Tony Arbolino Garang, Ai Ogura Kasih Jalan Augusto Fernandez

Pertarungan sengit gelaran Moto2 di Sepang

Tony Arbolino mengukuhkan dirinya sebagai juara Moto2 di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Minggu (23/10/2022). Torehan ini menjadi catatan kemenangan ketiganya musim ini setelah GP Amerika dan GP Thailand.

Tempat kedua jadi milik Alonso Lopez yang mendapat keuntungan usai jatuhnya Ai Ogura di tikungan ke-9 saat bertarung ketat dengan Tony Arbolino pada putaran terakhir balapan. Insiden itu juga mampu dimanfaatkan Jake Dixon yang naik ke atas podium ketiga.

Berikut beberapa catatan balapan Moto2 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

1. Kemenangan fantastis Tony Arbolino 

Tony Arbolino Garang, Ai Ogura Kasih Jalan Augusto FernandezTony Arbolino (instagram.com/tony_arbolino)

Tony Arbolino memulai balapan dari grid kedua di Sepang. Saat lampu hijau menyala, ia langsung memimpin balapan, diikuti oleh Ogura di tempat kedua. Tak dimungkiri jika mereka tampil begitu mendominasi.

Tiap putaran, jarak mereka berdua dengan pembalap di posisi ketiga terus menjauh. Meskipun demikian, Ogura baru mulai menyerang Arbolino di putaran ke-13. 

Kondisi itu berlangsung selama satu putaran hingga ia berhasil kembali memimpin balapan saat Ogura melebar pada lap berikutnya. Posisi itu bertahan hingga chequered flag berkibar.

2. Ketidaksabaran Ai Ogura di Sepang, Malaysia 

Tony Arbolino Garang, Ai Ogura Kasih Jalan Augusto FernandezAi Ogura (instagram.com/aiogura79)

Ai Ogura merupakan pesaing terkuat Augusto Fernandez dalam perebutan gelar juara dunia Moto2 2022. Usai GP Australia, Ogura memimpin klasemen pembalap dengan 242 poin. Selisihnya dengan Fernandez hanya 3,5 poin.

Pada gelaran balapan MotoGP di Sepang, Ai Ogura tampil begitu meyakinkan. Ia berhasil menjadi pembalap tercepat pada sesi kualifikasi kedua (Q2). 

Sayangnya, torehan itu tak mampu dikonversi menjadi kemenangan. Meskipun tampil dominan bersama Arbolino, Ogura melakukan blunder hingga membuatnya gagal menyentuh garis finis. Saat mencoba menyusul Arbolino di tikungan kesembilan pada putaran terakhir balapan, daya cengkeram ban depan miliknya yang sudah menurun menjadi penyebab ia tersungkur ke gravel.

Baca Juga: Pedro Acosta Bisa Bantu Augusto Fernandez Rebut Gelar Moto2

3. Perebutan podium kedua dan ketiga 

Tony Arbolino Garang, Ai Ogura Kasih Jalan Augusto FernandezAugusto Fernandez (instagram.com/augustofernandez37)

Di barisan kedua, ada empat nama yang bertarung memperebutkan podium terakhir. Mereka adalah Alonso Lopez, Manuel Gonzalez, Jake Dixon, dan Augusto Fernandez.

Keempat pembalap itu bertarung ketat bahkan hingga saling beradu sikut seperti aksi yang diperlihatkan Jake Dixon dan Augusto Fernandez. Meskipun demikian, tak dimungkiri bahwa persaingan keempat pembalap ini sangat seru. Namun, akibat insiden Ogura, ada dua nama yang merebut podium.

4. Tujuh pembalap gagal finis 

Tony Arbolino Garang, Ai Ogura Kasih Jalan Augusto FernandezPedro Acosta (instagram.com/37pedroacosta)

Ada 29 nama pembalap yang bertarung pada gelaran Moto2 di Sirkuit Sepang. Meskipun demikian, ada tujuh nama yang gagal menyentuh garis finis. 

Insiden pertama melibatkan empat pembalap, yakni Somkiat Chantra, Pedro Acosta, Alessandro Zaccone, dan David Sanchis. Mereka berempat terlibat insiden di putaran pertama. Sementara itu, ada nama Celestino Vietti, Joe Roberts, dan Ai Ogura yang ikut gagal menyentuh garis finis.

5. Augusto Fernandez kudeta Ai Ogura 

Tony Arbolino Garang, Ai Ogura Kasih Jalan Augusto FernandezAi Ogura (instagram.com/aiogura79)

Di tengah persaingan ketatnya dalam perebutan gelaran juara dunia pembalap, sekecil apa pun poin sangat krusial. Akibat insiden yang dialami oleh Ai Ogura, Fernadez menyusul torehan poin Ogura.

Selisih poin kedua pembalap itu menjadi 9,5 poin usai gelaran Grand Prix Malaysia. Dengan sisa satu balapan terakhir musim ini, mereka tentu akan mengerahkan seluruh kemampuan agar bisa merebut gelar juara dunia Moto2 2022. 

Gelaran terakhir Moto2 2022 akan berlangsung di Sirkuit Valencia, Spanyol, pada 6 November 2022. Balapan tersebut menjadi balapan penentu pertarungan sengit Augusto Fernandez dengan Ai Ogura.

Lantas, siapa yang akan mengukuhkan diri sebagai juara dunia Moto2 2022 di sana? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Augusto Fernandez Debut di MotoGP 2023, Formasi KTM Komplet

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya