Comscore Tracker

Nomor Sakral Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari Kejuaraan MotoGP

Dorna membekukan nomor 46 dari kejuaraan MotoGP

Sosok The Doctor sangat identik dengan MotoGP kendati dirinya telah memutuskan pensiun. Pembalap yang identik dengan nomor 46 itu adalah salah satu legenda hidup MotoGP.

Karier panjang dan sarat prestasi menjadikan sosoknya patut mendapat penghargaan. Pada GP Mugello tanggal 27—29 Mei 2022 bertajuk Gran Premio d’Italia Oakley, nomor 46 milik Valentino Rossi akan dipensiunkan dari kejuaraan MotoGP. Bagaimana faktanya, simak terus artikel ini, ya!

1. The Doctor memulai karier sejak tahun 1996 

Nomor Sakral Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari Kejuaraan MotoGPValentino Rossi (instagram.com/motogp)

Pembalap Italia itu memutuskan pensiun saat kariernya menginjak 25 tahun di ajang balapan MotoGP. Pembalap asal Tavullia itu dikenal sebagai sosok yang ramah dan riang. Ia memulai karier di kelas utama MotoGP pada tahun 2000.

Juara dunia pertama diraihnya pada tahun 2001 bersama Honda. Hingga akhir musim 2003, Rossi dan Honda selalu jadi juara dunia. Tahun 2004, The Doctor memutuskan untuk bergabung dengan tim Yamaha. Ia kembali mencatatkan namanya kembali dalam daftar juara dunia MotoGP. Bersama Yamaha, ia mengamankan titel juara tahun 2004, 2005, 2008, dan 2009.

2. Sosok pembalap penghibur 

Nomor Sakral Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari Kejuaraan MotoGPValentino Rossi (instagram.com/motogp)

Tidak dimungkiri bahwa sosok The Doctor adalah sosok yang riang dan ceria. Sifat itu membuatnya mudah akrab dengan rekan sesama pembalap hingga sosok public figure di berbagai belahan dunia. Di dalam video dokumenter MotoGP, banyak sosok yang memberikan salam perpisahan selepas The Doctor memutuskan pensiun.

Keanu Reeves, Ronaldo, Javier Zanetti, Tom Cruise, Gianluigi Buffon, dan nama lainnya mengucapkan salam perpisahan untuk sosok Valentino Rossi. Dukungan dari berbagai kalangan itu tentu dapat menginterpretasikan sosok pembalap Tavullia itu.

Baca Juga: Motivasi Enea Bastianini Ikuti Jejak Valentino Rossi

3. Warna kuning dan nomor 46 adalah representasi Valentino Rossi 

Nomor Sakral Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari Kejuaraan MotoGPValentino Rossi (instagram.com/motogp)

Nomor 46 adalah nomor sakral. Dilansir Monster Energy, Valentino Rossi mengatakan bahwa itu adalah cara untuk para penggemar mengenalinya selama balapan. Sejak mengaspal, ia tidak pernah mengganti nomor balapnya.

The Doctor kerap melihat alasan di balik kecintaan anak kecil terhadap nomor 46 adalah karena warnanya kuning. Warna kuning dan nomor 46 tidak dipisahkan karena hal itu merepresentasikan banyak hal tentang sosoknya selama mengaspal di kejuaraan MotoGP.

4. Sirkuit Mugello salah satu lintasan favorit Valentino Rossi 

Nomor Sakral Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari Kejuaraan MotoGPValentino Rossi (instagram.com/valeyellow46)

Salah satu sirkuit favorit pembalap Italia itu adalah Sirkuit Mugello, Italia. Ia secara gamblang menyatakan bahwa sirkuit itu sangat melelahkan dan sangat menakutkan karena menuntut pembalap untuk tampil sangat cepat. Hal itu juga disampaikan oleh Loris Capirossi. Ia mengatakan bahwa di sana kamu balapan lebih cepat dari kondisi normal. 

Konsep tempat duduk amfiteater membuat atmosfer penonton sangat berbeda. Basis pendukung The Doctor di sana sangat besar. Juara dunia sembilan kali itu mengatakan bahwa di sana para penonton sangat gila. Saat ke luar lintasan, para pendukung akan segera menghampirinya untuk foto bersama atau berusaha mengambil topi yang ia gunakan.

“Ini adalah pertarungan. Pertarungan di luar lintasan,” ucap Rossi dilansir Monster Energy.

5. Nomor 46 akan dipensiukan dari MotoGP 

Nomor Sakral Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari Kejuaraan MotoGPValentino Rossi (instagram.com/motogp)

Sebagai bentuk penghormatan kepada sang Legenda, Dorna akan membekukan nomor 46. Penganugerahan simbolis itu akan dilakukan di tempat favorit dan basis terbesar para pendukungnya, yaitu Sirkuit Mugello, Italia.

Acara itu akan berlangsung pada hari Sabtu (28/05/2022) sebelum sesi kualifikasi. Dilansir website resmi MotoGP, juara dunia sembilan kali itu akan hadir dalam acara penganugerahan tersebut.

 

Sosok Valentino Rossi tidak asing di telinga. The Doctor selalu tampak ceria di setiap balapan. Itulah alasan kenapa sosoknya sangat lekat dengan penggemar MotoGP. Valentino Rossi adalah sosok yang tepat didapuk sebagai salah satu legenda MotoGP. Grazie Vale!

Baca Juga: 5 Alasan Valentino Rossi Masih Ditunggu Khalayak MotoGP

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya