5 Fakta Pemain Tuan Rumah Indonesia Masters 2023

Langsung terjadi laga derbi pada babak pertama!

Baru awal tahun 2023, Indonesia sudah kebagian jatah menggelar perhelatan turnamen BWF. Turnamen tersebut adalah Indonesia Masters 2023.

Indonesia Masters 2023 akan dimulai pada hari, Selasa (24/1/2023) hingga hari, Minggu (29/1/2023). Turnamen ini berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Indonesia.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan semua pemain terbaiknya. Di antaranya ada pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu.

Indonesia Masters 2023 sendiri dimulai dengan babak kualifikasi yang berlangsung pada hari pertama. Intip sederet fakta menarik lainnya dari pemain Indonesia pada turnamen BWF Super 500 ini lewat ulasan berikut, yuk!

1. Indonesia turunkan 30 wakil

5 Fakta Pemain Tuan Rumah Indonesia Masters 2023Greg

Indonesia sebagai tuan rumah pada ajang Indonesia Masters 2023 tentu ingin menampilkan yang terbaik. Sebanyak 30 wakil Merah Putih akan berjuang untuk bisa meraih gelar pada turnamen BWF Super 500 ini.

Berikut skuad lengkap pemain Indonesia di Indonesia Masters 2023:

Tunggal putra:
Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Shesar Hiren Rhustavito, Tommy Sugiarto, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, dan Christian Adinata.

Tunggal putri:
Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Ganda putra:
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani, dan Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat.

Ganda putri:
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Lanny Tria Mayasar/Ribka Sugiarto, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allesya Rose, Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa, dan Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani.

Ganda campuran:
Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami, dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata.

2. Ada enam wakil menjadi pemain unggulan

5 Fakta Pemain Tuan Rumah Indonesia Masters 2023Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu (instagram.com/badminton.ina)

Dari 30 wakil Indonesia yang akan bertanding, enam di antaranya berstatus sebagai pemain unggulan Indonesia Masters 2023. Berikut daftar lengkapnya:

  • Tunggal putra: Jonatan Christie [4] dan Anthony Sinisuka Ginting [5]
  • Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto [1] dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan [3]
  • Ganda putri: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu [7]
  • Ganda campuran: Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari [7]

Baca Juga: Momentum Ginting dan Jonatan Juara Indonesia Masters 2023

3. Sebanyak 10 wakil berjuang dari babak kualifikasi

5 Fakta Pemain Tuan Rumah Indonesia Masters 2023Christian Adinata (instagram.com/badminton.ina)

Bukan hanya berstatus unggulan, wakil tuan rumah juga ada yang harus berjuang dari babak kualifikasi. Babak kualifikasi ini dimulai pada hari pertama. Berikut daftar lengkapnya:

  • Tunggal putra: Tommy Sugiarto, Christian Adinata, dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.
  • Tunggal putri: Putri Kusuma Wardani.
  • Ganda putra: Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat.
  • Ganda putri: Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa, Meylisa Trias Puspita Sari/Rachel Allesya Rose, dan Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani.
  • Ganda campuran: Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata.

4. Delapan pasangan memulai babak 32 besar di hari pertama

5 Fakta Pemain Tuan Rumah Indonesia Masters 2023Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (instagram.com/badminton.ina)

Selain memainkan babak kualifikasi, Indonesia Masters 2023 juga mempertandingkan babak pertama untuk sektor ganda putra dan putri. Sebanyak delapan pasangan ganda wakil tuan rumah akan bertanding pada babak pertama Indonesia Masters 2023.

Dari kedelapan pasangan tersebut, dua di antaranya harus saling berhadapan untuk merebutkan tiket ke babak kedua. Berikut daftarnya:

  • Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani vs. Ruben Jille/Ties Van Der Lecq (Belanda)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs. Jin Yong/Na Sung Seung (Korea Selatan)
  • Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs. Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan)
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs. Akira Koga/Taichi Saito (Jepang)
  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs. Li Wen Mei/Liu Xuan Xuan (China)
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs. Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol (Korea Selatan)

5. Tahun lalu Indonesia raih satu gelar

5 Fakta Pemain Tuan Rumah Indonesia Masters 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Pada Indonesia Masters 2022, Indonesia berhasil meraih satu gelar melalui sektor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mempersembahkan gelar satu-satunya bagi tuan rumah kala itu.

Selain itu, Indonesia juga membawa satu gelar runner-up dari sektor ganda putri. Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu juga melaju ke babak final sebelum akhirnya kalah atas pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Hari pertama Indonesia Masters 2023 dimulai dari babak kualifikasi pada pukul 08.00 WIB dengan menggunakan tiga lapangan. Semoga seluruh wakil Indonesia yang terjun di ajang ini mampu sapu bersih kemenangan, ya!

Baca Juga: 5 Lawan Ganda Putra Indonesia di Babak Pertama Indonesia Masters 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya