Road to Champion Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023, Comeback!

Menangi dua kali laga derbi

Indonesia Masters 2023 resmi berakhir pada, hari Minggu (29/1/2023). Sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil meraih dua gelar juara melalui sektor tunggal putra dan ganda putra pada turnamen yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, tersebut.

All Indonesian final terjadi di sektor tunggal putra. Duel senior junior itu akhirnya dimenangkan oleh Jonatan Christie atas lawannya, Chico Aura Dwi Wardoyo dua set langsung pada turnamen BWF Super 500 ini.

Sukses kunci gelar juara, intip road to champion Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023 melalui ulasan berikut, yuk!

1. Singkirkan wakil Irlandia di babak pertama

Road to Champion Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023, Comeback!Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Jonatan Christie berhadapan dengan wakil Irlandia, Nhat Nguyen, pada babak pertama Indonesia Masters 2023. Kedua pemain belum pernah bertemu sehingga momen ini merupakan pertemuan pertama mereka.

Meski Jonatan lebih diunggulkan, wakil Irlandia tersebut berhasil mengunci kemenangan di set pertama dengan skor tipis, 21-23. Kembali bermain fokus, Jonatan berhasil comeback di dua set selanjutnya dengan skor yang cukup mudah, 21-11 dan 21-6.

2. Menangi laga derbi pada babak kedua

Road to Champion Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023, Comeback!Jonatan Christie (pbsi.id)

Pada babak 16 besar atau babak kedua, Jonatan bertemu dengan tunggal putra Indonesia lainnya, Shesar Hiren Rhustavito. Dengan hasil ini, tuan rumah sudah memastikan satu tiket ke babak delapan besar Indonesia Masters 2023.

Kedua pemain sudah sering bertemu. Head to head keduanya adalah 3-1untuk keunggulan Jonatan. Tak perlu waktu lama, Jonatan yang merupakan unggulan keempat di turnamen ini langsung menang dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-15.

Baca Juga: Penantian Jonatan Christie Terbayar di Indonesia Masters 2023

3. Tundukkan tunggal putra terbaik India di QF

Road to Champion Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023, Comeback!Jonatan Christie (pbsi.id)

Kunci satu tiket di babak delapan besar, Jonatan Christie sudah ditunggu oleh wakil India, Lakshya Sen. Di atas kertas, Jonatan lebih diunggulkan karena menempati posisi keempat. Namun, head to head keduanya adalah 1-0 untuk keunggulan tunggal putra terbaik India tersebut.

Jonatan kalah di set pertama dengan skor 15-21. Tunggal putra andalan tuan rumah ini berhasil bangkit di dua set selanjutnya. Pemain yang akrab disapa Jojo ini melaju ke semifinal setelah menang dengan skor 21-10 dan 21-13.

4. Kerja keras taklukkan wakil China di semifinal

Road to Champion Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023, Comeback!Jonatan Christie (pbsi.id)

Laga semifinal menjadi pertandingan yang paling dramatis bagi Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023. Jonatan harus melawan tunggal putra andalan China, Shi Yu Qi pada babak empat besar Indonesia Masters 2023.

Rekor pertemuan keduanya adalah 5-4 untuk keunggulan Jonatan. Sejak set pertama pertandingan berlangsung sangat ketat. Jojo sukses menguncinya dengan skor 21-13.

Sayangnya, Shi Yu Qi berhasil paksakan rubber set setelah menang dengan skor 15-21. Terjadi kejar-mengejar poin di set penentuan. Tampil ngotot, Jonatan sukses mengunci kemenangan dengan skor tipis 21-19 dalam durasi 1 jam 13 menit.

5. Kembali menangi laga derbi di partai puncak

Road to Champion Jonatan Christie di Indonesia Masters 2023, Comeback!Chico Dwi Wardoyo dan Jonatan Christie bersama pelatih (pbsi.id)

All Indonesian final terjadi di sektor tunggal putra. Dengan hasil ini, Indonesia memastikan satu gelar pada ajang BWF Super 500 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, tersebut.

Jonatan Christie menghadapi Chico Aura Dwi Wardoyo di partai puncak. Ini merupakan pertemuan keempat bagi kedua tunggal putra andalan Indonesia tersebut. Jonatan yang memang lebih difavoritkan unggul head to head dengan skor sempurna, yaitu 3-0.

Jonatan kembali mengalahkan Chico dua set langsung dengan skor 21-15 dan 21-13 dalam durasi 44 menit. Gelar Indonesia Masters 2023 merupakan gelar BWF Super 500 pertama yang berhasil diraih Jonatan. Selamat, Jo!

Baca Juga: Tangis Chico Aura Pecah Usai Kalah dari Jonatan Christie

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya