Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!

Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo tampil dominan

Sejak tur Eropa, Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia tampil sangat dominan di MotoGP 2022. Kendati demikian, Aleix Espargaro dan Johann Zarco juga kerap membayangi persaingan kedua pembalap itu.

Jika dibandingkan dengan Francesco "Pecco" Bagnaia, Aleix dan Zarco sebenarnya lebih berpeluang dalam perebutan gelar juara dunia. Sebab, mereka sangat konsisten mengisi urutan lima besar pada tiap balapan musim ini.

Dalam artikel sebelumnya, sudah dibahas lima seri MotoGP di Qatar, Indonesia, Argentina, Amerika Serikat, dan Portugal. Ini sisa enam seri paruh pertama MotoGP 2022 di Eropa.

1. GP Jerez 

Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, dan Aleix Espargaro (instagram.com/motogp)

Sirkuit Jerez, Spanyol, jadi tuan rumah MotoGP seri keenam pada 30 April 2022. Untuk pertama kalinya musim ini, Francesco Bagnaia berdiri di atas podium tertinggi. Runner-up MotoGP 2021 itu mengasapi Fabio Quartararo di posisi kedua.

Aleix Espargaro meraih podium ketiga untuk kedua kalinya secara beruntun. Itu sekaligus menandai lepasnya status konsesi tim Aprilia untuk 2023. Pembalap Spanyol itu sendiri jadi satu-satunya pembalap yang membawa Aprilia naik ke atas podium.

Usai GP Jerez, paddock MotoGP gempar dengan kabar niat hengkangnya Suzuki pada akhir musim 2022. Bahkan, para penggawa Suzuki Ecstar pun kebingungan dengan keputusan tersebut.

2. GP Prancis 

Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!Enea Bastianini, Jack Miller, dan Aleix Espargaro (instagram.com/motogp)

Balapan ketujuh MotoGP berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada 15 Mei 2022. Pada balapan itu, Enea Bastianini mengunci kemenangan ketiganya musim ini setelah bertarung dengan Francesco Bagnaia.

Pembalap Italia itu harus gigit jari. Pecco kehilangan kendali motornya dan harus keluar balapan lebih cepat. Posisi kedua pun jadi milik Jack Miller, yang diikuti Aleix Espargaro di tempat ketiga.

3. GP Italia  

Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!Francesco Bagnaia (instagram.com/motogp)

Sebagai pembalap tuan rumah, Francesco Bagnaia tampil apik di Sirkuit Mugello, Italia, pada 29 Mei 2022. Kendati memulai balapan dari barisan kedua, Bagnaia meninggalkan para pembalap sejak awal balapan.

Fabio Quartararo mengintil di belakang Pecco dengan selisih 0,635 detik. Sedangkan, posisi ketiga menjadi milik Aleix Espargaro.

Podium ketiga itu menandai podium keempat Aleix secara beruntun selama 2022. Ia jadi satu pembalap yang konsisten meraih podium.

Baca Juga: 3 Pembalap MotoGP Ini Layak Dipuji Usai Tampil Trengginas di Portimao

4. GP Catalunya 

Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!Fabio Quartararo, Jorge Martin, dan Johann Zarco (instagram.com/motogp)

Sebagai pembalap tuan rumah, Aleix Espargaro tampil impresif sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi. Saat membalap di Sirkuit Catalunya 5 Juni 2022, penampilannya sangat apik. Sayangnya, ia melakukan blunder.

Aleix melakukan selebrasi saat balapan masih menyisakan satu putaran. Jorge Martin dan Johann Zarco meraih keuntungan dari kejadian itu. Mereka berhasil naik podium kedua dan ketiga karena blunder Aleix.

Kemenangan di Sirkuit Catalunya jatuh kepada Fabio Quartararo. Ia meninggalkan pembalap di belakangnya cukup jauh dengan selisih 6,473 detik.

5. GP Jerman 

Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!Fabio Quartararo, Johann Zarco, dan Jack Miller (instagram.com/motogp)

Fabio Quartararo menjadi pembalap pertama yang meraih dua kemenangan beruntun pada 2022. Kemenangan di Sachsenring pada 19 Juni 2022 sekaligus menegaskan dirinya sebagai pemuncak klasemen pembalap. Ia meninggalkan Aleix Espargaro di posisi kedua dengan selisih 34 poin. 

Di sisi lain, podium kedua di Sachsenring menjadi milik rekan senegara Quartararo, Johann Zarco. Sedangkan, tempat ketiga menjadi lahan Jack Miller dari Ducati Lenovo.

6. GP Belanda 

Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, dan Maverick Vinales (instagram.com/motogp)

Mengejar tempat pertama, Fabio Quartararo malah tertimpa sial di Sirkuit Assen, Belanda, pada 26 Juni 2022. Saat masuk tikungan lima, Quartararo kehilangan grip ban hingga terlempar ke gravel saat hendak menyusul Aleix Espargaro. 

Quartararo sendiri menggiring Aleix ke sisi lintasan akibat benturan motor. Namun, pembalap nomor dua dalam urutan klasemen MotoGP itu mampu melanjutkan balapan dari urutan ke-15. Ia juga berhasil finis di posisi ke-4. 

Sementara itu, Francesco Bagnaia kembali ke tangga tertinggi podium MotoGP 2022. Pecco memang tampil apik sejak awal gelaran GP Belanda sehingga menyabet pole position.

Podium kedua dan ketiga di Belanda diisi wajah baru. Marco Bezzecchi (2) dan Maverick Vinales (2) baru sekali naik podium musim ini. 

Bezzecchi menjadi rookie pertama musim ini yang naik ke atas podium. Di sisi lain, Vinales sebenarnya kerap tampil di atas podium dalam beberapa musim terakhir. Namun, ia baru naik podium bersama Aprilia saat di Assen.

Balap motor di Assen menandai akhir paruh musim pertama MotoGP 2022. Balapan akan kembali digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 5—7 Agustus 2022. Selama 1 bulan ke depan, para pembalap memiliki waktu untuk beristirahat.

Baca Juga: Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya