Franco Morbidelli Berusaha Keras Perbaiki Performa Balapnya

Balas dendam untuk musim lalu

Franco Morbidelli menatap MotoGP 2023 dengan semangat baru. Melakoni tes pramusim di Sirkuit Sepang pada Jumat—Minggu (10—12/2/2023), ia optimistis bisa tampil lebih apik daripada musim lalu.

Tak hanya pembalapnya, Yamaha juga meningkatkan performa mesin mereka. Sejalan dengan itu, hanya masalah waktu sampai Franco Morbidelli bisa menunjukkan peningkatan performa balapnya.

1. Peningkatan Yamaha jadi kabar baik

Franco Morbidelli Berusaha Keras Perbaiki Performa BalapnyaFranco Morbidelli (motogp.com)

Setelah hari pertama tes di Sepang tersebut, Yamaha dinilai berhasil meningkatkan performa motornya. Menurut data, mesin baru pabrikan Iwata selangkah lebih maju dibandingkan mesin tahun 2022. Top speed YZR-M1 mencapai 334,4 km/jam, hanya tertinggal 1 km/jam dari Ducati.

Performa mesin tersebut jadi kabar baik bagi Franco Morbidelli. Dengan performa mesin yang meningkat, ia punya kesempatan untuk menebus kegagalannya musim lalu.

2. Franco Morbidelli senang bisa kembali menggeber motor MotoGP

Franco Morbidelli Berusaha Keras Perbaiki Performa BalapnyaFranco Morbidelli (motogp.com)

Tes di Sirkuit Sepang jadi momen pertama Franco Morbidelli kembali berada di atas YZR-M1. Usai liburan akhir tahun, ia senang bisa memacu motor MotoGP.

“Senang bisa kembali ke MotoGP. Sensasi yang kamu dapatkan di atas motor MotoGP itu sungguh luar biasa. Aku berharap banyak orang bisa memiliki pengalaman ini suatu hari nanti,” kata Morbidelli dikutip Corsedimoto.

Baca Juga: Optimisme Franco Morbidelli Menatap MotoGP 2023, Penuh Perjuangan!

3. Franco Morbidelli menghabiskan musim dingin dengan berlatih

Franco Morbidelli Berusaha Keras Perbaiki Performa BalapnyaFranco Morbidelli (motogp.com)

Selama liburan musim dingin, Franco Morbidelli fokus meningkatkan performanya. Ia tak pernah berhenti berlatih agar mampu tampil lebih mumpuni di MotoGP 2023.

“Aku harus membalap lebih agresif dan aku mencoba menyesuaikannya dengan latihanku. DNA motor berubah dari versi 2020 ke 2021. Jika aku ingin cepat dengan konsep baru ini, aku harus berubah,” kata murid sekaligus teman Valentino Rossi itu.

4. Berusaha menyesuaikan gaya balapnya dengan karakter anyar YZR-M1

Franco Morbidelli Berusaha Keras Perbaiki Performa BalapnyaFranco Morbidelli (motogp.com)

Selama latihan, target Franco Morbidelli adalah bisa beradaptasi di atas YZR-M1 versi teranyar. Sepanjang musim lalu, memang hanya Fabio Quartararo yang mampu menguasai dan mendulang hasil apik bagi Yamaha. Morbidelli pun tak mau itu terulang.

“Selama musim dingin aku tak pernah menyerah pada motor, aku memikirkan dan memimpikan M1. Aku di tempat yang baik sekarang. Aku dan timku bekerja keras. Kami masih tertinggal, tetapi kami sedang mengusahakannya,” beber Morbidelli dilansir Corsedimoto.

5. Senang dengan perkembangan Yamaha

Franco Morbidelli Berusaha Keras Perbaiki Performa BalapnyaFranco Morbidelli (motogp.com)

Pada tes Sepang, Yamaha membawa banyak material baru untuk dicoba. Hal ini menyenangkan bagi Franco Morbidelli.

“Tim membawa banyak suku cadang baru, aku sangat puas. Mereka sangat ingin meningkatkan performa mereka selama musim ini. Aku suka apa yang aku lihat di wajah mereka ketika aku masuk di pitbox. Sekarang kami tinggal melanjutkannya, kami berada di jalur yang tepat,” kata rider tim Monster Energy Yamaha itu optimis.

Dengan adanya 21 sprint race dan 21 main race, MotoGP 2023 jadi waktu tepat bagi Franco Morbidelli untuk menunjukkan performa terbaik. Bisakah ia mewujudkannya?

Baca Juga: 6 Pembalap Yamaha dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya