Comscore Tracker

Libas Malaysia, 5 Fakta Kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020

Selanjutnya bertemu dengan tuan rumah, Denmark!

Piala Thomas 2020 sudah mulai memasuki babak semifinal. Turnamen beregu putra ini telah menyelesaikan babak perempat final di Aarhus, Denmark, pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Tim Piala Thomas Indonesia memastikan diri melaju ke babak semifinal setelah menang 3-0 atas Malaysia. Berikut lima fakta kemenangan tim Thomas Indonesia atas Malaysia.

1. Duel ke-18 bagi kedua tim

Libas Malaysia, 5 Fakta Kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, saat tampil di Thomas Cup 2020. (instagram.com/bwf.official)

Tim Indonesia sudah sering bertemu dengan tim Malaysia di turnamen beregu. Pertandingan di Piala Thomas 2020 pada babak delapan besar ini adalah duel ke-18 bagi kedua tim.

Skuad merah putih unggul head to head dengan 12 kali kemenangan atas negeri jiran tersebut. Kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 ini sekaligus mendomiasi keunggulan dari rekor pertemuan kedua tim.

2. Malaysia belum bisa revans dari Piala Thomas 2018

Libas Malaysia, 5 Fakta Kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, saat tampil di Thomas Cup 2020. (instagram.com/bwf.official)

Tim Thomas Indonesia sempat bertemu Malaysia pada Piala Thomas 2018. Saat itu, tim Indonesia juga menurunkan skuad yang hampir sama dengan Piala Thomas 2020 ini.

Indonesia menang pada babak perempat final Piala Thomas 2020 dengan skor 3-0. Sementara, pada 2018, Malaysia sempat mencuri satu poin dari Indonesia dengan skor 3-1.

Baca Juga: Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Thomas, Jumpa Denmark

3. Balas dendam Ginting dan Minions di Piala Sudirman 2021

Libas Malaysia, 5 Fakta Kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, saat tampil di Thomas Cup 2020. (instagram.com/bwf.official)

Sebelumnya, tim Indonesia juga bertemu dengan tim Malaysia pada turnamen Piala Sudirman 2021. Sayangnya, tim Indonesia harus takluk dengan skor 2-3. Dua partai pertama justru lepas setelah Anthony Sinisuka Ginting dan Marcus/Kevin harus kalah dari lawan.

Kedua partai itu kembali terjadi pada babak delapan besar Piala Thomas 2020. Anthony dan Kevin/Marcus sama-sama menang dan berhasil menyumbang dua poin untuk skuad Merah Putih.

Ginting menang atas Lee Zii Jia dengan skor 21-15 dan 21-17. Sedangkan, Marcus/Kevin harus berjuang dengan tiga set untuk memastikan kemenangan atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 21-17, 16-21, dan 21-15.

4. Ajang pembuktian Jonatan sebagai penentu

Libas Malaysia, 5 Fakta Kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, saat tampil di Thomas Cup 2020. (instagram.com/bwf.official)

Pada tunggal putra kedua, Indonesia menurunkan Jonatan Christie yang dipercaya untuk bisa meraih poin pada partai ketiga. Beberapa kali dimainkan, Jonatan cukup membuat kecewa ketika harus kalah oleh pemain yang jauh berada di bawahnya.

Namun, tidak untuk perempat final Piala Thomas 2020 ini. Meskipun harus kehilangan set pertama, Jonatan mampu memaksa terjadinya rubber dan memastikan tim Indonesia melaju ke semifinal.

Jonatan menang dengan skor 14-21, 21-19, dan 21-16 atas Ng Tze Yong. Kemenangan Jonatan ini membawa Indonesia menang 3-0 atas tim Thomas Malaysia.

5. Hadapi Denmark di semifinal

Libas Malaysia, 5 Fakta Kemenangan Indonesia di Thomas Cup 2020Tim Thomas Indonesia di Thomas Cup 2020. (instagram.com/badmintom.ina)

Pada babak delapan besar lainnya, tim Thomas Denmark juga sudah memastikan diri lolos ke babak empat besar Piala Thomas 2020. Tim tuan rumah ini menang atas tim India dengan skor 3-1.

Indonesia sudah menunggu Denmark pada semifinal Piala Thomas 2020. Sedangkan, pada semifinal lain akan mempertandingkan Jepang dan Tiongkok.

Itulah lima fakta kemenangan tim Indonesia atas Malaysia pada babak delapan besar Piala Thomas 2020. Semoga bisa terus memberikan yang terbaik, ya!

Baca Juga: 9 Prestasi Shesar Hiren, Pahlawan Indonesia di Piala Thomas

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya