Selain Test Rider, Dani Pedrosa Punya Peran Baru di Skuad KTM MotoGP

Pedrosa berperan cukup penting

KTM tampaknya serius untuk tampil maksimal di gelaran MotoGP 2022. Di tim pabrikan, kursi manajer tim akan ditempati Francesco Guidotti, yang tahun lalu sukses membawa Pramac jadi tim independen terbaik. Sementara, di tim satelitnya, KTM akan diperkuat dua pembalap muda berbakat, Remy Gardner dan Raul Fernandez, yang tahun lalu berhasil menjadi juara dunia dan runner-up Moto2.

Ada satu lagi amunisi andalan pabrikan asal Austria ini. Test rider yang mereka miliki adalah pembalap legenda MotoGP. Siapa lagi kalau bukan Dani Pedrosa. Mulai 2022 ini, ia akan mendapatkan peran penting yang bisa mendukung kemajuan KTM.

1. Akan tetap jadi test rider untuk KTM

Selain Test Rider, Dani Pedrosa Punya Peran Baru di Skuad KTM MotoGPDani Pedrosa (motogp.com)

Dani Pedrosa akan tetap menjadi test rider pabrikan KTM. Pembalap asal Spanyol ini sudah menjadi pembalap penguji sejak 2019 silam.

Keputusan KTM menunjuk Pedrosa memang pilihan yang cerdas. Pedrosa adalah pembalap yang mumpuni dan berpengalaman di MotoGP. Mantan pembalap Honda ini merupakan peraih tiga gelar juara dunia, yaitu 1 kali di kelas 125cc dan 2 kali di kelas 250cc. Di kelas premier, ia pernah menjadi tiga kali runner-up.

2. Mulai 2022 ini akan jadi pelatih untuk para pembalap KTM, terutama para rookie

Selain Test Rider, Dani Pedrosa Punya Peran Baru di Skuad KTM MotoGPDani Pedrosa (motogp.com)

Kepiawaian Dani Pedrosa sebagai pembalap penguji ternyata dinilai memuaskan. Para petinggi KTM di Austria bahkan memberi tambahan peran krusial baginya.

Pedrosa juga bertanggung jawab melatih para pembalap, terutama rookie Remy Gardner dan Raul Fernandez. Ia akan sering terlihat di garasi balap tim KTM setiap minggunya. Pedrosa tidak akan menjadi pelatih resmi tim KTM, tetapi perannya kurang lebih sama.

“Pedrosa akan lebih terlibat dari sebelumnya, sambil melanjutkan pekerjaannya sebagai pembalap penguji,” ungkap Pit Beirer, Direktur KTM Motorsport, dikutip Corsedimoto.

Baca Juga: Kabar Gembira! Dani Pedrosa Kembali ke MotoGP

3. Jika ia mau, ia bisa turun balap sebagai wildcard

Selain Test Rider, Dani Pedrosa Punya Peran Baru di Skuad KTM MotoGPDani Pedrosa (motogp.com)

Sebagai pembalap penguji, Pedrosa pun memiliki jatah untuk tampil sebagai pembalap wildcard. Namun, perannya sebagai wildcard tergantung kepada Pedrosa sendiri. Apakah ia akan turun balap atau tidak.

Tahun 2021, pembalap berujul The Little Samurai itu kembali turun balap saat gelaran GP Styria. Memacu KTM RC16, ia finis di posisi sepuluh.

4. Berjasa dalam pengembangan RC16

Selain Test Rider, Dani Pedrosa Punya Peran Baru di Skuad KTM MotoGPDani Pedrosa (motogp.com)

Sebagai test rider yang bertugas memberi masukkan dalam pengembangan motor, Pedrosa sangat berjasa dalam mengembangkan RC16. Bisa dibilang, beberapa inovasi di motor ini terlahir berkat jasanya, terutama dalam pengembangan sasis.

Hasilnya cukup terlihat pada perolehan prestasi tim KTM. Apalagi pada 2020, KTM bisa mengumpulkan 3 kemenangan (1 Brad Binder dan 2 Miguel Oliveira), 8 podium, 3 pole position, dan 27 kali finis di posisi 10 besar. Hasil ini membuat KTM keluar dari pabrikan dengan hak konsesi, yang artinya sudah menjadi pabrikan MotoGP yang mapan.

5. Pembalap rookie senang bisa menimba pengalaman darinya

Selain Test Rider, Dani Pedrosa Punya Peran Baru di Skuad KTM MotoGPDani Pedrosa dan Raul Fernandez (motogp.com)

Kehadiran Pedrosa di paddock KTM memang sangat diapresiasi. Pembalap debutan seperti Raul Fernandez pun senang bisa bekerja sama dengan Pedrosa.

“Bagiku ini luar biasa. Aku masih ingat saat aku masih kecil di Jerez, dan Dani jadi juara MotoGP, dan sekarang ia membantuku dan sangat bagus bisa bekerja sama dengan orang seperti Dani Pedrosa,” ungkap Raul Fernandez dikutip GPone.

Jelang kompetisi tahun ini, Pedrosa sudah ambil bagian dalam tes pramusim di Sirkuit Jerez, November 2021 lalu. Pedrosa juga ikut serta pada shakedown test di Sirkuit Sepang yang berlangsung pada 31 Januari—2 Februari 2022. Meski sudah pensiun, warisan The Little Samurai masih tetap terasa di arena MotoGP.

Baca Juga: Serba-serbi Gaji Pembalap MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya