5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Gelar Korea Open Terakhir

Akankah ada sosok juara baru? 

Korea Open diselenggarakan pertama kali pada tahun 1991. Sejak tahun 2018, turnamen ini merupakan bagian dari BWF Tour Super 500.

Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia, Korea Open tidak digelar. Sebelum dihelat lagi tahun ini, Korea Open terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2019. Indonesia sudah pernah meraih gelar di semua sektor. 

Berikut daftar peraih gelar Korea Open terakhir dari Indonesia. 

1. Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Gelar Korea Open Terakhirpotret Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putra Indonesia (instagram.com/sinisukanthony)

Anthony Sinisuka Ginting pernah berada di podium tertinggi pada turnamen Korea Open. Tunggal putra andalan Indonesia ini sukses meraih gelar Korea Open tahun 2017

Menariknya, di tahun 2017 itu terjadi all Indonesian final di sektor tunggal putra. Ginting menang melalui pertarungan tiga set dengan skor ketat 21-13, 19-21 dan 22-20 atas rekannya sendiri, Jonatan Christie. 

2. Tunggal putri: Susy Susanti

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Gelar Korea Open Terakhirpotret Susy Susanti (instagram.com/susysusantiofficial)

Dari sektor tunggal putri, Susy Susanti masih tetap menjadi yang terbaik. Susy pernah meraih gelar Korea Open pada tahun 1995.

Sampai saat ini, belum ada lagi tunggal putri Indonesia yang berhasil meraih gelar Korea Open. Bahkan, untuk tahun ini juga tidak ada wakil dari sektor tunggal putri. 

Baca Juga: Jadwal Final Korea Open 2022: Indonesia Punya Kans Bawa 2 Gelar

3. Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Gelar Korea Open Terakhirpotret Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putra Indonesia (instagram.com/rianardianto)

Pada gelaran Korea Open 2019, Indonesia berhasil meraih satu gelar di sektor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses meraih gelar turnamen Super 500 tersebut. 

Ganda putra andalan Indonesia itu kini berpeluang kembali meraih gelar Korea Open. Fajar/Rian akan melawan pasangan tuan rumah Korea Selatan, Kang Minhyuk/Seo Seungjae, di laga final Korea Open 2022.

4. Ganda putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Gelar Korea Open Terakhirpotret Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (djarumbadminton.com)

Dari sektor ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari masih menjadi satu-satunya pasangan yang berhasil meraih gelar Korea Open. Saat itu, Greysia/Nitya merupakan pasangan ganda putri terbaik yang dimiliki Indonesia. 

Greysia/Nitya meraih gelar Korea Open pada tahun 2015. Sampai saat ini, belum ada pasangan ganda putri Indonesia yang berhasil meraih gelar Korea Open lagi.

5. Ganda campuran: Praveen Jordan/Debby Susanto

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Peraih Gelar Korea Open Terakhirpotret Praveen Jordan/Debby Susanto (djarumbadminton.com)

Gelar Korea Open juga pernah dirasakan oleh pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto. Ganda campuran Indonesia itu meraih gelar Korea Open di tahun 2017.

Saat itu, Praveen/Debby menang atas pasangan China, Wang Yilyu/Huang Dongping di laga final. Setelahnya, mereka belum pernah lagi mencicipi gelar juara turnamen ini.

Di Korea Open 2022 ini, Indonesia meloloskan dua wakil terbaiknya ke partai final. Kita doakan semoga berbuah gelar, ya! 

Baca Juga: [BREAKING] Panas di Akhir, Jonatan Christie Tembus Final Korea Open 2022

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya