5 Senjata Rahasia Aprilia Racing di MotoGP 2023, Bikin Merinding!

Aprilia akhirnya meluncurkan livery baru

Bertempat di Sirkuit Algarve, Portugal, tim Aprilia Racing merilis livery musim 2023 pada Jumat (10/3/2023). Warna hitam masih menjadi pilihan utama tim asal Noale itu, ditambah dengan warna merah dan putih sebagai aksen di beberapa bagian motor. Kombinasi ketiga warna yang diaplikasikan pada motor Aprilia RS-GP23 itu memberikan kesan garang.

Tak dimungkiri jika Aprilia tak lagi bisa dianggap remeh setelah perjuangan keras Aleix Espargaro memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2022. Ia bertarung hebat bersama Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, dan Enea Bastianini.

Di balik kesuksesan Aprilia, ada lima nama yang menjadi andalan tim menatap MotoGP 2023. Siapa saja mereka?

1. Massimo Rivola

5 Senjata Rahasia Aprilia Racing di MotoGP 2023, Bikin Merinding!Massimo Rivola (motogp.com)

Kedatangan Massimo Rivola dari Formula 1 membawa angin segar bagi tim Aprilia. Jabatan CEO yang ia pangku membuatnya mampu mengubah cara kerja tim yang menurutnya kurang baik.

Aprilia telah melepas status konsensi usai kemenangan dan podium yang mereka raih musim lalu. Dalam wawancara kepada MotoGP, Rivola mengaku sudah tak sabar menunggu musim 2023 dimulai.

Menurutnya, perubahan format dengan tambahan sprint race membuat tim harus bekerja ekstra. Meski demikian, ia dan timnya telah siap menghadapi tantangan baru dan berharap dapat meraih hasil lebih baik musim ini.

2. Romano Albesiano - The Professor

5 Senjata Rahasia Aprilia Racing di MotoGP 2023, Bikin Merinding!Romano Albesiano (motogp.com)

Di balik keperkasaan RS-GP22 musim lalu, ada salah satu nama yang berpengaruh. Ia adalah Romano Albesiano, tecnical director Aprilia. Sosok yang dikenal sebagai The Professor ini berhasil membuat motor RS-GP tampil beringas.

Menatap musim baru, Romano mengaku seluruh anggota tim telah bekerja maksimal pada musim dingin. Ditambah lagi dengan dukungan tim satelit (RNF MotoGP Team), ia yakin seluruh anggota tim dapat memaksimalkan data yang mereka miliki untuk mampu bersaing kembali di jajaran tim terdepan.

Baca Juga: Dukungan Keluarga Bikin Aleix Espargaro Terharu, Inspiratif!

3. Aleix Espargaro

5 Senjata Rahasia Aprilia Racing di MotoGP 2023, Bikin Merinding!Aleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Sejak 2017, Aleix Espargaro menjadi pembalap utama Aprilia. Berkat konsistensi dan kesabarannya, ia dapat membawa tim Noale merayakan kemenangan pertama di kelas premier. 

Ia merupakan sosok yang tak kenal kata menyerah dan selalu berjuang meraih hasil positif di tiap balapan. Pembalap berjuluk El Capitan ini optimis jika seluruh anggota tim akan kembali bersenang-senang pada 2023. 

"Format baru sprint race pada Sabtu menuntut persiapan lebih matang. Aku sudah mempersiapkan diri. Aku yakin, kita bisa bersenang-senang tahun ini," kata Aleix dikutip MotoGP.

4. Maverick Vinales

5 Senjata Rahasia Aprilia Racing di MotoGP 2023, Bikin Merinding!Maverick Vinales (instagram.com/maverick12official)

Nama lain yang patut disegani ialah Maverick Vinales. Pembalap berjuluk Top Gun ini telah memperlihatkan potensinya di atas motor RS-GP dengan meraih 1 podium kedua dan 2 podium ketiga musim lalu. 

Saat menjajal prototipe teranyar, Vinales mengaku sangat senang. Beberapa kekurangan yang ia rasakan pada musim lalu telah diperbaharui dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

"Aku sudah tidak sabar. Waktu istirahat cukup menyegarkan, tetapi saat ini aku hanya ingin kembali ke lintasan," lanjut Vinales.

5. Lorenzo Savadori

5 Senjata Rahasia Aprilia Racing di MotoGP 2023, Bikin Merinding!Lorenzo Savadori (instagram.com/sava32)

Lorenzo Savadori adalah pembalap uji coba tim Aprilia. Mengemban tugas sebagai test rider tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, ia dituntut untuk mampu menerjemahkan keinginan pembalap yang berkompetisi.

Menariknya, meskipun bekerja di bawah tekanan, ia selalu memberikan potensi terbaik bagi tim dengan penuh keceriaan. Maka, wajar jika ia dijuluki The Smile.

Kelima nama di muka adalah representif tim Aprilia Racing. Kendati demikian, patut diingat bahwa kesuksesan tim ditentukan oleh berbagai pihak yang terlibat mengembangkan potensi RS-GP23.

Baca Juga: Ducati Favorit di MotoGP 2023, Aprilia Bisa Beri Kejutan

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya