Alex Marquez Ingin Lepas dari Bayang-bayang Sang Kakak

Tak ingin dianggap sukses berkat Marc Marquez

Alex Marquez punya tim baru untuk MotoGP 2023. Pembalap yang kini membela LCR Honda itu akan memperkuat Gresini Ducati mulai tahun depan.

Bagi Alex, perpindahannya dari Honda ke Ducati cukup membuatnya senang. Dengan begitu, ia bisa punya kesempatan untuk lepas dari bayang-bayang sang kakak, Marc Marquez.

1. Tiga tahun bersama Honda

Alex Marquez Ingin Lepas dari Bayang-bayang Sang KakakMarc Marquez dan Alex Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Alex Marquez pertama kali dipromosikan ke kelas MotoGP pada 2020. Sebagai rookie, Alex cukup beruntung lantaran bisa langsung berlabuh ke tim pabrikan. Saat itu, ia mengantikan Jorge Lorenzo yang pensiun dari Repsol Honda.

Alex Marquez pun jadi rekan setim Marc Marquez. Bagi sebagian pihak, perekrutan Alex ke tim Repsol Honda tak lebih dari bentuk konsesi Honda kepada kakaknya tersebut. Tentu saja anggapan ini menurunkan nilai Alex Marquez di mata penggemar MotoGP.

Hanya setahun di tim pabrikan, Alex kemudian digantikan Pol Espargaro. Dari 2021 hingga 2022, ia mengaspal di bawah naungan tim satelit LCR Honda.

2. Alex Marquez senang bisa pindah dari Honda

Alex Marquez Ingin Lepas dari Bayang-bayang Sang KakakAlex Marquez (motogp.com)

Alex bukan pembalap sembarangan. Selama di Moto3 (2014) dan Moto2 (2019), ia adalah peraih gelar juara dunia. Akan tetapi, saat di MotoGP, penilaian orang kepadanya seperti tak bisa lepas dari nama besar seorang Marc Marquez.

“Langkah ini penting bagiku. Untuk bisa terbang sendirian (tanpa bayangan Marc Marquez). Meski di Honda aku mandiri, tetapi bagi sebagian orang tidak seperti itu,” kata Alex Marquez dilansir The Race.

Baca Juga: Pindah ke Gresini Racing, Alex Marquez Dapat Dukungan Kakaknya

3. Pindah ke Gresini Racing momentum untuk jadi diri sendiri

Alex Marquez Ingin Lepas dari Bayang-bayang Sang KakakFabio Di Giannantonio dan Alex Marquez jadi rekan setim di Gresini Racing. (motogp.com)

Keputusan pindah dari LCR Honda ke Gresini Racing jadi momentum berharga bagi Alex Marquez. Pembalap berusia 26 tahun ini ingin mencetak jejaknya sendiri tanpa dikaitkan dengan pengaruh kakaknya.

“Sepanjang waktu kamu mendengarkan tentang dua bersaudara di Honda. Inilah waktunya aku terbang sendirian dan menuju ke arah yang lain. Untuk pribadiku sendiri, aku pikir (perubahan) ini adalah hal yang baik,” kata peraih dua podium di kelas MotoGP ini.

4. Tak sabar menunggu MotoGP 2023

Alex Marquez Ingin Lepas dari Bayang-bayang Sang KakakAlex Marquez (motogp.com)

Pada 2023 nanti, Alex Marquez tak akan lagi menggeber Honda RC213V yang selama 3 tahun ini ia tunggangi. Bersama Gresini, ia akan memacu Ducati Desmosedici.

“Aku senang, itulah kata yang bisa aku ucapkan. Ini akan menjadi kesempatan yang baik untukku. Aku tak sabar untuk memulai (musim depan) dengan motor dan tim yang baik. Kita akan lihat bagaimana masa depannya nanti,” ungkap Alex dikutip The Race.

5. Butuh liburan agar bisa tampil lebih baik pada paruh kedua 2022

Alex Marquez Ingin Lepas dari Bayang-bayang Sang KakakAlex Marquez (motogp.com)

MotoGP 2022 sedang libur musim panas. Alex Marquez akan memanfaatkan 2 minggu waktu liburannya untuk bersantai. Setelahnya, ia akan kembali bersiap agar bisa tampil lebih baik pada paruh kedua musim.

“Aku butuh liburan ini. Paruh pertama musim sangat tak mudah. Secara mental aku merasa terhalangi. Aku perlu melakukan reset, untuk mengubah sesuatu (hal yang negatif) di kepalaku. Setelah itu, kita akan melihat bagaimana balapan pada paruh kedua musim nanti,” kata Alex Marquez dilansir The Race.

MotoGP seri berikutnya akan berlangsung pada 7 Agustus 2022 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Bisakah Alex tampil lebih trengginas?

Baca Juga: 10 Pembalap yang Melampaui Rekor Marc Marquez di Sachsenring

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya