Karier MotoGP Andrea Dovizioso Ada di Ujung Tanduk

Musim depan tak ada tempat di Yamaha

WithU RNF mengumumkan beralih menjadi tim satelit Aprilia musim depan pada akhir pekan lalu di Sirkuit Mugello, Italia, Jumat (27/5/2022). Tim asal Malaysia itu tak akan lagi menggunakan YZR-M1 milik Yamaha. Mereka akan mengandalkan RS-GP dari Aprilia mulai 2023.

Keputusan ini tentu saja berdampak langsung pada masa depan dua pembalapnya. Apalagi nama Andrea Dovizioso dan Darryn Binder tak ada dalam radar Razlan Razali (bos WithU RNF) atau Massimo Rivola (bos Aprilia Racing) sebagai kandidat pembalap MotoGP 2023.

1. Performa Andrea Dovizioso musim ini tak begitu baik

Karier MotoGP Andrea Dovizioso Ada di Ujung TandukDarryn Binder dan Andrea Dovizioso (motogp.com)

Performa Andrea Dovizioso di atas Yamaha memang jauh dari kata memuaskan. Pembalap berusia 36 tahun itu melewati garis finis di posisi ke-20 di Sirkuit Mugello. Selisih waktunya mencapai 30 detik dari Francesco Bagnaia yang finis pertama.

Hasil itu menjadikan Dovizioso sebagai pembalap Yamaha yang finis paling buncit. Selain itu, ia telah finis balapan tanpa mengemas poin lima kali beruntun. Sejauh ini Dovizioso belum mampu menuntaskan balapan di posisi sepuluh besar. Ia baru mengoleksi total delapan poin di klasemen sementara.

2. Andrea Dovizioso kehilangan tempat untuk musim 2023

Karier MotoGP Andrea Dovizioso Ada di Ujung TandukAndrea Dovizioso dan Darryn Binder tampak sibuk di garasi balap Tim WithU RNF. (motogp.com)

Andrea Dovizioso secara teknis bukanlah pembalap kontrak milik WithU RNF. Ia memiliki kontrak langsung dengan Yamaha. Dengan berakhirnya kerja sama antara Yamaha dan tim asal Malaysia itu, ia tak punya kans untuk bertahan di timnya saat ini.

Bergabung dengan Yamaha pun tak mungkin lantaran pabrikan asal Iwata hanya akan menurunkan dua motor untuk MotoGP 2023. Keduanya sudah diisi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Mengaku Kecewa dengan Kondisinya Bersama YZR-M1

3. Dovizioso Belum punya rencana untuk masa depannya

Karier MotoGP Andrea Dovizioso Ada di Ujung TandukAndrea Dovizioso (motogp.com)

Andrea Dovizioso tak punya banyak opsi. Namun, ia sendiri mengaku tak terpengaruh dengan kondisi yang terjadi saat ini. Ia belum punya rencana untuk masa depannya.

“Tak ada yang berubah karena aku belum punya rencana untuk masa depan. Aku sendiri sedang kesulitan dalam beradaptasi pada situasi ini. Jadi, aku pikir bukan langkah yang pintar untuk berpikir tentang masa depan sekarang,” kata Dovizioso dikutip Corsedimoto.

4. Dovizioso tak sedang berbicara dengan pabrikan dan tim manapun

Karier MotoGP Andrea Dovizioso Ada di Ujung TandukAndrea Dovizioso (motogp.com)

Andrea Dovizioso menjalani serangkaian tes dengan Aprilia setahun lalu. Ia sempat mengendarai RS-GP di beberapa sirkuit di Italia dan Spanyol sebelum memutuskan untuk bergabung bersama Yamaha. Ironisnya, tim satelit WithU RNF saat ini malah menandatangani kontrak dengan pabrikan Aprilia.

“Ini bukan tentang merek apa, tim mana, atau apakah aku sedang berbicara dengan tim tertentu untuk musim depan. Aku orang pertama yang tak sedang berbicara tentang masa depan,” kata tiga kali runner-up juara dunia MotoGP itu.

5. Pensiun dari MotoGP jadi opsi

Karier MotoGP Andrea Dovizioso Ada di Ujung TandukAndrea Dovizioso (motogp.com)

Andrea Dovizioso bersama Manajer Simone Battistella sedang mencari opsi terbaik mengenai masa depannya. Ada peluang pembalap asal Italia itu berganti status menjadi pembalap penguji mengingat pengalamannya yang cukup mumpuni. Namun, apakah benar Dovizioso mempertimbangkan pensiun dari MotoGP?

“Saat ini aku bisa bilang dengan mudah, ya. Namun, kita akan lihat nanti,” kata Andrea Dovizioso seperti dilansir Corsedimoto.

Andrea Dovizioso punya segudang pengalaman di MotoGP. Selama turun balap di kelas premier, ia sudah merebut lima belas kemenangan. Ia pun tiga kali jadi runner-up kejuaraan di belakang Marc Marquez.

Itu semua bukan prestasi kaleng-kaleng. Akan tetapi, melihat situasinya saat ini, mungkinkah 2022 benar-benar jadi musim terakhirnya di ajang Grand Prix?

Baca Juga: Belum Sukses, Razlan Razali dan Andrea Dovizioso Malah Saling Sindir

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya