5 Ganda Putra Indonesia yang Meraih Gelar BWF Sepanjang Tahun 2022

Tanpa Minions dan Daddies, nih!

Rangkaian turnamen BWF tahun 2022 ini sudah berakhir. BWF World Tour Finals 2022 yang merupakan rangkaian penutup akhir tahun ini, dan sayangnya masih belum berpihak kepada para wakil Indonesia.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Anthony Sinisuka Ginting belum berhasil membawa pulang gelar dari turnamen yang berlangsung di Bangkok, Thailand tersebut. Meski demikian, Indonesia sudah banyak mengoleksi gelar BWF tahun ini.

Terutama dari sektor ganda putra yang paling banyak memberikan gelar BWF untuk Indonesia. Tanpa nama Minions dan Daddies, berikut lima ganda putra Indonesia yang berhasil meraih gelar BWF tahun 2022.

1. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

5 Ganda Putra Indonesia yang Meraih Gelar BWF Sepanjang Tahun 2022Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (instagram.com/bwf.official)

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana secara mengejutkan menciptakan rekornya sendiri pada ajang All England 2022. Ganda putra andalan Indonesia yang merupakan debutan berhasil keluar sebagai juara pada turnamen BWF Super 1000 tersebut.

Fikri/Bagas dua kali mengalahkan seniornya pada laga semifinal dan final. Pada babak semifinal, Fikri/Bagas sukses mengalahkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan pada partai puncak berhasil menaklukkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Ini merupakan gelar satu-satunya Bagas/Fikri di tahun 2022. Bagas/Fikri juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil persembahkan gelar BWF Super 1000 sepanjang tahun ini.

2. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

5 Ganda Putra Indonesia yang Meraih Gelar BWF Sepanjang Tahun 2022Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Meski bukan ganda putra terbaik dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi ganda putra paling sukses sepanjang tahun 2022 ini. Sebanyak empat gelar berhasil diraih oleh pasangan yang menduduki peringkat tiga dunia ini.

Berikut daftar gelar BWF Fajar/Rian pada tahun 2022:

  • Denmark Open (Super 750)
  • Indonesia Masters (Super 500)
  • Malaysia Masters (Super 500)
  • Swiss Open (Super 300)

Tak hanya itu, Fajar/Rian juga mampu menembus partai final sebanyak delapan kali tahun ini. Denmark Open menjadi capaian terbaik Fajar/Rian pada tahun 2022.

Baca Juga: 5 Capaian Terbaik Ahsan/Hendra di Turnamen BWF World Tour Finals

3. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

5 Ganda Putra Indonesia yang Meraih Gelar BWF Sepanjang Tahun 2022Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (instagram.com/badminton.ina)

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses meraih satu gelar BWF di tahun 2022 ini. Ganda putra andalan Indonesia tersebut berhasil naik podium tertinggi pada ajang Singapore Open 2022 yang merupakan turnamen BWF Super 500.

Perjalanan Leo/Daniel menuju final di Singapore Open memang tidak mudah. Dua kali harus menghadapi pasangan China dan dua kali juga berhasil menaklukkan seniornya pada laga semifinal dan final.

4. Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

5 Ganda Putra Indonesia yang Meraih Gelar BWF Sepanjang Tahun 2022Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (instagram.com/pramudyaaa13)

Meski sedang dalam proses pemulihan cedera, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan berhasil meraih satu gelar tahun ini. Bersama dengan pasangannya, Pramudya Kusumawardhana, Yeremia mampu menjadi juara pada ajang Kejuaraan Asia 2022.

Ganda putra andalan Indonesia ini merupakan debutan pada turnamen tahunan tersebut. Pram/Yere berhasil menaklukkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada laga final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022.

5. Pramudya Kusumawardhana/Rahmat Hidayat

5 Ganda Putra Indonesia yang Meraih Gelar BWF Sepanjang Tahun 2022Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardhana (pbsi.id)

Seperti diketahui, Yeremia Rambitan yang merupakan pasangan Pramudya Kusumawardhana masih dalam proses pemulihan. Cedera yang dialaminya saat bertanding di Indonesia Open 2022 membutuhkan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, untuk menjaga performanya, Pramudya dipasangkan dengan Rahmat Hidayat. Tak tanggung-tanggung, duet ganda putra baru ini langsung meraih dua gelar saat bertanding di Malang, Indonesia.

Kedua turnamen tersebut adalah Indonesia International Challenge dan Indonesia Masters Super 100. Meski baru dipasangkan, Pramudya/Rahmat sudah menujukkan chemistry yang sangat baik dengan dua gelar beruntun tersebut.

 

Ganda putra Indonesia memang sangat mendominasi pada tahun 2022 ini. Beberapa di antaranya juga berhasil menciptakan All-Indonesian Final.

Sayangnya, dua ganda putra andalan Indonesia lainnya seperti Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra belum mampu meraih gelar juara di tahun 2022 ini. Semoga tahun depan bisa semakin banyak gelar, ya!

Baca Juga: 5 Momen All-Indonesia Final Ganda Putra di Turnamen Tahun 2022

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya