Comscore Tracker

5 Pemain Korea Selatan yang Pernah Bermain di Premier League

Ada yang pernah main di GBK, lho!

Korea Selatan merupakan salah satu raksasa sepak bola di Benua Asia. Berdasarkan peringkat FIFA Bulan Oktober, Korea Selatan menempati posisi 35. Prestasi tim negeri ginseng juga tidak bisa dipandang remeh. Korea Selatan tercatat sudah dua kali juara Piala Asia dan pernah menempati peringkat empat Piala Dunia 2002.

Tidak sedikit talenta dari Korea Selatan yang berkarir di luar negeri, termasuk Inggris. Premier League adalah kompetisi paling teratas di Inggris, banyak pemain dari penjuru dunia ingin bermain di Premier League

Berikut sederet pemain Korea Selatan yang pernah bermain di Premier League. Simak daftarnya!

1. Hwang Hee Chan

5 Pemain Korea Selatan yang Pernah Bermain di Premier LeaguePotret Hwang Hee Chan (instagram.com/hwangheechan)

Musim 2021/2022 merupakan debut Hwang Hee Chan di Premier League. Hwang memperkuat Wolverhampon Wanderers dengan status pinjaman dari RB Leipzig selama satu musim. Wolves bisa mempermanenkan Hwang di akhir musim dengan harga 13 juta poundsterling atau setara Rp253 miliar.

Pemain yang dulu pernah bermain melawan Evan Dimas cs di GBK ini tengah on fire. Hingga pekan ke-9 Liga Inggris 2021/2022, pemain kelahiran Chuncheon ini telah mencetak empat gol untuk Wolves. Dengan torehan empat gol, Hwang berada di posisi kelima top skor Liga Inggris di bawah Mohammed Salah, Jamie Vardy, Sadio Mane dan Michail Antonio.

2. Son Heung Min

5 Pemain Korea Selatan yang Pernah Bermain di Premier LeaguePotret Son Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Son Heung Min memulai karir di Premier League pada musim 2015/2016. Tottenham Hotspurs membeli Son dari Bayer Leverkusen dengan harga 30 juta euro setara Rp494 miliar. Dilansir dari transfermarkt.com debut di Premier League Son Heung Min tampil sebanyak 28 kali dan mencetak 4 gol.

Hingga musim ini, Son telah tampil sebanyak 205 pertandingan dan mencetak 44 gol untuk The Lilywhites di Premier League. Meski tampil apik bersama Tottenham Hotspurs, Son belum bisa mempersembahkan trofi untuk klub asal London Utara ini. Prestasi terbaik Son bersama Spurs saat menjadi runner up Liga Champions musim 2018/2019.

Baca Juga: 7 Pemain Non-Manchester United yang Sering Juara Premier League

3. Park Ji Sung

5 Pemain Korea Selatan yang Pernah Bermain di Premier LeaguePotret Park Ji Sung (instagram.com/manchesterunited)

Park Ji Sung menjalani karir di Premier League dengan memperkuat dua tim. Ia memperkuat Manchester United selama tujuh musim dan pindah ke QPR selama satu tahun pada musim 2012/2013. Park bermain sebanyak 133 pertadingan dan mencetak 20 gol di Liga Primer Inggris untuk The Red Devils sedangkan di QPR, Park bermain 20 kali.

Selama berkarir di Premier League, karir Park Ji Sung terbilang sukses. Bersama setan merah, Park mengoleksi empat gelar Premier League, tiga gelar Piala Liga dan empat gelar Community Shield. Selain meraih gelar di kancah domestik, Park juga ikut mengantar Manchester United meraih gelar Liga Champions musim 2007/2008. Setelah pensiun menjadi pemain, kini Park menjadi advisor dari tim Jeonbuk Hyundai Motors.

4. Lee Young Pyo

5 Pemain Korea Selatan yang Pernah Bermain di Premier LeaguePotret Son Heung Min dan Lee Young Pyo (instagram.com/spursofficial)

Lee Young Pyo merupakan andalan Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Tampil cemerlang di Piala Dunia 2002 membuat PSV membeli pemain yang pada saat itu menjadi sayap kiri. Tiga tahun di Belanda, Lee akhirnya pindah ke Inggris setelah dibeli Tottenham Hotspurs dengan harga 2 juta euro setara Rp32 miliar.

Selama berkiprah di Premier League, Lee Young Pyo bermain untuk The Liliwhites sebanyak 69 kali. Saat musim terakhirnya bersama Tottenham Hotspurs yaitu tahun 2007/2008, Lee Young Pyo membawa Tottenham Hotspurs juara Piala Liga.

5. Seol Ki Hyeon

5 Pemain Korea Selatan yang Pernah Bermain di Premier LeaguePotret Seol Ki Hyeon (koreatimes.co.kr)

Seol Ki Hyeon memperkuat Reading dan Fulham saat berkarir di Premier League. Debut Seol di Premier League dimulai pada musim 2006/2007 saat dibeli Reading dari Wolverhampton Wanderers dengan harga 1,5 juta euro atau Rp24 miliar.

Seol tampil sebanyak 30 pertandingan untuk Reading di Premier League dan mencetak empat gol. Kemudian Seol pindah ke klub asal Fulham pada musim 2007/2008. Prestasi terbaik Seol bersama Fulham saat runner up Europa League musim 2009/2010.

Itulah sederet pemain asal Korea Selatan yang pernah bermain di Premier League. Dengan banyaknya talenta muda yang dimiliki Korea Selatan bukan tidak mungkin akan ada lagi pemain asal negeri ginseng yang bermain di Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mencetak Hattrick hingga Pekan Ke-9 di Liga Inggris

ajie Pratama Photo Verified Writer ajie Pratama

Pecinta game Fanstasy Football

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya