Jadi Juara Grup C, Ini 3 Fakta Kemenangan Indonesia di TYK Cup 2019

Semangat Indonesia!

Babak akhir penyisihan grup di turnamen Tong Yun Kai Cup 2019 sudah berlangsung pada hari Kamis (21/3). Ada 8 negara sudah dipastikan lolos ke babak quarter final , salah satunya adalah Indonesia.

Menghadapi Thailand di babak akhir penyisihan grup C, Indonesia berhasil menang dengan skor 4-1. Kemenangan ini membawa Indonesia sebagai juara grup C dan Thailand berada di posisi kedua. Sedangkan Srilanka harus tersingkir dari turnamen beregu Asia ini. Berikut 3 fakta kemenangan Indonesia di babak akhir penyisihan grup C.

1. Semua kemenangan diraih dengan dua set langsung

Jadi Juara Grup C, Ini 3 Fakta Kemenangan Indonesia di TYK Cup 2019badmintonindonesia.org

Babak akhir penyisihan grup C menyisakan Indonesia vs Thailand untuk memperebutkan juara dan runner up grup. Berstatus unggulan ketiga, Indonesia berhasil menang dengan skor 4-1 atas Thailand.

Semua kemenangan yang diraih Indonesia itu hanya berlangsung dua set saja. Thailand berhasil meraih satu poin dari sektor tunggal putri. Tunggal putri Indonesia, Fitriani harus menyerah melalui pertarungan tiga set 21-16 17-21 13-21 atas Pornpawee Chochuwong.

Baca Juga: Hasil Lengkap Babak Akhir Penyisihan Grup Tong Yun Kai Cup 2019

2. Strategi yang tepat dengan menurunkan pemain yang berbeda

Jadi Juara Grup C, Ini 3 Fakta Kemenangan Indonesia di TYK Cup 2019instagram.com/badminton.ina

Dilihat dari line up Indonesia vs Thailand, tim Indonesia banyak merubah posisi pemainnya. Berbeda saat melawan Srilanka di laga perdana turnamen Tong Yun Kai Cup yang berlangsung Selasa (19/3) lalu.

Tidak mau kecolongan di ganda putra, Indonesia menurunkan juara Swiss Open 2019, Fajar/Rian yang berhasil meraih poin pertama untuk Indonesia dengan dua set langsung. Di tunggal putra juga Indonesia tidak menurunkan Ihsan melainkan Shesar Hiren Rhustavito yang memang unggul head to head dari pemain Thailand tersebut.

Di ganda putri, Indonesia justru menurunkan Ketut/Rizki yang harus menghadapi pasangan ganda putri terbaik Thailand. Terbukti, Ketut/Rizki mampu meraih kemenangan dengan dua set langsung atas pasangan Thailand.

3. Tontowi/Winny masih jadi andalan di sektor ganda campuran

Jadi Juara Grup C, Ini 3 Fakta Kemenangan Indonesia di TYK Cup 2019badmintonindonesia.org

Dari sektor ganda campuran, Indonesia masih mengandalkan Tontowi Ahmad/Winny Oktaviana Kandow untuk bisa meraih poin bagi Indonesia.

Bermain di partai terakhir, duet pasangan senior-junior Indonesia ini berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan untuk Indonesia dengan mengalahkan pasangan senior Thailand melalui dua set langsung. Tontowi/Winny kembali menyumbangkan poin untuk Indonesia dan membawa Indonesia menjadi juara grup C.

4. Bertemu dengan Singapore di babak QF

Jadi Juara Grup C, Ini 3 Fakta Kemenangan Indonesia di TYK Cup 2019instagram.com/badminton.ina

Berhasil menjadi juara grup, Indonesia akan menghadapi Singapore di babak delapan besar atau quarter fInal. Memasuki babak delapan besar ini sudah mulai memakai sistem knock out atau sistem gugur, dimana tim yang sudah kalah 0-3 duluan harus tersingkir dari turnamen ini.

Seperti yang dikutip dari situs resmi PBSI, Susy Susanti sangat optimis bahwa tim Indonesia mampu melaju hingga babak semifinal seperti target yang telah ditentukan. Jika tim Indonesia lolos ke babak semifinal, Indonesia akan bertemu antara Jepang atau Malaysia.

Baca Juga: 4 Fakta Kemenangan Tim Indonesia di Laga Pertama Tong Yun Kai Cup 2019

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya