet favorit BL semua

Satu dari tiga jadwal turnamen Indonesia Badminton Festival 2021 telah rampung. Daihatsu Indonesia Masters 2021 menuntaskan babak final pada Minggu (21/11/2021) tanpa gelar untuk Indonesia. Namun, gelaran turnamen Indonesia Masters sebenarnya telah mencetak banyak juara dari berbagai nomor.

Mulai dari nomor tunggal sampai ganda, berikut daftar atlet bulu tangkis Indonesia di lima nomor yang pernah menyabet gelar juara di Indonesia Masters. Semua atlet favoritnya BL, lho.

1. Tunggal putra

Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Jadi Juara Indonesia MastersAnthony Sinisuka Ginting menangkan gelar Indonesia Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Dari nomor tunggal putra, ada sederet nama yang pernah mencatatkan prestasi dengan mempersembahkan gelar juara di Indonesia Masters. Gak heran kalau sebenarnya Indonesia sendiri terbilang punya atlet tunggal putra yang masih cukup disegani dari waktu ke waktu.

Mulai dari tahun 2010, gelar juara di nomor tunggal putra diraih oleh Taufik Hidayat. Terus berlanjut, tampuk juara dipegang oleh Hayom Rumbaka (2011), Sony Dwi Kuncoro (2012), Tommy Sugiarto (2015), dan Anthony Sinisuka Ginting (2018 dan 2020).

2. Tunggal putri

Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Jadi Juara Indonesia Masterspotret Adriyanti Firdasari (instagram.com/firdasari)

Sayangnya, prestasi di nomor tunggal putra tidak dibarengi dengan catatan serupa dari nomor tunggal putri. Meski ada sederet nama yang dianggap cukup berpotensi, faktanya hanya Adriyanti Firdasari yang sukses menembus final hingga menjadi juara.

Bahkan, gelar juara tersebut terjadi di Indonesia Masters 2014 yang terbilang sudah cukup lama. Hingga kini, belum ada lagi atlet tunggal putri yang berhasil tembus ke babak final mempersembahkan gelar saat menjadi Indonesia tuan rumah untuk turnamen bergensi ini.

Baca Juga: 10 Fakta Putri KW, Bibit Unggul Harapan Tunggal Putri Indonesia

3. Ganda putra

Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Jadi Juara Indonesia MastersMarcus Gideon/Markis Kido dan Selvanus Geh/Kevin Sanjaya di Indonesia Masters 2014 (dok. pbdjarum.org)

Bisa dibilang nomor ganda putra bulu tangkis Indonesia gak pernah sepi gelar, terlebih di ajang Indonesia Masters. Sudah jadi rahasia umum kalau ganda putra Indonesis selalu punya pelapis yang sukses meregenerasi seniornya, bahkan saat belum gantung raket.

Dari gelaran Indonesia Masters 2010 dan 2011, Mohammad Ahsan yang kala itu berpasangan dengan Bona Septano berhasil keluar sebagai juara. Berlanjut di tahun 2013, ada pasangan ganda Angga Pratama/Rian Agung Saputro.

Lalu, gelar juara juga pernah diraih Marcus Gideon/Markis Kido (2014), Berry Anggriawan/Rian Agung Saputro (2015), dan Wahyu Nayaka/Kevin Sanjaya (2016). Barulah era The Minions mulai berkuasa, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menyabet gelar sebanyak tiga kali berturut-turut pada tahun 2018, 2019, dan 2020.

4. Ganda putri

Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Jadi Juara Indonesia MastersGreysia Polii/Apriyani Rahayu, juara ganda putri Indonesia Masters 2020 (instagram.com/r.apriyanig)

Sempat dipandang sebelah mata, bulu tangkis Indonesia nomor ganda putri juga terbilang sepi gelar. Beberapa nama memang masih sanggup menunjukkan tajinya hingga sukses menembus babak semifinal. Sayangnya, atlet WD Indonesia memang masih harus mengakui keunggulan atlet negara lain.

Hingga gelaran di tahun 2021 ini, Indonesia hanya mencatatkan dua pasangan ganda sebagai juara Indonesia Masters. Hanya ada Shendy Puspa Irawati/Vita Marissa yang meraih juara pada tahun 2014 dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sebagai juara pada tahun 2020 lalu.

5. Ganda campuran

Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Jadi Juara Indonesia MastersRonald Alexander/Melati Daeva Oktaviani, ganda campuran juara Indonesia Masters 2016 (dok. indosport.com)

Meski punya sederet nama yang pernah mencatatkan prestasi di turnamen lain, ganda campuran Indonesia seolah meredup saat main di kandang. Hanya ada empat pasangan atlet ganda campuran Indonesia yang pernah menyabet gelar juara.

Dimulai dari era Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir yang jadi juara Indonesia Master pada tahun 2010, 2012, dan 2015. Lalu, ada Praveen Jordan/Vita Marissa (2013), Ricky Widianto/Richi Puspita Dili (2014), dan terakhir Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti (2016).

 

Meski di setiap nomor pernah raih gelar juara, sayangnya di Indonesia Masters 2021 Indonesia hanya mampu jadi runner up dari nomor ganda putra. Semoga di turnamen mendatang, Indonesia kembali bisa mengoleksi gelar juara. Comeback stronger, tim!

Baca Juga: Performa Praveen/Melati di Indonesia Masters Bikin Kecewa

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya