Comscore Tracker

Lolos ke SF, 5 Fakta Menarik Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020

Sejarah baru telah tercipta #IDNTimesSport #Tokyo2020

Satu-satunya ganda putri Indonesia yang tersisa, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sukses menjejaki babak semi final di Olimpiade Tokyo 2020. Ganda putri terbaik Indonesia ini mampu membungkam pasangan China, Du Yue/Li Yinhui di babak delapan besar, Kamis (29/7/2021).

Greysia dan Apriyani menang melalui perjuangan tiga set dengan skor 21-15, 20-22, dan 21-17. Dengan hasil ini, tim bulu tangkis Indonesia masih berpeluang meraih medali dari sektor ganda putri.

Melaju ke babak empat besar, berikut 5 fakta menarik Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Pasangan tertua dan termuda di sektor ganda putri

Lolos ke SF, 5 Fakta Menarik Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020potret atlet ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/greyspolii)

Salah satu fakta menarik dari pasangan ganda putri Indonesia ini adalah kombinasi usia dari mereka berdua. Greysia Polii yang sudah berusia 33 tahun ini berpasangan dengan Apriyani Rahayu yang terpaut 11 tahun lebih muda darinya. Greysia lahir di tahun 1987 sedangkan Apriyani lahir di tahun 1998.

2. Debut Apriyani di Olimpiade

Lolos ke SF, 5 Fakta Menarik Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020potret atlet ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/greyspolii)

Baru pertama kali mengikuti Olimpiade, Apriyani Rahayu berhasil mencatat sejarah bagi ganda putri bulu tangkis Indonesia. Atlet kelahiran 29 April 1998 ini sukses menjejak babak empat besar di Olimpiade Tokyo 2020 bersama seniornya, Greysia Polii.

Sementara Olimpiade Tokyo 2020 ajang ketiga bagi Greysia Polii. Di setiap ajang Olimpiade, Greysia selalu berpasangan dengan atlet yang berbeda. Dari ketiga Olimpiade yang sudah diikutinya, ini adalah prestasi terbaiknya karena berhasil menembus babak semi final.

Baca Juga: Gregoria Tantang Ratchanok Intanon di 16 Besar Olimpiade Tokyo

3. Kalahkan ganda putri terbaik dunia setelah 8 kali kalah beruntun

Lolos ke SF, 5 Fakta Menarik Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020potret atlet ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/greyspolii)

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berada di Grup A pada babak penyisihan grup. Sama-sama mengantongi dua kali kemenangan, Greysia/Apriyani menantang ganda putri terbaik dunia asal tuan rumah, Sayaka Hirota/Yuki Fukushima untuk penentuan juara grup.

Head to head keduanya adalah 8-2 untuk kemenangan pasangan Jepang. Greysia/Apriyani selalu kalah di 8 kali pertemuan terakhir mereka. Secara mengejutkan, Greysia/Apriyani berhasil mematahkan rekor buruk tersebut melalui pertarungan tiga set dan keluar sebagai juara Grup A.

4. Sejarah baru ganda putri Indonesia di Olimpiade

Lolos ke SF, 5 Fakta Menarik Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020aksi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/badminton.ina)

Kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di babak delapan besar ini merupakan sejarah baru bagi ganda putri Indonesia sepanjang sejarah keikutsertaannya di Olimpiade. Greysia/Apriyani menjadi ganda putri Indonesia pertama yang sukses menjejaki babak empat besar di Olimpiade.

Greysia/Apriyani menang atas pasangan China, Du Yue/Li Yinhui melalui pertarungan ketat tiga set dengan skor 21-15, 20-22, dan 21-17.

5. Tantang Korea di semi final

Lolos ke SF, 5 Fakta Menarik Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo 2020aksi atlet ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/greyspolii)

Setelah sukses menyingkirkan pasangan China, Greysia dan Apriyani akan berhadapan dengan ganda putri Korea, Lee So Hee dan Shin Seung Chan di semi final Olimpiade Tokyo 2020.

Pertandingan babak empat besar sektor ganda putri ini akan berlangsung pada hari Sabtu, (31/7/2021).

Itulah kelima fakta menarik Greysia Polii dan Apriyani Rahayu setelah berhasil memecahkan rekor lolos ke semi final Olimpiade Tokyo 2020. Kita doakan pasangan ini mampu membawa pulang medali emas ke Indonesia, ya!

Baca Juga: Daftar Atlet Bulu Tangkis Peraih Emas di Ajang Olimpiade, Legenda Nih!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya