Comscore Tracker

5 Pemain yang Menjuarai LaLiga Sekaligus Jadi Top Skor, Messi Terbaik

Ternyata Cristiano Ronaldo tidak termasuk

Meraih gelar top skor di liga top Eropa tentu adalah pencapaian yang membanggakan bagi seorang pemain sepak bola. Meski begitu, seorang pemain umumnya lebih menginginkan gelar kolektif dibanding pencapaian individual. Maka menjuarai liga bersama tim tentu terasa lebih istimewa dibanding jadi top skor.

Nah, tentu akan lebih spesial lagi jika seorang pemain bisa meraih keduanya sekaligus, yaitu menjadi juara liga domestik sekaligus menjadi top skor. Di LaLiga Spanyol, ada sejumlah pemain top yang pernah berhasil melakukannya. Inilah lima nama di antaranya yang paling populer.

1. Lionel Messi

5 Pemain yang Menjuarai LaLiga Sekaligus Jadi Top Skor, Messi TerbaikLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Pertama tentu ada Lionel Messi, pemain tertajam sepanjang sejarah LaLiga Spanyol. Sebelum pindah ke Paris Saint-Germain di awal musim ini, Messi menghabiskan 21 tahun bermain di LaLiga bersama Barcelona. Selama periode tersebut, ia sukses merebut trofi El Pichichi alias gelar top skor sebanyak 8 kali!

Itu membuat Messi menjadi pemain yang paling sering meraih gelar tersebut. Ia juga adalah satu-satunya pemain yang bisa menjadi top skor lima kali beruntun, yaitu dari musim 2016/17 hingga 2020/21 alias musim lalu. Dari 8 gelar top skor yang ia dapat, 4 di antaranya juga berhasil ia sandingkan dengan trofi juara LaLiga.

Tepatnya, Messi jadi top skor sekaligus juara LaLiga di musim 2009/10, 2012/13, 2017/18, dan 2018/19. Karena kini sudah hengkang ke Prancis, bisa jadi Messi tak akan bermain lagi di Spanyol. Namun, semua rekor yang sudah ia torehkan di LaLiga kemungkinan besar akan bertahan sangat lama.

2. Luis Suarez

5 Pemain yang Menjuarai LaLiga Sekaligus Jadi Top Skor, Messi TerbaikLuis Suarez (instagram.com/luissuarez9)

Cristiano Ronaldo sang rival abadi Messi ternyata tak pernah berhasil menjuarai LaLiga sekaligus jadi top skor, meski ia pernah 3 kali jadi pencetak gol terbanyak. Justru Luis Suarez pernah melakukannya, meski ia hanya satu kali jadi top skor LaLiga yaitu di musim 2015/16 dengan 40 gol.

Dengan demikian, Suarez jadi satu-satunya pemain yang sanggup mengalahkan Messi dan Ronaldo dalam perebutan top skor LaLiga. Sukses Suarez dilengkapi dengan keberhasilan Barcelona juara LaLiga di musim tersebut. Barca unggul tipis dengan selisih satu poin saja atas Real Madrid yang finis sebagai runner-up.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Belgia yang Membela Klub LaLiga Musim 2021/2022

3. Samuel Eto'o

5 Pemain yang Menjuarai LaLiga Sekaligus Jadi Top Skor, Messi TerbaikSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Ada pula Samuel Eto'o, yang juga pernah sukses menyandingkan trofi dan gelar top skor LaLiga saat membela Barcelona. Striker asal Kamerun ini melakukannya dua kali beruntun, yaitu di musim 2004/05 dan 2005/06. Barca sendiri memang berjaya di dua musim tersebut bersama pelatih Frank Rijkaard.

Sukses Eto'o terutama istimewa karena ia adalah satu-satunya pemain Afrika yang pernah menjadi top skor di LaLiga. Plus, Eto'o juga adalah pemain Afrika dengan koleksi gol terbanyak di liga top Eropa, yaitu total 209 gol yang ia ciptakan di LaLiga, Premier League, dan Serie A.

4. Ruud van Nistelrooy

5 Pemain yang Menjuarai LaLiga Sekaligus Jadi Top Skor, Messi TerbaikRuud van Nistelrooy (laliga.com)

Tak kalah dari Barcelona, pemain Real Madrid tentu juga ada yang pernah menjuarai LaLiga sekaligus jadi top skor. Salah satunya adalah Ruud van Nistelrooy. Striker asal Belanda ini didatangkan Madrid dari Manchester United di musim 2006/07. Hebatnya, ia langsung unjuk gigi di musim pertamanya dan menjadi pencetak gol terbanyak.

Total 25 gol diciptakan Nistelrooy di musim tersebut, sehingga turut membuat Madrid jadi juara LaLiga. Pada musim berikutnya pun Nistelrooy berhasil membawa Madrid juara, meski jumlah golnya berkurang sehingga tak jadi top skor lagi. Total, Nistelrooy meraih tiga trofi selama 3,5 musim membela Los Blancos.

5. Raul Gonzalez

5 Pemain yang Menjuarai LaLiga Sekaligus Jadi Top Skor, Messi TerbaikRaul Gonzalez (twitter.com/championsleague)

Ada pula Raul Gonzalez, pemain yang dijuluki Pangeran Madrid karena kesetiaan dan kontribusinya yang luar biasa kepada Real Madrid. Raul pernah dua kali jadi top skor LaLiga selama membela Madrid. Pertama di musim 1998/99 dengan 25 gol, tapi saat itu Barcelona-lah yang berhasil menjuarai liga.

Raul kembali jadi pemain tertajam di musim 2000/01 dengan 24 gol, dan kali ini ia sukses menyandingkan gelar top skor dengan trofi LaLiga. Raul sendiri berhasil meraih 16 trofi selama 16 musim membela Madrid, termasuk 6 trofi LaLiga dan 3 Liga Champions.


Lima pemain di atas pernah meraih prestasi luar biasa, yaitu menjadi top skor LaLiga sekaligus membawa timnya jadi juara. Siapa lagi pemain yang bisa menyamai raihan mereka?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya