Comscore Tracker

Perangkat Elektronik Jadi Penyebab Aleix Espargaro Masuk ke Garasi

Kembali fokus mengejar balapan di Sirkuit Buriram, Thailand

Aleix Espargaro harus mengubur mimpinya bersaing bersama grup terdepan pada gelaran MotoGP di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (25/9/2022) siang WIB. Setelah memulai balapan dari paddock, ia hanya mampu finis di urutan ke-16 dan tak membawa satupun poin.

Padahal, kecepatan yang ia miliki cukup mumpuni untuk bersaing dan memperebutkan podium di sana. Dengan hasil ini, posisi Aleix Espargaro dalam tabel klasemen sementara tetap berada di urutan ketiga. Namun, jaraknya dengan Fabio Quartararo yang berada di puncak klasemen pun kian menjauh. 

Simak rangkuman performa Aleix Espargaro pada gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Motegi berikut ini, yuk! 

1. Sesi latihan bebas dan kualifikasi 

Perangkat Elektronik Jadi Penyebab Aleix Espargaro Masuk ke GarasiAleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Berbekal podium ketiga di Sirkuit Aragon, Spanyol, akhir pekan lalu, Minggu (18/9/2022), Aleix menatap gelaran MotoGP 2022 Jepang dengan sangat percaya diri. Ia mengawali sesi latihan bebas (free practice) FP1 dan FP2 dengan sangat apik hingga membawanya lolos langsung ke sesi kualifikasi (qualification) Q2. 

Di tengah hujan deras yang mengguyur lintasan balap pada sesi Q2, Aleix mencatatkan waktu cukup gemilang. Pembalap asal Spanyol tersebut tercatat sebagai pembalap keenam tercepat sesi tersebut dengan torehan waktu 1 menit 55,771 detik.

2. Sesi pemanasan (warm up lap/WUP) 

Perangkat Elektronik Jadi Penyebab Aleix Espargaro Masuk ke GarasiAleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Setelah diguyur hujan deras sehari sebelumnya, cuaca cerah menyelimuti gelaran sesi pemanasan (WUP) pada Minggu pagi. Momen itu tak disia-siakan oleh pembalap untuk mencari kesempatan menyusun strategi terbaik pada sesi balapan.

Aleix Espargaro menyelesaikan sesi tersebut di urutan 10 besar. Catatan waktu 1 menit 45,584 detik membawanya menjadi pembalap kedelapan tercepat; tertinggal 0,499 detik dari Jorge Martin yang keluar sebagai pembalap tercepat pada sesi tersebut. 

Baca Juga: Sirkuit Motegi Jepang Hujan Deras, Akun MotoGP Panggil Mbak Rara 

3. Start dari paddock 

Sayangnya, nasib buruk menimpa Pak RT Andorra menjelang balapan dimulai. Saat putaran warm up, pembalap Aprilia tersebut mengalami kendala mesin sehingga tak bisa menggeber motornya lebih dari 100km/jam.

Aleix memutuskan masuk ke dalam garasi untuk menukar motornya. Meski begitu, tak ada alasan untuk menunda start balapan. Ia pun memulai balapan dari garasi dan tentunya setelah semua pembalap memulai balapan. Mau tak mau, ia start dari urutan paling buncit. 

4. Alasan di balik keputusan Aleix Espargaro 

Perangkat Elektronik Jadi Penyebab Aleix Espargaro Masuk ke GarasiAleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Keputusan yang diambil oleh Aleix tersebut bukan tanpa sebab. Teknisi Aprilia tak menonaktifkan perangkat elektoronik fuel-saving mapping. Perangkat tersebut merupakan perangkat yang mengatur pemetaan hemat bahan bakar.

Maka dari itu, motornya terkunci dan tak bisa membalap di atas 100km. Meski sudah mencoba berbagai opsi sebelum memutuskan masuk ke garasi, permasalahan yang ia rasakan itu tak bisa terselesaikan sehingga ia mengambil keputusan untuk masuk ke paddock

“Aku lelah, semua orang lelah, tapi itulah tugas kami. Ini adalah kesalahan yang bisa terjadi di mana saja,” kata Aleix dikutip Speedweek.

5. Balapan sulit 

Perangkat Elektronik Jadi Penyebab Aleix Espargaro Masuk ke GarasiAleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Dengan kondisi seperti itu, tak mudah bagi Aleix untuk mengejar pembalap di depannya. Terlebih ia menggunakan komponen ban lunak yang notabene tak sesuai dengan karakter membalapnya. Pembalap berumur 33 tahun itu pun mengatakan bahwa dirinya sangat gugup sehingga membuatnya banyak melakukan kesalahan. 

Akumulasi dari berbagai kendala yang ia dapatkan tersebut membuatnya hanya bisa finis di urutan ke-16. Pencapaian yang jauh dari ekspektasinya memulai gelaran MotoGP di daratan Asia-Pasifik. 

Meski begitu Aleix mengakui bahwa kesalahan tersebut adalah hal yang wajar. Maka dari itu, fokusnya saat ini adalah mengejar kemenangan pada gelaran MotoGP 2022 seri berikutnya di Sirkuit Buriram, Thailand, Minggu (2/10/2022). Mampukah Aleix Espargaro membayar kesalahannya?

Baca Juga: Klasemen Pembalap MotoGP Jelang GP Motegi, Marquez Jadi Kuda Hitam

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya