Ramalan Alex Criville Menjelang MotoGP Argentina

Peta persaingan MotoGP Argentina

Menatap seri ketiga MotoGP 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, pada 1—3 April 2022, sejumlah pembalap ketar-ketir. Hal itu disebabkan oleh penundaan latihan bebas karena keterlambatan logistik kargo yang tertahan di Kenya.

Biasanya, agenda latihan bebas dilaksanakan dua hari sebelum sesi balapan. Hari pertama (Jumat), para pembalap melakukan sesi FP1 dan FP2. Keesokan harinya, mereka menjalani FP3, FP4, Q1, dan Q2. Namun, MotoGP Argentina mengalami perubahan jadwal. Para pembalap memulai sesi latihan bebas pada Sabtu (2/4/2022).

Kondisi itu tentu membuat para pembalap bereaksi. Terlepas dari itu, Alex Criville, legenda MotoGP era 500cc, memberikan pandangan dan prediksi menjelang seri ketiga MotoGP di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

1. Sirkuit Termas de Rio Hondo

Ramalan Alex Criville Menjelang MotoGP Argentinastart MotoGP Argentina tahun 2018 (instagram.com/pramacracing)

Sirkuit yang berada di Argentina ini sudah 2 tahun tidak masuk dalam kalender MotoGP. Itu karena pandemik COVID-19. MotoGP hanya dapat menggelar balapan di Eropa.

Terlepas dari fakta itu, Criville menjelaskan bahwa kondisi itu seharusnya tidak memengaruhi balapan akhir pekan ini. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tata letak Sirkuit Termas de Rio Hondo memiliki karakter yang tidak jauh berbeda, terutama dengan Sirkuit Pertamina Mandalika, apalagi bagian akhir sektor.

2. Honda kelimpungan

Ramalan Alex Criville Menjelang MotoGP ArgentinaPol Espargaro (instagram.com/hrc_motogp)

Juara dunia enam kali kelas utama MotoGP, Marc Marquez, sudah dipastikan absen karena sedang menjalani proses pemulihan cedera. Kondisi itu diakibatkan oleh insiden tunggal yang dialaminya saat sesi pemanasan (WUP) menjelang balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika Indonesia.

“Honda meraih empat podium tertinggi di Argentina, tiga di antaranya milik Marc Marquez. Hanya Pol Espargaro opsi utama yang mampu bersaing di depan dengan performa apiknya podium di MotoGP Qatar,” ujar Criville dikutip Speedweek.

Kendati begitu, Honda akan tetap berjuang dengan tiga pembalapnya, Alex Marquez, Stefan Bradl, dan Pol Espargaro. Namun, pantauan terbaru laman Instagram MotoGP, kabar baik datang dari pembalap Honda lain. Takaaki Nakagami yang dinyatakan negatif COVID-19.

Menurut Lucio Cecchinello, awal minggu, Takaaki Nakagami dinyatakan positif COVID-19. Namun, setelah melakukan tes ulang setiap 2 hari, Nakagami dinyatakan negatif dan sudah terbang ke Argentina. Takaaki Nakagami kemungkinan akan tiba tepat waktu sebelum agenda MotoGP dimulai.

Baca Juga: 9 Potret Keseruan Pembalap MotoGP Menjelang Seri Kedua di Indonesia

3. Potensi Ducati

Ramalan Alex Criville Menjelang MotoGP ArgentinaDelapan pembalap yang mengisi skuad Ducati pada gelaran MotoGP 2022. (Instagram.com/ducaticorse)

Di antara delapan pembalap Ducati, hanya Enea Bastianini dan Johann Zarco yang berhasil memperlihatkan taringnya pada dua seri awal MotoGP. Enea Bastianini podium satu di Qatar dan Johann Zarco podium ketiga di Indonesia.

Runner-up MotoGP tahun lalu, Francesco Bagnaia, belum memperlihatkan performa terbaiknya pada 2022 ini. Menurut Criville, Francesco Bagnaia harus bangkit dan mengeluarkan potensi maksimalnya di atas motor Ducati.

4. Performa gila Red Bull KTM

Ramalan Alex Criville Menjelang MotoGP ArgentinaMiguel Oliviera (instagram.com/88migueloliveira)

Performa gila dari duo pembalap Red Bull KTM, Brad Binder dan Miguel Oliviera, diperlihatkan pada dua seri pembuka MotoGP 2022. Tidak ada yang menduga kedua pembalap itu tampil kompetitif dengan podium kedua di Qatar oleh Brad Binder dan podium pertama di Indonesia oleh Miguel Oliviera.

Kedua pembalapnya tampil kompetitif pada dua seri pembuka, Criville mengatakan bahwa mereka memiliki potensi untuk berkembang. Tentunya dengan gaya balap masing-masing yang unik.

Pabrikan KTM telah melakukan banyak perubahan pada RC16, terutama bagian sasis. Pemain kunci pengembangan motor disematkan kepada Dani Pedrosa.

Menurut Criville, Pedrosa merupakan sosok kunci pengembangan motor KTM. Ia melakukan pekerjaan yang baik dan pekerjaan itu diterima oleh para pembalap. “Di balik tim yang baik, mereka memiliki test rider yang baik,” ujar Criville dikutip Speedweek.

5. Pujian untuk Fabio Quartararo

Ramalan Alex Criville Menjelang MotoGP ArgentinaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Juara bertahan MotoGP, Fabio Quartararo, mengawali musim dengan penampilan buruk. Ia hanya mampu finis di urutan ke-9 pada seri MotoGP Qatar.

Pandangan itu dipatahkan oleh Fabio Quartararo pada seri kedua MotoGP di Indonesia. Ia berhasil meraih pole position dan podium kedua di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Alex Criville memuji performa Fabio Quartararo di Indonesia, terlebih saat itu balapan hujan. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Sirkuit Termas de Rio Hondo memiliki karakter yang tidak jauh berbeda dengan Sirkuit Pertamina Mandalika.

Ia meyakini bahwa Yamaha mampu menampilkan potensinya seratus persen. “Yamaha siap kembali menang,” ujar Criville dikutip Speedweek.

Menurutmu siapa yang bakal bersinar? Mampukah Fabio Quartararo tampil kompetitif di Sirkuit Termas de Rio Hondo?

Baca Juga: Kesaksian Alex Rins saat Motornya Terbakar di MotoGP Mandalika

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya