Comscore Tracker

Augusto Fernandez Kudeta Puncak Klasemen Moto2 Milik Celestino Vietti

Pimpin klasemen Moto2 2022

Manuver Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) kepada Alonso Lopez (CAG Speed Up) di Sirkuit Silverstone, Inggris, membuat penonton berdecak kagum. Persaingan ketat dan overtake pada putaran akhir balap Moto2 mengingatkan pada persaingan ketat antara Alex Rins dan Marc Marquez tahun 2019.

Meski sedikit berbeda, persaingan kedua pembalap Moto2 itu patut diacungi jempol. Saat chequered flag berkibar, jarak mereka sangat tipis, yakni 0,070 detik. Bagaimana performanya di Sirkuit Silverstone? Simak terus artikel ini, ya!

1. Dua hari pertama Augusto Fernandez 

Augusto Fernandez Kudeta Puncak Klasemen Moto2 Milik Celestino ViettiAugusto Fernandez (instagram.com/augustofernandez37)

Performa Augusto Fernandez sangat gemilang dari hari pertama rangkaian GP Silverstone. Ia bersaing ketat dengan pembalap tuan rumah, yaitu Jake Dixon.

Pembalap bernomor 37 itu selalu tampil sebagai dua pembalap tercepat pada setiap sesi: free practice dan kualifikasi. Catatan waktu 2 menit 04.103 detik berhasil membawa Fernandez memulai balapan sebagai polesitter. Diikuti oleh Joe Roberts dan Ai Ogura di tempat ke-2 dan ke-3.

2. Pertarungan ketat balapan Moto2 

Augusto Fernandez Kudeta Puncak Klasemen Moto2 Milik Celestino ViettiAugusto Fernandez (instagram.com/augustofernandez37)

Setelah lampu hijau menyala, tikungan pertama adalah kesempatan bagi para pembalap merangsek ke barisan depan. Alonso Lopez yang juga tampil impresif pimpin balapan meski memulai start dari urutan kedelapan. 

Di sisi lain, Fernandez tercecer ke urutan empat beberapa putaran awal. Sembilan putaran terakhir, Fernandez berhasil mengikuti Lopez di urutan kedua. Fernandez menunggu kesempatan terbaik untuk menyalip dan kesempatan itu terjadi pada putaran akhir balapan.

Saat balapan tersisa tiga putaran, pembalap Red Bull KTM Ajo itu menyalip Lopez. Posisi itu terus ia pertahankan hingga menyentuh garis finis.

Baca Juga: 5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022

3. Kudeta pimpinan klasemen 

Augusto Fernandez Kudeta Puncak Klasemen Moto2 Milik Celestino ViettiCelestino Vietti (instagram.com/_celin13_)

Saat Fernandez merayakan kemenangan ketiga beruntunnya, Celestino Vietti harus merelakan posisinya diambil alih oleh Fernandez. Pasalnya, anak didik Valentino Rossi itu hanya finis di urutan keenam.

Ia memulai start dari urutan ke-11 ditambah lagi hukuman long laps penalty yang membuat balapannya semakin berat. GP Silverstone memang bukan hari baik bagi Vietti. Saat ini Fernandez memimpin klasemen Moto2 dengan 171 poin diikuti oleh Ai Ogura di tempat kedua dengan 158 poin. Sementara itu, Vietti berada di tempat ketiga dengan 157 poin.

4. Catatan rekor baru 

Augusto Fernandez Kudeta Puncak Klasemen Moto2 Milik Celestino ViettiAugusto Fernandez (instagram.com/redbull_ktm_ajo)

Kemenangan Augusto Fernandez di Silverstone jadi catatan rekor terbaru. Pada tahun 2012, Pol Espargaro jadi nama terakhir yang meraih kemenangan yang sebelumnya juga memulai start dari pole position di Sirkuit Silverstone.

Kemenangan Fernandez membuat namanya setara dengan Pol Espargaro. Ia meraih kemenangan setelah memulai start sebagai polesitter.

5. Pujian Aki Ajo 

Augusto Fernandez Kudeta Puncak Klasemen Moto2 Milik Celestino ViettiAugusto Fernandez (instagram.com/augustofernandez37)

Sebagai pemilik tim Red Bull KTM Ajo, Aki Ajo memuji performa pembalapnya itu. Ajo melihat bahwa performanya sangat impresif sejak hari pertama gelaran MotoGP Silverstone.

“Aku senang dengan konsistensinya. Balapan tentu bukan hal mudah baginya. Namun, manuver pada putaran terakhirnya sangat kuat,” kata Ajo dikutip Speedweek.

 

Tim Red Bull KTM Ajo mendapat dukungan penuh dari pabrikan KTM. Sebagai tim pembibitan, tentu para pembalap KTM Ajo punya kesempatan diproyeksikan ke kelas utama MotoGP. Apakah Augusto Fernandez punya kesempatan membalap di kelas MotoGP?

Baca Juga: Pembalap Moto2 Asal Italia Tak Pernah Menang di Silverstone, Kutukan?

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya