Comscore Tracker

5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCL

Apakah pemain Chelsea bakal meraih Ballon d'Or tahun ini?

Liga Champions adalah kompetisi antarklub yang paling bergengsi di Eropa. Saking prestisiusnya, trofi Ballon d'Or kerap diberikan kepada pemain yang berhasil membawa klubnya menjuarai Liga Champions di musim tersebut. Hal itu pernah dialami oleh banyak pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Luka Modric.

Akan tetapi, tentu hal itu tak selalu terjadi. Ada pula beberapa pemain yang belum beruntung meraih gelar Ballon d'Or, meski punya peran besar dalam memenangi Liga Champions bersama klubnya. Inilah lima pemain yang pernah mengalaminya dalam dua dekade terakhir.

1. Ronaldinho (2006)

5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCLRonaldinho (eurosport.com)

Pertama ada Ronaldinho, yang tak meraih Ballon d'Or 2006 meski berhasil membawa Barcelona juara Liga Champions 2005/06. Selain itu, pemain asal Brasil ini juga meraih trofi LaLiga dan Piala Super Spanyol di musim tersebut. Namun ia tetap gagal meraih Ballon d'Or karena kalah pesona dari dua pemain Italia yang jadi juara Piala Dunia 2006.

Kedua pemain tersebut adalah Fabio Cannavaro dan Gianluigi Buffon. Bahkan, Ronaldinho juga kalah dari Thierry Henry yang hanya mencapai final Liga Champions serta final Piala Dunia namun tak meraih satu pun trofi. Pada akhirnya, Ronaldinho pun hanya menempati posisi keempat saat pemilihan Ballon d'Or.

2. Wesley Sneijder (2010)

5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCLWesley Sneijder (planetfootball.com)

Wesley Sneijder juga gagal meraih Ballon d'Or 2010 meski sukses meraih trofi Liga Champions di tahun tersebut. Bahkan, gelandang Belanda ini tak hanya meraih satu, tapi tiga trofi sekaligus alias treble winners bersama Inter Milan. Ia juga sukses mengantarkan Belanda ke final Piala Dunia, meski tak jadi juara.

Ironisnya, Sneijder bahkan tak masuk tiga besar Ballon d'Or 2010. Ia kalah dari Lionel Messi yang jadi pemenang serta Andres Iniesta dan Xavi Hernandez yang membawa Spanyol jadi juara dunia. Ballon d'Or 2010 pun sering dinilai sebagai salah satu edisi yang hasilnya paling kontroversial.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Gagalkan Lionel Messi Meraih Ballon d’Or 2021

3. Didier Drogba (2012)

5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCLDidier Drogba (uefa.com)

Pada tahun 2012, Chelsea mencatat sejarah dengan memenangi trofi Liga Champions untuk pertama kalinya. Plus, mereka juga meraih Piala FA di tahun tersebut. Didier Drogba adalah pemain The Blues yang punya peran besar dalam kesuksesan itu, tapi pada pemilihan Ballon d'Or 2012 ia hanya finis di posisi ke-8.

Pemenang di tahun tersebut adalah Lionel Messi, disusul Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta. Sampai akhir kariernya pun Drogba tak pernah berhasil masuk tiga besar Ballon d'Or. Namun ia pernah dapat kehormatan sebagai brand ambassador Ballon d'Or di tahun 2019.

4. Franck Ribery (2013)

5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCLFranck Ribery (the18.com)

Wesley Sneijder bukan satu-satunya pemain yang pernah meraih treble winners bersama klubnya tapi tak memenangi Ballon d'Or. Franck Ribery pun mengalaminya di tahun 2013. Winger asal Prancis ini berhasil tampil hebat dan membawa Bayern Munchen meraih tiga gelar sekaligus di musim 2012/13, tapi akhirnya tetap gagal meraih Ballon d'Or.

Saat pemilihan, Ribery hanya menempati posisi ketiga di bawah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Statistik Ronaldo di sepanjang 2013 memang luar biasa, yaitu 66 gol dalam 56 laga, termasuk mencetak 9 hattrick. Maka meski Ronaldo tak meraih satu trofi pun pada tahun tersebut, ia dianggap lebih layak menang ketimbang Ribery.

5. Virgil van Dijk (2019)

5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCLVirgil van Dijk (heraldscotland.com)

Pemain teranyar yang gagal meraih Ballon d'Or meski memenangi Liga Champions adalah Virgil van Dijk di tahun 2019. Bek tengah asal Belanda ini tampil solid di lini belakang Liverpool dan turut membawa klubnya juara Liga Champions 2018/19, disusul Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub.

Maka Van Dijk pun diunggulkan untuk jadi pemenang Ballon d'Or saat itu, melebihi Messi dan Ronaldo. Namun akhirnya Messi sukses mengungguli Van Dijk dengan selisih suara tipis. Meski gagal menang, Van Dijk tetap patut berbangga karena merupakan satu dari sedikit pemain bertahan yang bisa masuk tiga besar Ballon d'Or sepanjang sejarah.


Menjuarai Liga Champions ternyata tak jadi jaminan seorang pemain untuk meraih Ballon d'Or. Musim lalu, Chelsea jadi juara Liga Champions sehingga ada 5 pemainnya yang masuk nominasi Ballon d'Or 2021. Menurutmu, apakah salah satu dari mereka bisa jadi pemenang?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya