Comscore Tracker

Aleix Espargaro Tampil All Out Sampai Akhir, Cedera Bukan Halangan!

Aleix Espargaro cedera tulang tumit kanan

Aleix Espargaro harus menelan pil pahit usai finis di urutan kesembilan di Sirkuit Silverstone, Inggris (7/8/2022). Meski begitu, performanya tak bisa dianggap remeh. Kecelakaan itu terjadi pada sesi free practice (FP4) menyisakan luka. Pembalap 33 tahun itu didiagnosis mengalami patah tumit pada kaki kanannya.

Dengan kondisi seperti itu, tak bisa dibayangkan sebesar apa rasa sakit yang dirasakan selama membalap. Berikut kabar terbaru kondisi Aleix Espargaro usai GP Silverstone. Simak terus, yuk!

1. Pesaing terdekat Fabio Quartararo 

Aleix Espargaro Tampil All Out Sampai Akhir, Cedera Bukan Halangan!Fabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Menutup paruh pertama MotoGP 2022, Aleix Espargaro bercokol di urutan kedua klasemen sementara di bawah Fabio Quartararo. Raihan poin mereka berdua hanya terpaut 21 poin.

Meski masih dalam jarak aman dengan sisa sembilan balapan, Aleix berharap di Silverstone ia berhasil finis di depan Quartararo. Sayangnya, hal itu urung terjadi. Ia tetap mengekor di belakang Quartararo yang finis di urutan kedelapan.

2. Insiden highside 

Kesulitan Aleix Espargaro ditenggarai oleh rasa sakit yang dirasakannya usai insiden highside pada sesi FP4. Ia terpelanting dari atas motor RS-GP saat hendak keluar tikungan.

Usai insiden itu, ia kesulitan berjalan. Para marshal pun segera berlari dan segera menandu pembalap Spanyol itu ke luar lintasan. Setelah menjalani serangkaian tes kesehatan di pusat medis MotoGP, ia dinyatakan fit untuk kembali turun mengaspal.

Baca Juga: Espargaro Heran Tak Bisa Salip Quartararo pada MotoGP 2022 Inggris

3. GP Silverstone 

Aleix Espargaro Tampil All Out Sampai Akhir, Cedera Bukan Halangan!Aleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Dengan kondisi itu, Aleix berhasil torehkan waktu terbaik keenam pada sesi kualifikasi. Hasil tersebut jauh dari yang ia harapkan. Pada sesi free practice, ia punya torehan waktu yang baik.

Hasil balapan pun tak berpihak kepadanya. Alih-alih mengambil podium back to back di Sirkuit Silverstone setelah finis ketiga tahun lalu, ia harus puas finis di urutan kesembilan. Ia tak nyaman membalap dan merasakan sakit pada kakinya.

Ia berada tepat di belakang Quartararo yang finis kedelapan. Meski begitu, ia merasa beruntung karena kesempatan masih terbuka lebar untuk memperebutkan gelar juara dunia karena jarak poin dengan Quartararo tidak terlalu jauh.

4. Diagnosis patah tulang tumit

Aleix Espargaro Tampil All Out Sampai Akhir, Cedera Bukan Halangan!Aleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Usai membalap, Aleix mengeluhkan rasa sakit pada kaki kanannya. Hari Senin, ia memutuskan untuk menjalani tes di rumah sakit Dexeus, Barcelona. 

Hasil pemeriksaan itu menyatakan bahwa Aleix mengalami patah tulang tumit kanan. Beruntungnya, tak ada rujukan untuk tindakan pembedahan. Pembalap bernomor 41 itu hanya disarankan untuk beristirahat selama satu minggu dan menggunakan tongkat saat berjalan.

5. Pujian Jorge Lorenzo 

Aleix Espargaro Tampil All Out Sampai Akhir, Cedera Bukan Halangan!Aleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Jorge Lorenzo memuji performa Aleix Espargaro meskipun finis di urutan kesembilan. Legenda MotoGP itu mengakui bahwa penampilannya sangat impresif dan berjuang hingga akhir balapan. 

Lorenzo membandingkan performa itu dengan apa yang lakukannya di Sirkuit Assen. Meski sudah tercecer ke urutan 15, ia bisa memperbaiki posisinya dan finis satu posisi di luar podium.

“Aleix selalu berusaha sampai akhir. Itu adalah kualitas yang ia miliki dan perlihatkan pada tahun ini,” kata Lorenzo dikutip Motosan.

 

Membalap dengan rasa sakit pada kakinya tentu bukan perkara mudah. Meski tak memangkas jarak poin dengan Fabio Quartararo, Aleix merasa puas karena masih punya kesempatan bertarung pada delapan sisa seri MotoGP. Semoga segera pulih, ya!

Baca Juga: Aleix Espargaro Calon Juara MotoGP meski Jarang Menangi Seri, Ajaib!

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya