Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan Silverstone

Ia ingin lebih konsisten pada paruh kedua musim

Enea Bastianini siap tampil buas pada MotoGP Inggris yang akan digelar pada Minggu (7/8/2022). Pembalap berjuluk The Beast itu tak mau lagi menyia-nyiakan kesempatan dan kehilangan banyak poin.

Selama paruh pertama musim, Bastianini sebenarnya tampil apik. Hanya saja, ia tak konsisten mendulang poin pada setiap balapan. Akibatnya, ia kini tertinggal 67 poin dari Fabio Quartararo yang memimpin klasemen sementara.

1. Punya modal tiga kali menang sejak awal musim

Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan SilverstoneEnea Bastianini (motogp.com)

Enea Bastianini saat ini ada di peringkat ke-5 klasemen dengan raihan 105 poin. Tiga kali menang di Lusail, COTA, dan Le Mans, jadi modal kuat untuk menjaga asa dalam perebutan gelar.

Berkat kemenangan-kemenangan tersebut, Bastianini sebenarnya sempat menjadi pembalap dengan raihan poin terbanyak. Namun, keunggulan itu terkikis akibat penampilannya yang kurang konsisten.

2. Bastianini pun tiga kali terjatuh dan kehilangan kesempatan jadi pemuncak klasemen

Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan SilverstoneEnea Bastianini lesu setelah terjatuh di kandang sendiri. (motogp.com)

Dalam sebelas balapan yang telah dilombakan, pembalap Gresini Racing itu tiga kali terjatuh. Ia gagal finis di Portimao, Mugello, dan Catalunya.

Pada dua balapan terakhir sebelum jeda liburan pun hasilnya tak terlalu baik. Bastianini hanya finis di peringkat ke-10 dan ke-11 di Sachsenring dan Assen.

Baca Juga: 10 Fakta di Balik Sosok Enea Bastianini, Pemenang 3 Kali MotoGP 2022

3. Setelah jeda musim, Bastianini kembali semangat memulai balapan

Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan SilverstoneEnea Bastianini (motogp.com)

Lima pekan liburan jadi waktu yang cukup bagi Bastianini untuk memulihkan semangatnya. Pada gelaran MotoGP Inggris nanti, juara dunia Moto2 2020 itu punya kesempatan untuk tampil maksimal.

“(Balapan) akhirnya dimulai lagi. Jeda itu sangat berguna untuk mengatur ulang dan menganalisis secara detail kesalahan yang dibuat pada paruh pertama musim,” kata Bastianini seperti dikutip Speedweek.

4. The Beast ingin taklukkan Silverstone lalu tampil konsisten pada paruh kedua musim

Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan SilverstoneEnea Bastianini (motogp.com)

Sirkuit Silverstone jadi lintasan pertama yang harus ditaklukkan dari sembilan Grand Prix yang tersisa. Bastianini sendiri mengaku bahwa sirkuit sepanjang 5,9 km itu adalah salah satu sirkuit yang ia sukai.

“Aku sangat menyukai Silverstone. Aku sangat ingin mencapai hasil yang baik di sana, sehingga kami bisa kembali ke level kami. Sejauh ini performa kami terlalu fluktuatif. Pada babak kedua, kami ingin lebih konsisten,” ungkap pembalap berusia 24 tahun itu.

5. Rekan setim Bastianini di tim Gresini juga punya harapan sama

Jelang GP Inggris, Enea Bastianini Siap Taklukkan SilverstoneFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Fabio Di Giannantonio mengamini Bastianini. Rookie tim Gresini Racing itu juga menyukai Silverstone dan ingin tampil lebih baik lagi pada paruh kedua musim.

“Silverstone adalah trek yang luar biasa. Aku sebenarnya suka semua (lintasan), tetapi Silverstone benar-benar fantastis. Kami punya waktu jeda yang baik untuk mengisi ulang baterai (semangat) antara liburan, latihan, dan WDW (World Ducati Week).

Kami siap dan berharap untuk melanjutkan apa yang telah kami kerjakan, dan meningkatkannya pada paruh kedua musim ini,” kata pembalap yang sudah meneken perpanjangan kontrak itu dikutip Speedweek.

 

Enea Bastianini punya sejarah podium di Silverstone. Meski sudah lama, pada balapan Moto3 musim 2014 dan 2017, The Beast pernah finis di posisi tiga besar. Pada balapan MotoGP hari Minggu (7/8/2022), bisakah ia raih poin maksimal?

Baca Juga: 5 Podium Milik Enea Bastianini di Kelas MotoGP, Selalu Tampil Buas

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya