5 Kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Makin Trengginas!

Pembalap dengan kemenangan terbanyak tahun ini

Francesco Bagnaia kembali menambah poin setelah berhasil mengemas kemenangan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (21/8/2022). Fabio Quartararo menempati posisi kedua sementara Jack Miller di posisi ketiga.

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu sendiri sudah mengoleksi lima kemenangan di MotoGP 2022. Ia meninggalkan Fabio Quartararo dan Enea Bastianini yang baru mengoleksi tiga kemenangan musim ini.

Berikut sederet kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022. Penasaran? Lanjut terus, yuk!

1. Sirkuit Jerez, Spanyol 

5 Kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Makin Trengginas!Francesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Kemenangan pertama Francesco Bagnaia ia rengkuh di Sirkuit, Jerez, Spanyol. Lima seri sebelumnya, performa runner-up MotoGP 2021 itu naik-turun. Kemenangan di Jerez jadi kemenangan pertama sekaligus podium pertamanya musim ini.

Sejak hari pertama gelaran GP Jerez, Pecco mendominasi beberapa sesi latihan bebas dan kualifikasi hingga menyabet pole position. Kondisi itu pun berlanjut pada sesi balapan. 

Anak didik Valentino Rossi itu memimpin balapan sejak lampu hijau menyala. Hingga menyentuh garis finis, dominasi Pecco tak terganggu para pembalap di belakangnya. Ia meninggalkan Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro di tempat kedua dan ketiga.

2. Sirkuit Mugello, Italia 

5 Kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Makin Trengginas!Francesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Seri ketujuh MotoGP di Sirkuit Mugello, Italia, menandai kemenangan kedua Francesco Bagnaia pada 2022. Ia berhasil mengasapi Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro di belakang.

Momen tersebut merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu Bagnaia. Sebab, selama berkiprah di kelas utama MotoGP, ia tak pernah meraih kemenangan sebagai pembalap tuan rumah. 

Sirkuit Mugello merupakan basis penggemar Valentino Rossi. Kemenangan Pecco di sana membuat para penggemar riuh. Sebab, Pecco adalah salah satu bagian dari akademi bentukan Rossi. Pada sesi wawancara, Pecco mengatakan bahwa kemenangan tersebut adalah kemenangan bagi akademi VR46.

Baca Juga: Hasil MotoGP Austria: Francesco Bagnaia Menang Lagi

3. Sirkuit Assen, Belanda 

5 Kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Makin Trengginas!Francesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Sirkuit Assen, Belanda, merupakan salah satu sirkuit favorit Francesco Bagnaia. Saking sukanya, Bagnaia punya tato di lengan kanan bergambar layout lintasan Assen.

Pada gelaran penutup paruh pertama MotoGP 2022, Pecco meraih kemenangan ketiganya musim ini. Ia ditemani Marco Bezzecchi dan Maverick Vinales di atas podium kedua dan ketiga.

4. Sirkuit Silverstone, Inggris 

5 Kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Makin Trengginas!Francesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Sirkuit Silverstone menandai gelaran paruh musim kedua MotoGP 2022. Usai berlibur, para pembalap kembali ke garasi untuk kembali menggeber motor di atas lintasan.

Pada balapan itu, Francesco Bagnaia meraih kemenangan back to back setelah GP Assen. Padahal ia tak menduga dirinya bisa menang di sana karena berbagai kendala yang dialaminya selama sesi latihan bebas dan kualifikasi. 

Secara mengejutkan, ia berhasil meraih kemenangan. Meski sempat bertarung dengan Maverick Vinales pada dua putaran terakhir, Pecco berhasil mengamankan posisinya hingga akhir balapan. 

5. Sirkuit Red Bull Ring, Austria 

5 Kemenangan Francesco Bagnaia di MotoGP 2022, Makin Trengginas!Francesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Francesco Bagnaia kembali melanjutkan tren positif ketika berhasil memenangi balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Jack Miller merupakan satu-satunya pembalap yang berhasil menekan pembalap Italia itu selama balapan berlangsung setelah Enea Bastianini terperosok ke gravel. 

Di sisi lain, juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo, mulai mendekat menjelang akhir balapan. Saat tiga putaran akhir, ia pun berhasil menyusul Jack Miller di tempat kedua dan mendekati posisi Bagnaia di tempat pertama. Namun, posisi tak berubah hingga akhir balapan.

Bagnaia pun tak menutupi kebahagian setelah kemenangan itu. Sebab, tiga kemenangan beruntun ini adalah pengalaman pertamanya selama berkarier di kelas utama MotoGP.

“Aku tidak pernah meraih tiga kemenangan beruntun dan itu membuat aku senang. Aku berkembang berkat tim, keluarga, dan VR46. Aku harus banyak belajar untuk mencapat level pembalap terbaik,” kata Pecco dikutip MotoGP.

Francesco Bagnaia berhasil memangkas selisih poinnya dengan Fabio Quartararo yang bercokol di puncak klasemen pembalap menjadi 44 poin. Sedangkan, dengan Aleix Espargaro, selisihnya jadi dua belas poin. Dengan sisa tujuh seri tersisa, apakah Francesco Bagnaia bisa meraih kemenangan pada seri berikutnya? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Marquez: Bagnaia Sosok Kunci Perebutan Gelar MotoGP 2022

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya