Miguel Oliveira Penasaran dengan Performa Motor RS-GP di COTA

Optimistis bisa mengaspal di Amerika Serikat

Miguel Oliveira harus mengubur mimpi naik ke atas podium pada seri perdana MotoGP 2023 di Sirkuit Algarve, Portugal, pada 26 Maret 2023. Sebagai pembalap tuan rumah, ia sebenarnya berharap mendapat hasil maksimal. Namun, Oliveira terlibat kecelakaan saat balapan baru berjalan tiga putaran.

Insiden tersebut berbuntut panjang. Alih-alih berburu podium di Argentina, Miguel Oliveira justru terpaksa istirahat akibat cedera tendon kaki kanan. Namun, menjelang GP Amerika Serikat pada 14—16 April ini, ia berharap dapat membalikkan momentum dengan hasil positif.

1. Miguel Oliveira tampil garang di atas Aprilia RS-GP 

Miguel Oliveira Penasaran dengan Performa Motor RS-GP di COTAAprilia RS-GP Miguel Oliveira (instagram.com/rnfracingofficial)

Ada enam nama pembalap yang membelot ke pabrikan lain pada 2023. Mereka adalah Jack Miller, Joan Mir, Alex Rins, Alex Marquez, Miguel Oliveira, dan Raul Fernandez.

Miguel Oliveira juga salah satu pembalap yang membelot ke pabrikan lain. Ia pindah dari KTM ke Aprilia.

Oliveira punya perkembangan yang signifikan di antara beberapa pembalap lain. Tak butuh waktu lama baginya bertarung di jajaran lima besar. Pada sesi sprint race, pembalap bernomor 88 itu berhasil finis di urutan ke-4.

2. Cedera tendon kaki kanan 

Miguel Oliveira Penasaran dengan Performa Motor RS-GP di COTAMiguel Oliveira dan Marc Marquez (instagram.com/rnfracingofficial)

Kecelakaan Miguel Oliveira pada sesi main race terjadi karena tertabrak motor Marc Marquez yang kehilangan kendali. Pada tayangan ulang MotoGP, Marquez terlihat menabrak samping motor RS-GP milik Oliveira.

Akibat insiden itu, Oliveira terpental dari motor. Ia dan Marquez tak bisa melanjutkan balapan. Sementara itu, Jorge Martin yang ikut melebar berhasil masuk kembali ke lintasan dan melanjutkan balapan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kedua pembalap yang terlibat insiden mengalami cedera. Oliveira mengalami cedera tendon pada kaki kanan, sementara Marquez harus masuk ke ruang operasi karena mengalami patah tulang metakarpal.

Baca Juga: Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP Portugal

3. Miguel Oliveira menunggu hasil tes kesehatan menjelang GP Austin

Miguel Oliveira Penasaran dengan Performa Motor RS-GP di COTAMiguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Miguel Oliveira dipastikan merapat ke Circuit of the Americas (COTA), Amerika Serikat. Meski begitu, penggawa CryptoData RNF MotoGP Team ini harus melewati tes kesehatan sebelum turun balap.

Dilansir MotoGP, tes kesehatan akan dilaksanakan pada Kamis (14/4/2023). Razlan Razali selaku team principle RNF berharap Oliviera segera pulih.

4. Miguel Oliveira optimistis bisa turun membalap

Miguel Oliveira Penasaran dengan Performa Motor RS-GP di COTAMiguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Miguel Oliveira melewatkan 3 balapan berupa 2 main race dan 1 sprint race akibat cedera. Ia mengaku tak sabar kembali membalap. Oliveira ingin bersaing di lintasan.

“Aku senang bisa terbang ke Texas. Aku ingin tahu bagaimana performa motor ini di COTA,” kata Oliveira dikutip Speedweek.

5. Mengejar poin maksimal

Miguel Oliveira Penasaran dengan Performa Motor RS-GP di COTAMiguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Melewatkan tiga balapan tentu membuat Miguel Oliveira kehilangan kesempatan mendulang poin. Meski masih ada 38 balapan tersisa musim ini, ia ingin mendulang poin di COTA. Targetnya adalah mendulang poin dari dua balapan: sprint race dan main race

“COTA bukan trek yang muda bagiku. Aku ingin memulai membalikkan keadaan dimulai dengan akhir pekan yang kuat. Alangkah baik jika aku bisa mendulang poin pada balapan sprint dan balapan Minggu,” pungkas Oliveira. 

Gelaran GP Austin berlangsung pada 14–16 April 2023. Miguel Oliveira berharap mampu mengeluarkan seluruh potensinya untuk mengejar ketertinggalan.

Baca Juga: Marc Marquez: Yang Terpenting Miguel Oliveira Baik-baik Saja

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya