Garcia Sial di Thailand, Guevara Punya Kans Segel Titel di Australia

Izan Guevara selangkah lagi rebut gelar juara dunia Moto3

Penghuni garasi tim GASGAS Aspar Team Moto3 deg-degan sepanjang akhir pekan di Thailand. Performa pembalap mereka, Sergio Garcia dan Izan Guevara, kurang kompetitif selama latihan bebas dan kualifikasi.

Baik Garcia atau Guevara harus melewati sesi kualifikasi pertama. Di grid, Garcia start dari urutan ke-20. Guevara sedikit lebih baik dengan memulai balapan dari urutan ke-11. Ketika balapan Moto3 berlangsung pada Minggu (2/10/2022), drama pun terjadi di barisan belakang.

Garcia terlibat dalam kecelakaan yang disebabkan oleh Adrian Fernandez. Adrian yang mengalami high side terlempar dan melayang ke arah Garcia di tikungan 12. Tanpa bisa berbuat apa-apa, balapan Garcia pun berakhir di lap pertama.

1. Sergio Garcia tertimpa nasib sial, harus finis lebih awal

Garcia Sial di Thailand, Guevara Punya Kans Segel Titel di AustraliaSergio Garcia (motogp.com)

“Aku tak tahu harus berkata apa. Aku ingin memperbaiki posisiku selangkah demi selangkah. Namun, balapanku bahkan tidak bertahan selama satu putaran penuh.

Aku tahu (kecelakaan) ini biasa terjadi, tetapi masih sulit untuk diterima. Aku kemudian kembali melaju, tetapi tak ada yang tersisa untuk diselamatkan,” kata Garcia seperti dikutip Speedweek.

Adrian Fernandez menerima hukuman akibat manuvernya yang dinilai terlalu agresif. Pembalap Tech3 KTM itu harus menjalani double long lap penalty pada gelaran Moto3 Australia nanti.

2. Izan Guevara finis di posisi ke-5, dapat tambahan poin

Garcia Sial di Thailand, Guevara Punya Kans Segel Titel di AustraliaIzan Guevara (motogp.com)

Nasib Izan Guevara tak sesial Sergio Garcia. Meski begitu, ia harus berjuang keras untuk mendapatkan poin di Sirkuit Buriram. Setelah berduel dengan banyak pembalap lain di grupnya, Guevara melintasi garis finis di posisi ke-5.

“Aku tak bisa mengendalikan motor dan secara fisik sangat lelah. Aku memulai dengan baik, tetapi aku tak bisa mengikuti para pembalap di barisan depan. Setelah akhir pekan yang sulit, aku pikir ini hasil terbaik,” kata pembalap berusia 18 tahun itu.

Baca Juga: Max Biaggi Minta Maaf dengan Ulah Mekaniknya di Moto3 Aragon

3. Peluang Sergio Garcia untuk merebut gelar makin menipis

Garcia Sial di Thailand, Guevara Punya Kans Segel Titel di AustraliaSergio Garcia (motogp.com)

Sampai pertengahan musim, Sergio Garcia adalah favorit dalam perebutan gelar juara dunia Moto3. Ia mengoleksi 3 kemenangan (Argentina, Portimao, dan Mugello), 2 runner-up (Lusail dan Jerez), dan 2 P3 (Sachsenring dan Assen) yang membuatnya cukup lama memimpin kejuaraan.

Sayangnya, Garcia belum pernah naik podium lagi sejak balapan di Assen sehingga kehilangan posisi teratas. Usai seri balap di Thailand, Garcia kini berada di peringkat ke-3 klasemen sementara dengan raihan 209 poin.

4. Guevara unggul poin dari Dennis Foggia dan Garcia

Garcia Sial di Thailand, Guevara Punya Kans Segel Titel di AustraliaIzan Guevara dan Dennis Foggia (motogp.com)

Di sisi lain, Izan Guevara mampu tampil lebih konsisten. Guevara saat ini mengoleksi 5 kemenangan (Jerez, Catalunya, Sachsenring, Aragon, dan Motegi), 3 runner-up (Mandalika, Mugello, dan Assen), dan 2 P3 (Le Mans dan Misano).

Guevara kini menempati puncak klasemen sementara dengan raihan 265 poin. Satu posisi di bawahnya ada Dennis Foggia yang menang di Thailand. Foggia bertengger di peringkat ke-2 klasemen dengan 216 poin, selisih 49 poin dengan Guevara.

5. Izan Guevara punya kans segel titel juara dunia Moto3 di Australia

Garcia Sial di Thailand, Guevara Punya Kans Segel Titel di AustraliaIzan Guevara (motogp.com)

Setelah kecelakaan di Thailand akibat ulah Adrian Fernandez, Sergio Garcia tak hanya kehilangan posisi runner-up di kejuaraan dunia. Jarak poinnya dengan Izan Guevara kini menjadi 56 poin. Dengan 75 poin yang masih diperebutkan, peluangnya untuk merebut titel makin menipis.

Kabar baik justru berlaku untuk Guevara. Jika di Sirkuit Phillip Island ia mampu mengemas lebih banyak poin dari Foggia dan Garcia, maka ia bisa dinobatkan sebagai juara dunia Moto3 2022.

Seri Australia akan digelar pada Minggu (14/10/2022). Menurut kamu, mampukah Guevara tampil unggul dan menyegel gelar juara?

Baca Juga: Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 San Marino Juga Tak Kalah Seru

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya