10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester City

Penakluk tiga kompetisi, nih!

Dunia sepak bola memiliki istilah Treble Winners yang berisikan nama-nama klub dengan penakluk tiga kompetisi. Penaklukan tersebut tentu saja dibarengi perolehan tiga trofi juara utama dalam satu musim. Ini merupakan kompetisi besar, karena ada liga domestik, piala domestik, dan kompetisi Champions League yang telah dilewati.

Sejarah sepak bola sendiri menguak bahwa hanya ada sembilan tim yang masuk dalam kategori Treble Winners. Salah satunya adalah si Barcelona klub mendunia yang namanya sudah dimana-mana, termasuk Bayern Munchen. Keduanya berhasil mendapati julukan tersebut sebanyak dua kali.

Treble Winners ini sekali lagi tidak mudah, karena tidak akan tercapai juga jika pemain-pemainnya tidak memiliki kehebatan dan beberapa pemain cadangan yang bisa diandalkan. Adapun klub Eropa pertama yang meraih ini adalah Celtic yakni pada musim 1966-1967. 

Adapun nama-nama klub lainnya yang sejak lama hingga terbaru saat ini mengisi gelar si Treble Winners. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 3 Pertandingan Penting Manchester City Menuju Treble Winner

1. Celtic

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityTreble Celtics 1966-1967, chaseyoursport

Klub pertama adalah Celtic dimana peraihan gelar Treble Winners pada musim 1966-1967. Klub dari negara Skotlandia ini menjadi klub pertama yang mendapatkan gelar Treble Winners. Trofi juara tersebut diperolah dari Scoottish Football League, Scottish Cup, dan European Cup.

Pada perolehan ini, Celtic memiliki pelatih asal Skotlandia bernama Jock Stein dengan kaptennya Billy McNeill. Celtic menjadikan Fallon, Brogan, O'Neill, Young, Cushley, Henderson, Gallagher, Hughes, dan McBride sebagai pemain cadangan.

Adapun starting eleven (4-2-4) yang dilakukan Celtic saat itu sebagai berikut:

Simpson
Craig – McNeill – Clark – Gemmell
Murdoch – Auld
Johnstone – Wallace – Chalmers – Lennox

2. Ajax

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityAjax Amsterdam jadi juara Eredivisie musim 2020/21. (ajax.nl).

Nama klub kedua ini merupakan klub berasal dari Belanda dan berhasil meraih gelar si Treble Winners pada musim 1971-1972. Trofi kejuaraan yang dimiliki dari Eredivisise, KNVN Cup, dan European Cup. Pelatihnya yang berasal dari Rumania bernama Stefan Kovacs itu menjadi saksi kemenangan mereka.

Adapun kapten Ajax saat itu Piet Keizer serta nama pemain cadangan seperti Wever, Suurendonk, Donkers, Schilcher, A.Muhren, Van Djik, Jhonny Rep, dan Kleton. Kemudian nama lain pada starting eleven (4-3-3) sebagai berikut:

Stuy
Suurbier – Hulshoff – Blankenburg – Krol
Haan – Neeskens – G. Muhren
Swart – Cruyff – Keizer

3. PSV Eindhoven

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityPSV Eindhoven (eredivisie.nl)

Klub PSV Eindhoven menjadi klub sepak bola dari belanda dengan perolehan Treble Winners pada musim 1987-1988. Kapten Eric Gerets yang berasal dari Belgia ini membawa tiga trofi Eredivise, KNVB cup, dan European Cup. 

Perolehan tersebut tidak terlepas dari pelatih Guus Hiddink yang berasal dari Belanda. Pada saat itu, adapun nama pemain cadangan seperti Lodewijks (GK), Koot, Veldman, van Kessel, Janssen, van de Kerkhof, Arnesen, Thoresen, Viscaal. 

Tak hanya itu, sistem starting eleven (4-4-2) juga terdapat nama-nama sebagai berikut:

Van Breukelen
Gerets – Nielsen – Koeman – Heintze
Vanenburg – Van Aarle – Lerby – Linskens
Kieft – Gillhaus

4. Manchester United

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityTreble Manchester United 1999, Forbes

Perolehan Treble Winners pada musim 1998-1999 oleh si seragam merah ini menjadi salah satu bukti performanya. Trofi kejuaraan dibawa dari Premier League, FA Cup, dan UEFA Champions League dengan kaptennya saat itu Roy Keane dari Irlandia.

Pelatih Sir Alex Ferguson dari Skotlandia ini juga menjadi salah satu faktor kemenangan dari MU saat itu. Pemain cadangan yang ada seperti Van der Gouw (GK), Brown, May, Berg, Phil Neville, Butt, Cruyff, Blomqvist, Sheringham, Solskjaer. 

Strategi starting eleven (4-4-2) juga terdapat beberapa pemain yang begitu penting dalam perolehan kejuaraan tersebut:

Schmeichel
Gary Neville – Stam – Johnsen – Irwin
Beckham – Keane – Scholes – Giggs
Andy Cole – Yorke

5. Barcelona

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester Cityfcbarcelona.com

Klub sepak bola paling terkenal ini tentu saja meraih Treble Winners pada 2008-2009 karena pada perolehan trofi La Liga, Copa del Rey dan UEFA Champions League. Klub dari Spanyol dengan kaptennya saat itu Carles Puyol dan Pep Guardiola sebagai pelatihnya.

Nama pemain cadangan yang dibuat saat itu terdapat Pinto (GK), Marquez, Sanchez, Caceres, Sylvinho, Toure, Keita, Hleb, Bojan, Pedro, Gudjohnsen. Kemudian starting eleven (4-4-3) sebagai berikut:

Valdes
Alves – Pique – Puyol – Abidal
Xavi – Busquets – Iniesta
Messi – Eto’o – Henry

Baca Juga: 6 Pemain Afrika yang Pernah Meraih Treble Winners, Mahrez Terbaru

6. Internazionale

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester Cityidntimes.com

Klub Internazionale menjadi peraih Treble Winners atas trofi yang berhasil ditaklukan pada Serie A, Coppa Italia, dan UEFA Champions League pada 2009-2010. Klub yang berasal dari Italia dan pelatih dari Portugal, yakni Jose Mourinho.

Saat itu kapten di Internazionale adalah Javier Zanetti dari Argentina dan beberapa nama pemain cadangan yang diandalkan Toldo (GK), Cordoba, Materazzi, Santon, Chivu, Thiago Motta, Mariga, Muntari, Quaresma, Balotelli. Strategi starting eleven (4-3-3) juga seperti nama-nama berikut:

Cesar
Maicon – Lucio – Samuel – Zanetti
Stankovic – Cambiasso – Sneijder
Pandev – Milito – Eto’o

7. Bayern Munchen

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityPotret kemenangan Bayern Munchen (uefa.com)

Klub dari Jerman ini memperoleh tiga trofi pada satu musim dan menjadi Treble Winners pada 2012-2013. Kompetisi Bundesliga, DFB Pokal dan UEFA Champions telah ditaklukan oleh si Bayern Munchen.

Saat itu kapten dari Bayern Munchen adalah Phillip Lahm dan pelatihnya Jupp Heynckess yang berasal dari Jeman. Pemain cadangan yang diandalkan antara lain Starke (GK), Van Buyten, Badstuber, Rafinha, Contento, Gustavo, Tymoshchuk, Kroos, Shaqiri, Gomez, Pizarro. Starting eleven (4-2-3-1) sebagai berikut:

Neuer
Lahm – Dante – Boateng – Alaba
Schweinsteiger – Martinez
Robben – Muller – Ribery
Mandzukic

8. Barcelona

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityBarcelona (forbes.com)

Menjadi nama klub sepak bola si Treble Winners muncul kali kedua ini memboyong tiga trofi La Liga, Coppa del Rey dan UEFA Champions pada musim 2014-2015. Klub ini berasal dari Spanyol dengan kaptennya Xavi Hernandez dan Luis Enrique sebagai pelatih.

Pemain-pemain cadangan lain yang diandalkan saat itu adalah Bravo (GK), Bartra, Mathieu, Montoya, Adriano, Xavi, Roberto, Rafinha, Pedro, Munir, Sandro. Kemudian starting eleven (4-3-3) sebagai berikut:

Ter Stegen
Alves – Pique – Mascherano – Alba
Rakitic – Busquets – Iniesta
Messi – Suarez – Neymar

9. Bayern Munchen

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityPotret kemenangan Bayern Munchen (uefa.com)

Setelah nama Barcelona,  Bayern Munchen menjadi nama klub kedua yang menghiasi kembali Treble Winners pada musim 2019-2020. Trofi yang dibawa dari hasil kompetisi Bundesliga, DFB Pokal dan UEFA Champions ini saat itu memiliki pelatih Hans-Dieter Flick.

Kapten yang menjadi penting dalam kemenangan itu juga ada Manuel Neuer dan beberapa pemain cadangan yang diandalkan. Pemain tersebut seperti Ulreich (GK), Sule, Martinez, Pavard, Lucas, Tolisso, Goretzka, Cuisance, Coutinho, Perisic, Zirkzee. Satrting eleven yang dilakukan saat itu (4-2-3-1) sebagai berikut:

Neuer
Pavard – Boateng – Alaba – Davies
Kimmich – Thiago
Gnabry – Muller – Coman
Lewandowski

10. Manchester City

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester CityManchester City menjuarai Piala Liga. (mancity.com)

Terbaru ini klub birum muda meraihi Treble Winners dengan trofi yang diboyong dari Premier League, FA Cup, dan UEDA Champions. Pelatihnya Pep Guardiola dan si kapten Ilkay Gundogan dari Jerman ini juga menjadi bagian terpenting atas kejuaraan tersebut.

Selain itu pemain-pemain cadangan yang tak kalah diandalkan seperti Ortega (GK), Laporte, Walker, Sergio, Lewis, Phillips, Palmer, Foden, Mahrez, Alvarez. Starting eleven (3-2-4-1) juga menjadi nama pemain terpenting: 

Ederson
Akanji – Dias – Ake
Stones – Rodri
Bernardo – De Bruyne – Gundogan – Grealish
Haaland

11. Peraih Treble Winners lainnya

10 Klub Sepak Bola Peraih Treble Winner, Terbaru Manchester Citypotret Kamerun juara Piala Afrika 2017 (dok. youtube.com/CAF TV)

Asia (AFC)

  • Tokyo Verdy – Jepang (1987 – AFC Champions League, Japan Soccer League, Emperor’s Cup)

Afrika (CAF)

  • TP Mazembe – Kongo (1967 – CAF Champions League, Linafoot, Coupe de Congo)
  • AS Vita Club – Kongo (1973 – CAF Champions League, Linafoot, Coupe de Congo)
  • MC Algiers – Aljazair (1976 – CAF Champions League, Algerian Ligue 1, Algerian Cup)
  • Hearts of Oak – Ghana (2000 – CAF Champions League, Ghana Premier League, Ghanaian FA Cup)
  • Al Ahly – Mesir (2006 dan 2007, CAF Champions League, Egyptian League, Egypt Cup)
  • Esperance – Tunisia (2011 – CAF Champions League, Tunisian Ligue 1, Tunisian Cup)

Amerika Utara (CONCACAF)

  • Cruz Azul – Meksiko (1969 dan 1997 – CONCACAF Champions Cup, Liga MX, Copa MX)
  • Defence Force – Trinidad-Tobago (1985 – CONCACAF Champions Cup, TT Pro League, TT FA Trophy)

Oceania (OFC)

  • Auckland City – Selandia Baru (2006, 2014, 2015 – OFC Champions League, NZFC Championship, NZFC Grand Final)
  • Waitakere United – Selandia Baru (2008- OFC Champions League, NZFC Championship, NZFC Grand Final)
  • Hienghene Sport – Kaledonia Baru (2019 – OFC Champions League, New Caledonia Super Ligue, New Caledonia Cup)

Nah, itulah 10 klub sepak bola yang berhasil meraih Treble winners pada beberapa musim pertandingan. Ada klub favorit kamu ngga, nih?

Baca Juga: 6 Pemain Manchester City Tertajam pada 2022/2023, Meraih Treble Winner

Topik:

  • Jumawan Syahrudin
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya