Comscore Tracker

5 Pemain Top Brasil yang Kini Bermain di Negaranya Sendiri

Mereka pernah sukses berkarier di Eropa

Brasil sejak dulu dikenal sebagai salah satu negara terkuat di sepak bola. Mereka senantiasa menghasilkan pemain-pemain kelas dunia dari tahun ke tahun, dan banyak di antaranya yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Eropa. Bahkan, tak jarang pemain Brasil bisa sukses tampil bagus dan meraih trofi bersama klub Eropa.

Namun seiring bertambahnya usia, sangat wajar jika performa pemain sepak bola akan menurun. Itu juga dialami oleh sejumlah pemain top Brasil saat ini. Alhasil, mereka pun memutuskan untuk hengkang dari Eropa dan kembali bermain di negaranya sendiri. Inilah lima pemain top Brasil yang saat ini bermain di liga lokal.

1. Willian

5 Pemain Top Brasil yang Kini Bermain di Negaranya SendiriWillian (besoccer.com)

Pertama ada Willian, gelandang yang pernah bermain di Premier League bersama Chelsea dan Arsenal. Ia cukup sukses selama membela Chelsea, dengan tampil 336 kali dan meraih 5 trofi dalam 7 musim. Namun musim lalu ia terbilang gagal bersama Arsena karena tak bisa memberi kontribusi berarti.

Willian pun akhirnya memutuskan pulang ke Brasil dan membela Corinthians, yang juga adalah klub pertamanya dulu. Sejak kembali ke Corinthians, ia sudah tampil 2 kali di Liga Serie A Brasil. Sudah berusia 33 tahun, bisa jadi Willian memang akan mengakhiri kariernya di negara asalnya.

2. David Luiz

5 Pemain Top Brasil yang Kini Bermain di Negaranya SendiriDavid Luiz (today.in-24.com)

Ada pula David Luiz, bek tengah yang pernah main bareng Willian di Chelsea dan Arsenal. David Luiz memutuskan untuk tak lagi bermain di Eropa setelah kontraknya bersama Arsenal habis di akhir musim lalu. Ia bergabung dengan Flamengo, klub yang pernah menjuarai Liga Brasil sebanyak 7 kali, termasuk tahun 2019 dan 2020.

David Luiz sendiri meninggalkan Eropa dengan nama besar. Selain Chelsea dan Arsenal, ia juga pernah membela Benfica serta Paris Saint-Germain, dan ia sukses memenangi trofi bersama semua klub tersebut. Trofi paling bergengsi yang pernah ia raih tentu Liga Champions 2011/12 bersama Chelsea.

Baca Juga: 5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang Sejarah

3. Diego Costa

5 Pemain Top Brasil yang Kini Bermain di Negaranya SendiriDiego Costa (goal.com)

Diego Costa juga baru kembali ke Brasil belum lama ini. Ia dikontrak Atletico Mineiro sejak Agustus 2021 selama 1,5 musim alias hingga akhir tahun depan. Sebelumnya, pemain berposisi striker sempat berstatus tanpa klub sejak dilepas Atletico Madrid di akhir tahun 2020.

Bagi Diego Costa, ini adalah kali pertama ia bermain di Liga Brasil. Meski ia memang lahir di Brasil, Costa justru memulai karier profesionalnya bersama SC Braga di Liga Portugal. Selama main di Eropa, Costa pernah membela dua klub besar yaitu Atletico Madrid dan Chelsea, dan ia meraih total 10 trofi bersama kedua klub tersebut.

4. Hulk

5 Pemain Top Brasil yang Kini Bermain di Negaranya SendiriHulk (terra.com.br)

Hulk alias Givanildo Vieira de Sousa juga saat ini tengah membela Atletico Mineiro, tapi ia lebih dulu bergabung dibanding Diego Costa, tepatnya sejak Januari 2021. Sebelumnya, striker yang terkenal bertubuh besar dan kuat ini membela Shanghai SIPG di Liga Tiongkok selama 4 tahun.

Hulk juga pernah bermain di Eropa selama 8 tahun, dengan membela dua klub yaitu FC Porto dan Zenit Saint Petersburg. Ia berhasil mencetak lebih dari 150 gol selama main di Eropa, serta meraih total 14 trofi. Hulk sendiri sekarang sudah berusia 35 tahun sehingga besar kemungkinan tak akan kembali lagi ke Eropa.

5. Joao Miranda

5 Pemain Top Brasil yang Kini Bermain di Negaranya SendiriJoao Miranda (gazetaesportiva.com)

Terakhir, ada Joao Miranda, bek tengah yang juga baru saja pulang ke negaranya pada tahun ini. Sebelumnya, Miranda membela Jiangsu Suning di sejak 2019, tapi kontraknya diakhiri di awal 2021 karena pembubaran klub tersebut. Miranda pun bergabung dengan Sao Paulo, salah satu klub Brasil tersukses.

Miranda dulu sempat main di Eropa selama sekitar 11 musim. Ia pernah membela dua klub top yaitu Atletico Madrid dan Inter Milan. Miranda tak meraih trofi bersama Inter, tapi sukses memenangi 5 gelar selama berseragam Atletico, termasuk LaLiga 2013/14. Miranda kini sudah berusia 37 tahun sehingga jadi salah satu pemain tertua di Liga Brasil.


Lima pemain Brasil di atas cukup lama bermain di Eropa, dan mereka sukses meraih sejumlah trofi. Namun kini mereka sudah tak muda lagi sehingga sekarang bermain di Liga Brasil. Bisakah mereka suskes di negaranya sendiri seperti di Eropa?

Baca Juga: 5 Film Sepak Bola Terbaik Sepanjang Sejarah, Sudah Pernah Menonton?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya