Alex Marquez Dapat Pujian Berkat Performa Impresif selama Tes Pramusim

Dukungan dan harapan untuk Alex Marquez

Di atas motor Desmosedici GP22 garapan tim Gresini Racing, Alex Marquez mencatatkan torehan impresif di setiap sesi tes pramusim. Alex Marquez menguci diri di posisi ketujuh pada tes pramusim MotoGP di Sirkuit Algarve, Portugal (11—12/3/23). 

Penampilan impresif Alex pada sesi tes pramusim membuat Davide Tardozzi terpukau. Manajer tim Ducati itu tak sungkan memuji pembalap Gresini Racing itu yang baru bergabung bersama tim Borgo Panigale.

1. Jatuh-bangun bersama Honda

Alex Marquez Dapat Pujian Berkat Performa Impresif selama Tes PramusimAlex Marquez (motogp.com)

Musim 2023 adalah musim keempat Alex membalap di kelas utama MotoGP. Adik Marc Marquez ini menghabiskan 3 musim bersama pabrikan Honda di bawa naungan tim Repsol Honda (1 musim) dan LCR Honda Castrol (2 musim).

Sayangnya, selama bersama tim Honda, Alex belum pernah meraih kemenangan. Torehan terbaiknya ialah 2 kali podium kedua bersama Repsol Honda pada 2020. 

Ia kesulitan membalap di atas motor Honda. Hal itu menjadi salah satu alasan dirinya tak mampu tampil kompetitif. Tiga musim bersama, Alex tak pernah menembus posisi 10 besar pada klasemen akhir musim pembalap.

2. Dua kali juara dunia pembalap

Alex Marquez Dapat Pujian Berkat Performa Impresif selama Tes PramusimAlex Marquez (motogp.com)

Sebelum membalap di kelas utama, Alex merupakan salah satu pembalap yang sangat cepat. Potensi tersebut dibuktikan dengan torehan dua gelar juara dunia pembalap kelas Moto3 (2014) dan Moto2 (2019). 

Sepanjang kariernya membalap di kejuaraan MotoGP, Alex berhasil mengoleksi 14 kemenangan di dua kelas berbeda. Hal tersebut membuktikan bahwa ia memang layak bertarung bersama pembalap kelas premier.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Tampil Kuat di Tes Pramusim, Pembalap Lain Gentar?

3. Catatan impresif pada tes pramusim di Portugal

Alex Marquez Dapat Pujian Berkat Performa Impresif selama Tes PramusimAlex Marquez (instagram.com/alexmarquez73)

Alex Marquez tampil impresif pada tes pramusim di Sirkuit Algarve. Sejak hari pertama, pembalap bernomor 73 itu berhasil menembus 5 besar pembalap tercepat dengan selisih 0,565 detik dari pembalap tercepat, Francesco Bagnaia. 

Torehan itu terus dipertahankan meskipun pada hari kedua ia tak bisa memperbaiki catatan waktunya. Catatan waktu terbaik Alex, yaitu 1 menit 38.402 detik, membuatnya turun ke urutan ke-7.

4. Jack Miller terpukau dengan penampilan Alex Marquez

Alex Marquez Dapat Pujian Berkat Performa Impresif selama Tes PramusimAlex Marquez (instagram.com/alexmarquez73)

Performa impresif Alex membuat Jack Miller terpukau. Menurut mantan pembalap Ducati itu, Alex tampil sangat mengesankan sebagai pembalap yang baru menjajal motor Desmosedici GP22.

"Beberapa pembalap Ducati sangat baik. Alex Marquez sangat mengesankan dan sangat cepat beradaptasi dengan motor Ducati," kata Miller dikutip Crash.

5. Davide Tardozzi yakin dengan potensi Alex Marquez

Alex Marquez Dapat Pujian Berkat Performa Impresif selama Tes PramusimAlex Marquez (instagram.com/gresiniracing)

Tak hanya Miller, Davide Tardozzi selaku manajer tim Ducati Lenovo turut mengakui potensi Alex. Ia mengatakan bahwa jika di atas motor Ducati, Alex akan mendapat musim terbaiknya berkarier di ajang kompetisi MotoGP.

"Ia (Alex) sangat cepat, ia pun juara dunia pembalap dua kali. Alex tidak menunjukan potensi terbaiknya beberapa musim ke belakang, Aku pikir musim ini ia akan naik ke atas podium," pungkas Tardozzi.

 

Cerita manis bersama Honda selama tiga musim ditutup dengan kisah yang kurang mengesankan. Alex tentu berharap keputusannya merapat ke Ducati adalah keputusan terbaik untuk kariernya di kompetisi MotoGP. Mampukah ia menunjukkan potensi terbaiknya bersama Ducati?

Baca Juga: Nyaman di Gresini, Alex Marquez Optimistis Tampil Apik di MotoGP 2023

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya