Marc Marquez Absen, Stefan Bradl dan Pol Espargaro Siap Tampil Garang

Serba-serbi Repsol Honda selepas ditinggal Marc Marquez

Melalui siaran resmi bersama Alberto Puig, Sabtu (28/5/2022), Marc Marquez mengatakan bahwa dirinya akan menjalani operasi keempat tulang humerus kanan. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu akan menjalani operasi di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Repsol Honda juga belum dapat memastikan kapan juara dunia enam kali MotoGP itu akan kembali ke lintasan MotoGP. Untuk sementara waktu, posisi kosong tim Repsol Honda akan diisi oleh Stefan Bradl yang merupakan test rider Honda.

1. Marc Marquez operasi keempat tulang humerus kanan 

Marc Marquez Absen, Stefan Bradl dan Pol Espargaro Siap Tampil GarangMarc Marquez (instagram.com/hrc_motogp)

Marc Marquez sangat kesulitan setiap raceweek MotoGP. Ia kerap merasakan sakit saat mengendarai RC213V sehingga tidak dapat tampil maksimal pada setiap balapan. 

Marquez berkonsolidasi dengan dokter dan tim terkait kondisinya. Dengan berbagai pertimbangan, pembalap Spanyol itu memutuskan untuk kembali ke meja operasi. Hingga batas waktu yang belum dapat dikonfirmasi, Marquez akan fokus menjalani program pemulihan agar bisa kembali ke arena balap secepat mungkin.

2. Dukungan pembalap untuk pemulihan Marc Marquez 

Marc Marquez Absen, Stefan Bradl dan Pol Espargaro Siap Tampil GarangMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Dukungan untuk kesembuhan Marc Marquez muncul dari berbagai pihak. Rekan sesama pembalap pun turut mendukung keputusan yang diambil oleh Marquez. Aleix Espargaro dan Alex Criville menyampaikan dukungannya untuk The Baby Alien. Selain itu, dukungan juga disampaikan oleh pembalap Honda lainnya, yakni Pol Espargaro dan Stefan Bradl.

“Saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Marc dengan kondisinya saat ini. Ia selalu menjadi referensi dan rival yang hebat untuk dimiliki,” kata Pol Espargaro dikutip Motogp.Hondaracingcorporation.

Baca Juga: Masuk Ruang Operasi, Marc Marquez Dapat Dukungan Para Pembalap Honda

3. Stefan Bradl akan menggantikan Marc Marquez 

Marc Marquez Absen, Stefan Bradl dan Pol Espargaro Siap Tampil GarangStefan Bradl dan Marc Marquez (instagram.com/stefanbradl6)

Kursi kosong Repsol Honda akan diisi oleh Stefan Bradl. Tidak diketahui sampai kapan ia menggantikan posisi Marc Marquez. Tahun ini, Bradl sudah tiga kali mengaspal sebagai pembalap pengganti dan pembalap wild card.

Kala itu Marquez sedang dalam proses pemulihan penglihatan ganda, buntut insiden highside di Sirkuit Pertamina Mandalika. Bradl menggantikan Marc Marquez pada seri ketiga GP Argentina. Test rider Honda itu finis di urutan ke-19. Selain Argentina, Bradl juga membalap di Sirkuit Jerez. Sayangnya, ia tidak melihat chequered flag

“Aku ingin mendoakan yang terbaik untuk Marc dengan operasi dan pemulihannya. Aku yakin bahwa dengan Honda dan tim kami, mari kita lihat apa yang dibawa akhir pekan ini,” kata Bradl dikutip MotoGP.

4. Pengalaman Stefan Bradl di Sirkuit Catalunya 

Marc Marquez Absen, Stefan Bradl dan Pol Espargaro Siap Tampil GarangStefan Bradl (instagram.com/stefanbradl6)

Stefan Bradl menjalani musim perdana di kelas utama MotoGP tahun 2012. Sejak tahun 2012—2016, ia tidak pernah absen dari balapan di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Lima tahun menjajal Sirkuit Catalunya sebagai pembalap reguler, finis terbaiknya adalah urutan kelima pada tahun 2013 dan 2014. Kala itu Bradl berseragam LCR Honda. Ia kembali menjajal Sirkuit Catalunya pada tahun 2020 sebagai test rider Honda. Ia finis di urutan ke-17.

5. Pol Espargaro tuan rumah GP Catalunya 

Marc Marquez Absen, Stefan Bradl dan Pol Espargaro Siap Tampil GarangPol Espargaro (instagram.com/polespargaro)

Sebagai salah satu pembalap tuan rumah, Pol Espargaro akan tampil all-out. Pembalap bernomor 44 itu tumbuh dan berkembang di sekitar Sirkuit Catalunya. Sejak mengaspal di kelas utama, finis terbaiknya adalah urutan kelima pada tahun 2016.

“Aku tahu bahwa fans tuan rumah akan memacu kepercayaan diri selama akhir pekan. Aku datang dengan motivasi agar mencapai apa target kami,” ucap Pol Espargaro dikutip Motogp.Hondaracingcorporation.

 

Keputusan istirahat yang dipilih Marc Marquez tentu sudah dipertimbangkan bersama tim Repsol Honda. Stefan Bradl dan Pol Espargaro akan berjuang semaksimal mungkin meraih poin pada balapan GP Catalunya. Mampukah mereka tampil all out di sana?

Baca Juga: Mengenal Stefan Bradl, Test Rider Andalan Honda Pengganti Marc Marquez

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya