Fabio Quartararo Mendapat Durian Runtuh kendati Sulit Menyusul

Berupaya mengurangi kesalahan saat balapan

Pembalap Prancis terakhir kali memboyong kemenangan di negaranya sendiri pada 1954. Pembalapnya ialah Pierre Monneret.

Sementara, pada seri ketujuh MotoGP 2022 di Sirkuit Le Mans, Fabio Quartararo memiliki target untuk memecahkan catatan itu. Sayangnya, mimpi tersebut gagal diwujudkan El Diablo akhir pekan lalu, Minggu (15/05/2022). Juara dunia MotoGP 2021 itu harus puas finis di urutan keempat.

1. Fabio Quartararo sudah mengemas tiga podium 

Fabio Quartararo Mendapat Durian Runtuh kendati Sulit MenyusulFabio Quartararo (instagram.com/yamahamotogp)

Fabio Quartararo memulai debut MotoGP 2022 tidak sesuai ekspektasi. Pada seri perdana di Qatar, ia hanya mampu finis di posisi kesembilan.

Ia mulai menunjukan kualitasnya sebagai juara dunia MotoGP 2021 saat balapan berlangsung di Indonesia. Podium kedua di belakang Miguel Oliviera adalah podium pembuka El Diablo musim ini.

Setelah GP Indonesia, performanya kembali turun. Quartararo finis di urutan kedelapan di Argentina dan urutan ketujuh di Amerika Serikat.

Fabio Quartararo kembali menemukan kepercayaan diri saat MotoGP melakukan tur Eropa. Ia mencicipi kemenangan pertamanya musim ini di Portugal. Penampilan ciamik itu berlanjut di Spanyol. Ia finis kedua di belakang Francesco Bagnaia.

2. Performa Fabio Quartararo terbilang ciamik di Prancis 

Fabio Quartararo Mendapat Durian Runtuh kendati Sulit MenyusulFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Pembalap 23 tahun itu tampil impresif sejak sesi latihan bebas. Dari empat sesi, El Diablo selalu menjadi lima pembalap tercepat. Hanya sesi latihan bebas kedua (FP2) ia terlempar ke posisi enam waktu gabungan hari pertama.

Pada sesi FP4, ia berhasil keluar sebagai pembalap tercepat. Hasil itu memboyongnya lolos ke kualifikasi kedua (Q2). Saat melakoni Q2, ia mencatatkan waktu 1 menit 30,609 detik. Pembalap Monster Energy Yamaha itu tertinggal 0,238 detik dari Francesco Bagnaia yang meraih pole position.

Baca Juga: Fabio Quartararo Tantang Francesco Bagnaia di Sirkuit Le Mans 

3. Fabio Quartararo merupakan pembalap favorit di Sirkuit Le Mans 

Fabio Quartararo Mendapat Durian Runtuh kendati Sulit MenyusulFabio Quartararo (instagram.com/yamahamotogp)

Juara dunia MotoGP 2021 itu menjadi salah satu pembalap favorit yang digadang-gadang akan meraih kemenangan. Kendati tidak memulai dari grid terdepan, ia punya kecepatan yang cukup konsisten sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Sayangnya, ia tidak memulai balapan dengan baik. Quartararo disusul beberapa pembalap dan terlibat pertarungan sengit pada lap awal. Hal itu membuatnya kesulitan untuk mendekati grup terdepan.

4. Fabio Quartararo kesulitan menyalip lawan

Fabio Quartararo Mendapat Durian Runtuh kendati Sulit MenyusulFabio Quartararo (instagram.com/yamahamotogp)

Pada saat balapan, Fabio Quartararo mengaku kesulitan untuk menyalip lawan. Ia sudah berjuang semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan. 

Pembalap Prancis itu memang kesulitan, tetapi ia beruntung. Quartararo mendapat keberuntungan itu dari tiga pembalap yang terjatuh.

“Saya sama sekali tidak merasa senang dengan balapan. Saya melihat tiga tabrakan di depan saya. Jadi, posisi saya sebenarnya bukan urutan keempat, tetapi lebih jauh ke belakang,” ucap Quartararo dikutip Crash.

5. Enea Bastianini merupakan favorit juara dunia 

Fabio Quartararo Mendapat Durian Runtuh kendati Sulit MenyusulFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Hasil balapan di Prancis masih menempatkan Fabio Quartararo sebagai pemimpin klasemen. Ia diikuti Aleix Espargaro di posisi kedua dan Enea Bastianini di urutan ketiga. 

Kendati demikian, Quartararo mengakui performa Enea Bastianini. Menurutnya, Bastianini adalah sosok pembalap favorit penantang gelar juara dunia musim ini. Pembalap Italia itu satu-satunya pembalap yang telah mengemas tiga kemenangan.

“Tidak, sejauh ini saya bukan favorit. Hal yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan tidak membuat kesalahan,” kata Quartararo dikutip Crash.

Fabio Quartararo memang tidak berhasil menorehkan catatan impresif di Sirkuit Le Mans, Prancis. Pembalap Monster Energy Yamaha itu harus fokus untuk mengurangi kesalahan pada tiap sesi balapan. Mampukah Fabio Quartararo meraih kemenangan pada seri selanjutnya di Sirkuit Mugello? Layak ditunggu!

Baca Juga: Lin Jarvis Terkejut Fabio Quartararo Bisa Puncaki Klasemen Sementara

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya