Raih Podium di MotoGP Portugal, Johann Zarco Jadi Penyelamat Ducati

Pembalap Ducati terbaik di Sirkuit Algarve

Dari delapan pembalap Ducati yang bersaing di MotoGP Portugal pada Minggu (24/4/2022), hampir semuanya finis di luar posisi enam besar. Empat pembalap tak bisa menyelesaikan balapan lantaran terjatuh. Sedangkan, Luca Marini dan Marco Bezzecchi finis di posisi ke-12 dan ke-15.

Francesco Bagnaia yang start dari urutan paling belakang tampil apik. Ia bisa finis di posisi ke-8. Namun, Johann Zarco yang justru menjadi penyelamat Ducati. Pembalap Pramac Racing ini merebut podium ke-2 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

1. Empat pembalap Ducati tak bisa melewati garis finis

Raih Podium di MotoGP Portugal, Johann Zarco Jadi Penyelamat DucatiJack Miller, pembalap tim Ducati Lenovo (motogp.com)

MotoGP Portugal ternyata jadi nasib buruk buat Ducati. Empat pembalapnya terjatuh dan tak bisa menyelesaikan balapan. Jorge Martin (Pramac Racing) yang paling pertama terjatuh saat memasuki lap ke-5. Mantan pemimpin klasemen sementara, Enea Bastianini (Gresini Racing), terjatuh pada lap ke-10.

Paling menyakitkan tentu saja insiden Jack Miller (Ducati Lenovo). Sedang berebut posisi podium dengan Joan Mir (Suzuki Ecstar), Miller malah terjatuh dan menghilangkan kesempatan tim pabrikan Ducati untuk menambah koleksi podium. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) juga jadi pembalap Ducati yang tak bisa melewati garis finis.

2. Sejak awal balapan, Zarco punya perasaan positif

Raih Podium di MotoGP Portugal, Johann Zarco Jadi Penyelamat DucatiJohann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco mengaku bahwa ia tak begitu baik saat melakukan start. Kendati demikian, pembalap asal Prancis ini tahu bahwa ia bisa mendapatkan hasil positif sejak tikungan pertama.

“Dari titik pengereman pertama aku bisa melihat bahwa aku bisa memainkan balapan ini,” kata Zarco dikutip Corsedimoto.

Johann Zarco yang tercecer ke urutan ke-5 saat awal balapan memang bisa comeback dan menyalip Alex Marquez (LCR Honda) dan Jack Miller untuk bisa mendekati Joan Mir. Namun, ia sadar tak akan bisa mengejar Fabio Quartararo yang sudah sangat jauh di depan.

Baca Juga: Johann Zarco Pole Position, Seperti Apa Nasib Pembalap Ducati Lainnya?

3. Johann Zarco rebut pole position di Sirkuit Algarve dan bisa mengubahnya jadi podium

Raih Podium di MotoGP Portugal, Johann Zarco Jadi Penyelamat DucatiJohann Zarco (motogp.com)

Start dari urutan terdepan tak membuat Johann Zarco unggul pada awal balapan. Joan Mir yang berada di belakang Zarco justru memimpin jalannya balapan dari lap pertama sebelum disalip Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Quartararo kemudian menekan ke depan dan tak terkejar setelah menjaga jarak sejauh 5 detik. Zarco lalu menyalip Joan Mir dan menempati posisi ke-2. Posisi ini tak berubah sampai Jack Miller mencoba mendahului Mir. Tepat di tikungan ke-18, pembalap Ducati Lenovo itu tersungkur dan menabrak Mir. Keduanya terjatuh dan tak bisa menyelesaikan balapan.

Insiden itu justru membuat Zarco sedikit bernafas lega. Ia jadi bisa menjauh dari pembalap yang berada tepat di belakangnya dan finis di posisi ke-2. Selisih Zarco dan Aleix Espargaro yang finis di posisi ke-3 sekitar 0,65 detik.

4. Hasil terbaik Johann Zarco pada 2022

Raih Podium di MotoGP Portugal, Johann Zarco Jadi Penyelamat DucatiJohann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco menjadi pembalap terbaik Ducati yang finis di MotoGP Portugal. Ia sekaligus menjadi pembalap Ducati terbaik yang mengendarai Desmosedici GP22.

Podium ke-2 di Sirkuit Algarve merupakan hasil terbaiknya pada 2022 ini. Sebelumnya, Zarco mendapatkan podium di Sirkuit Mandalika saat finis ke-3 pada balapan basah.

5. Persaingan MotoGP makin ketat, siapa pun bisa rebut podium

Raih Podium di MotoGP Portugal, Johann Zarco Jadi Penyelamat DucatiJohann Zarco dan Jorge Martin (motogp.com)

Persaingan di MotoGP 2022 makin ketat. Dengan performa motor yang kompetitif, semua pembalap punya kesempatan yang sama untuk tampil maksimal. Johann Zarco sadar bahwa siapa pun bisa bertarung untuk merebut podium.

“Semua pembalap mampu untuk mendapatkan podium. Akan tetapi, siapa yang paling sering meraihnya itulah yang berpeluang besar jadi juara. Akan sangat menyedihkan jika tak percaya dengan kemungkinan itu, meski memang sulit. Untuk saat ini, mari nikmati momen (podium) ini,” ungkap Zarco dilansir Corsedimoto.

Seri balapan MotoGP berikutnya berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Mampukah Johann Zarco dan Ducati Desmosedici GP22 miliknya kembali meraih hasil maksimal?

Baca Juga: Tabrakan dengan Joan Mir di MotoGP Portugal, Jack Miller Meminta Maaf

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya