Alex Marquez Jadi Andalan Honda di Tes MotoGP Catalunya, Lahap 96 Lap

Honda berusaha tingkatkan performa motor

Alex Marquez jadi pembalap paling rajin pada seri tes tengah tahun MotoGP. Dalam tes yang berlangsung pada Senin (6/6/2022) di Sirkuit Catalunya, pembalap LCR Honda itu melahap 96 lap.

Honda memang sedang berusaha keras meningkatkan performa motor RC213V. Sepanjang musim ini, Honda kurang bisa bersaing dengan pabrikan lain.

1. Alex Marquez sebenarnya baru pulih dari kecelakaan saat sesi latihan

Alex Marquez Jadi Andalan Honda di Tes MotoGP Catalunya, Lahap 96 LapAlex Marquez (motogp.com)

Alex Marquez sendiri sebenarnya baru dinyatakan fit pada Minggu pagi sebelum balapan. Sehari sebelumnya, pembalap berusia 26 tahun itu terjatuh saat sesi latihan bebas (FP4) hingga tak bisa mengikuti kualifikasi.

Kendati demikian, saat sesi balapan Alex Marquez tampil menggila. Ia finis di posisi ke-10 meski memulai balapan dari tempat paling belakang atau urutan ke-25.

2. Honda mencoba beberapa komponen baru

Alex Marquez Jadi Andalan Honda di Tes MotoGP Catalunya, Lahap 96 LapHonda saat Tes Resmi MotoGP. (motogp.com)

Paruh musim kedua akan menjadi babak yang penting bagi Honda. Terlihat dari betapa giatnya Alex Marquez mencoba komponen baru di RC213V miliknya. Secara total ia menggeber motornya selama 96 lap di sirkuit sepanjang 4,7 km itu.

“Ini sesi tes yang panjang di Barcelona. Kami mencoba banyak sekali komponen baru, dan itulah yang paling penting,” kata Alex Marquez dikutip Speedweek.

Di antara banyak komponen yang diuji, dua varian sasis tampak terlihat di garasi balap LCR. Juga swingarm baru yang pertama kali digunakan oleh Marc Marquez saat seri balap di Sirkuit Mugello seminggu sebelumnya.

Baca Juga: Alex Marquez Antusias dengan Perubahan Motor RC213V Versi 2022

3. Tes Resmi di Catalunya cukup penting bagi Honda

Alex Marquez Jadi Andalan Honda di Tes MotoGP Catalunya, Lahap 96 LapAlex Marquez (motogp.com)

Tes tengah musim di Catalunya penting bagi Honda. Pasalnya, hasil dari uji coba ini bisa jadi bahan pengembangan untuk meningkatkan performa motor yang akan ditunggangi Marquez cs.

“Aku berusaha seratus persen dan memberikan masukkan secara maksimum untuk menolong HRC (Honda Racing Corporation). Mereka berusaha keras meningkatkan motor kami. Kami tahu kami masih butuh banyak pengembangan dan mereka juga tahu itu, tetapi taruhannya begitu tinggi. Kami mencoba banyak hal, beberapa positif, yang lainnya negatif. Namun, penting bagi kami untuk menyampaikan informasinya ke Jepang,” kata Alex.

4. Alex Marquez jadi ujung tombak Honda

Alex Marquez Jadi Andalan Honda di Tes MotoGP Catalunya, Lahap 96 LapAlex Marquez (motogp.com)

Tes di Catalunya tak diikuti oleh semua pembalap. Marc Marquez (Repsol Honda) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) cedera, sedangkan Takaaki Nakagami (LCR Honda) masih dalam pemulihan akibat insiden kecelakaan di lap pertama tikungan pertama pada balapan sehari sebelumnya.

Karena Marquez dan Nakagami absen, maka Alex Marquez lah yang paling banyak mencoba komponen teranyar dari Honda. Pol Espargaro, rekan setim Marc Marquez, tak bisa mencoba banyak peranti terbaru. Pasalnya, pembalap Repsol Honda tersebut diperkirakan meninggalkan Honda pada akhir musim nanti.

“Aku pikir kami bisa jadi cepat di paruh kedua musim. Informasi (dari uji coba ini) akan sangat penting untuk bekerja ke arah itu,” kara Alex seperti dilansir Speedweek.

5. Kondisi Stefan Bradl juga tak terlalu prima

Alex Marquez Jadi Andalan Honda di Tes MotoGP Catalunya, Lahap 96 LapStefan Bradl (motogp.com)

Selain Alex dan Pol, Stefan Bradl pun mengaspal di Sirkuit Catalunya. Hanya saja, ia sedang tak dalam kondisi terbaiknya akibat kecelakaan pada balapan hari Minggu.

“Kondisi fisikku sangat tak baik pada hari Senin, bahuku masih sedikit sakit. Meski begitu, uji cobanya sukses karena kami bisa mengerjakan semua yang kami butuhkan. Kami melakukan beberapa pengujian back-to-back untuk memberi insinyur lebih banyak informasi. Kami juga melakukan pengujian untuk ban Michelin,” kata pembalap asal Jerman itu dikutip Speedweek.

 

Sejak awal musim, Honda tak begitu kompetitif. Satu-satunya podium diraih oleh Pol Espargaro pada seri pertama MotoGP di Qatar. Dengan hasil tes ini, bisakah Honda meningkatkan performa mereka di paruh kedua nanti?

Baca Juga: Alex Marquez Targetkan Finis di Posisi Delapan Besar MotoGP, Realistis

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya