Helm Terbesar di Dunia untuk Valentino Rossi, Hadiah dari Kota Pesaro

Tribut untuk sang 9 kali juara dunia MotoGP

Di Kota Pesaro, Italia, baru-baru ini Valentino Rossi mendapatkan hadiah spesial. The Doctor yang merupakan 9 kali juara dunia MotoGP tersebut dianugerahi sebuah helm raksasa yang diklaim sebagai helm terbesar di dunia.

Helm ini merupakan sebuah karya seni untuk menghormati sang legenda MotoGP. Tak heran, instalasi seni ini sendiri bertajuk “Un Casco da Legenda”, alias sebuah helm legendaris.

1. Valentino Rossi menyukai ide helm raksasa

Helm Terbesar di Dunia untuk Valentino Rossi, Hadiah dari Kota Pesarohelm raksasa milik Valentino Rossi (instagram.com/valeyellow46)

Pada, Senin (25/7/2022), Valentino Rossi dan Wali Kota Matteo Ricci meresmikan karya seni ini. Rossi yang didampingi pasangannya, Francesca Sofia Novello, merasa senang dengan desain helm raksasa itu.

“Sejak awal aku menyukai ide helm raksasa karena aku sangat menyukai helm sejak kecil. Aku juga berpikir grafik di helmku membantuku jadi terkenal sehingga aku punya banyak penggemar. Tak mudah memilih desain helm untuk di sini,” kata Rossi dikutip Speedweek.

2. Kota Pesaro merupakan rumah kedua The Doctor setelah Tavullia

Helm Terbesar di Dunia untuk Valentino Rossi, Hadiah dari Kota Pesarohelm raksasa milik Valentino Rossi (instagram.com/valeyellow46)

Helm raksasa itu kini menjadi bagian dari Kota Pesaro yang merupakan pusat kota administrasi dari Provinsi Pesaro dan Urbino, tempat di mana Kota Tavullia berada. Pesaro juga merupakan kampung halaman dari ayah Rossi, Graziano Rossi. The Doctor sendiri menyebut Pesaro sebagai rumah keduanya.

“Pesaro adalah kotanya Valentino dan ini adalah tribut untuk karir hebatnya. Valentino Rossi adalah legenda dunia, salah satu atlet terkuat untuk era kita. Kami bangga mempersembahkan helm ini untuknya,” kata Matteo Ricci dikutip La Gazetta dello Sport.

Baca Juga: Peringkat Murid Valentino Rossi pada MotoGP Musim 2022, Siapa Terbaik?

3. Helm dengan ukuran terbesar di dunia

Helm Terbesar di Dunia untuk Valentino Rossi, Hadiah dari Kota Pesarohelm raksasa milik Valentino Rossi (instagram.com/valeyellow46)

Helm raksasa itu berukuran tinggi 4 meter dan lebar 6 meter dengan berat yang mencapai 400 kg. Wali Kota Matteo Ricci sendiri yang menyebut helm ini sebagai helm terbesar di dunia.

Untuk bagian kacanya, helm ini menggunakan cetakan holographic/3D yang membuatnya bak visor sungguhan. Desain helm yang digunakan pada instalasi seni ini dipilih dari desain tahun terakhir Rossi bersama tim pabrikan Yamaha.

4. Rossi setia dengan desain soleluna

Helm Terbesar di Dunia untuk Valentino Rossi, Hadiah dari Kota PesaroSoleluna 1996 (valentinorossi.com)

Mengenai helm, Valentino Rossi memang terkenal sebagai pembalap yang punya banyak desain unik. Helmnya pun dipenuhi banyak simbol. 

Namun, pada helmnya, Rossi selalu konsisten dengan simbol soleluna, yang berarti matahari dan bulan. Soleluna mulai digunakan Rossi sejak membalap di kelas 125cc. Simbol itu menjadi dasar dari semua desain helm Rossi.

5. Rossi merasa terhormat dengan tribut ini

Helm Terbesar di Dunia untuk Valentino Rossi, Hadiah dari Kota PesaroValentino Rossi dan Graziano Rossi (motogp.com)

Valentino Rossi merasa terhormat dengan tribut yang diberikan oleh Kota Pesaro. Dengan begitu, The Doctor menambah lagi koleksi helm uniknya.  

“Terima kasih untuk semua orang yang bekerja di proyek ini dan untuk semua orang yang datang ke sini hari ini. Helm ini sangat indah, aku sangat menyukainya, ini benar-benar sebuah kehormatan bagiku,” kata Rossi dilansir La Gazetta dello Sport.

Valentino Rossi memang sudah pensiun dari MotoGP. Namun, warisan dari kariernya yang gemilang dan inspiratif bakal terus hidup abadi.

Baca Juga: 12 Momen Tak Terlupakan Valentino Rossi Sepanjang Karier Balap Motor

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya