Daftar Juara Dunia Formula 2 dalam 5 Tahun Terakhir

Sudah ada tiga pembalap yang promosi ke Formula 1

Sebelum menginjakkan kaki di Formula 1, seorang pembalap muda biasanya berkompetisi di Formula 2 terlebih dahulu. Kompetisi Formula 2 dimanfaatkan oleh pembalap muda untuk menambah jam terbang dan mengumpulkan poin super licence agar bisa memenuhi syarat balapan di Formula 1.

Kompetisi Formula 2 sendiri pertama kali diselenggarakan pada 2005 dengan nama GP2. Pada 2017, kompetisi GP2 berubah nama menjadi Formula 2. Semenjak berganti nama menjadi Formula 2, kompetisi satu level di bawah Formula 1 ini sudah melahirkan lima juara dunia.

1. Charles Leclerc

Daftar Juara Dunia Formula 2 dalam 5 Tahun TerakhirCharles Leclerc (fiaformula2.com)

Charles Leclerc promosi ke Formula 2 dengan status sebagai juara dunia GP3. Pembalap asal Monako ini bergabung dengan Prema Racing pada 2017. Leclerc mengawali perjuangannya di Formula 2 dengan mencatatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi GP Bahrain dan menjadi pemenang sesi sprint race di Sakhir. Leclerc mengumpulkan 7 kemenangan dan 7 pole position selama balapan dengan Prema di Formula 2.

Leclerc menyelesaikan Formula 2 2017 di posisi pertama klasemen akhir dengan koleksi 282 poin, unggul 72 poin atas Artem Markelov. Leclerc hanya semusim berkompetisi di Formula 2. Pada 2018, mantan pembalap akademi Ferrari tersebut direkrut tim Formula 1, Alfa Romeo Sauber.

2. George Russell

Daftar Juara Dunia Formula 2 dalam 5 Tahun TerakhirGeorge Russell (fiaformula2.com)

Mirip dengan Leclerc, George Russell naik tingkat ke Formula 2 berstatus sebagai juara dunia GP3. Russell ditandemkan dengan Jack Aitken di tim ART Grand Prix pada 2018. Ketika balapan di Formula 2, Russell mendapatkan perlawanan dari sesama pembalap Inggris, Lando Norris, pembalap asal Thailand, Alex Albon dan pembalap Belanda, Nyck de Vries.

Sepanjang berkarier di Formula 2, Russell mengoleksi 287 poin, lebih banyak 68 poin atas Lando Norris. Berkat meraih gelar juara dunia Formula 2, Russell berhasil bergabung dengan tim Formula 1, Williams Racing pada 2019. Russell bertahan di Williams selama 3 musim sebelum akhirnya direkrut Mercedes pada 2022.

Baca Juga: 11 Potret Nico Hulkenberg, Pengganti Vettel di Formula 1 GP Bahrain

3. Nyck de Vries

Daftar Juara Dunia Formula 2 dalam 5 Tahun TerakhirNyck de Vries (fiaformula2.com)

Meraih juara Formula Renault Eurocup serta finis di peringkat keenam klasemen akhir GP3 2017 menjadi modal berharga bagi Nyck de Vries saat menjadi pembalap pendatang baru Formula 2 pada 2017. Pada musim perdananya di Formula 2, De Vries membela tim Rapax. Bersama Rapax, De Vries mendapatkan koleksi 72 poin.

Sebelum GP Belgia, De Vries pindah dari Rapax ke tim Racing Engineering. Ketika balapan di bawah bendera Racing Engineering, De Vries mengumpulkan 42 poin dan berhasil finis di posisi ketujuh klasemen akhir.

Pada musim keduanya di Formula 2, De Vries berkompetisi dengan tim Prema Racing. Semasa menjadi pembalap Prema, De Vries menyelesaikan musim 2018 di posisi keempat klasemen dengan pencapaian tiga kali memenangi balapan.

Puncak karier De Vries di Formula 2 terjadi pada 2019. Pada musim ketiganya di Formula 2, De Vries kembali pindah ke tim baru, yaitu ART Grand Prix. De Vries menyumbangkan empat kemenangan untuk ART dan keluar sebagai juara dunia Formula 2 dengan capaian 262 poin.

Gagal mendapatkan kursi Formula 1 pada 2020, De Vries akhirnya bergabung dengan Mercedes Benz EQ Formula E Team. Prestasi terbaik De Vries selama balapan di Formula E adalah menjadi juara dunia pada 2021. Saat ini, De Vries masih aktif menjadi pembalap Formula E serta menjadi pembalap reserve tim Formula 1 Mercedes.

4. Mick Schumacher

Daftar Juara Dunia Formula 2 dalam 5 Tahun TerakhirMick Schumacher (fiaformula2.com)

Anak legenda Formula 1 Michael Schumacher, Mick, memulai kariernya di Formula 2 bersama Prema Racing. Pada musim perdananya di Formula 2, pencapaian Mick terbilang kurang memuaskan karena hanya finis di peringkat ke-12 klasemen akhir 2019. Meskipun hanya finis di posisi ke-12 klasemen, Mick sempat mendapatkan satu kemenangan pada GP Hungaria.

Memasuki musim keduanya di Formula 2, Mick sepertinya sudah banyak belajar pada musim sebelumnya, sehingga mampu bersaing di papan atas klasemen Formula 2 2020. Sewaktu balapan pada 2020, Mick mengumpulkan dua kemenangan dan secara konsisten mencetak poin hampir di setiap balapan.

Mick menyelesaikan musim 2020 di peringkat pertama klasemen akhir dengan raihan 215 poin. Menjadi juara dunia Formula 2 membuat Haas Formula 1 Team tertarik menjadikan Mick sebagai pembalap mereka di kompetisi Formula 1 2021.

5. Oscar Piastri

Daftar Juara Dunia Formula 2 dalam 5 Tahun TerakhirOscar Piastri (fiaformula2.com)

Prema Racing mengangkat Oscar Piastri untuk menggantikan Mick Schumacher yang sudah dipromosikan ke Formula 1. Menyandang gelar juara dunia Formula 3 2020 menjadi alasan kuat bagi Prema untuk menjadikan Piastri sebagai rekan setim Robert Shwartzman.

Dari 23 balapan Formula 2 yang dilaksanakan pada 2021, Piastri memborong 6 juara, 5 podium dan 14 finis di posisi lima besar. Piastri mendapatkan 252,5 poin selama 2021 dan berhasil unggul atas rekan setimnya, Robert Shwartzman dengan koleksi 192 poin.

Walaupun berhasil menjadi juara dunia Formula 3 dan Formula 2, Piastri tidak bisa mendapatkan kursi di Formula 1 2022. Piastri harus puas menjadi pembalap reserve Alpine dan McLaren serta harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan tempat di Formula 1.

Pada 2022, ada beberapa pembalap yang diunggulkan menjadi juara dunia Formula 2, yaitu Felipe Drugovich, Liam Lawson, Juri Vips, dan Jehan Daruvala. Pembalap pendatang baru seperti Dennis Hauger dan Ayumu Iwasa juga diprediksi akan meramaikan persaingan perebutan gelar juara dunia Formula 2 pada 2022.

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 yang Pernah Menang pada GP Bahrain

Rizki Photo Verified Writer Rizki

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya