Comscore Tracker

Kendala Ban Menyulitkan Alex Rins dan Joan Mir di MotoGP 2022 Inggris

Sirkuit Silverstone tak begitu menyenangkan bagi Suzuki

Alex Rins datang ke Sirkuit Silverstone, Inggris, dengan penuh percaya diri. Pembalap tim Suzuki Ecstar ini berharap bisa mengulangi kesuksesan yang pernah ia raih. Dalam dua balapan terakhir di sirkuit sepanjang 5,9 km itu, Rins memang selalu merebut podium.

Sayangnya, pada MotoGP 2022 Inggris yang dihelat, Minggu (7/8/2022), Rins gagal finis di posisi tiga besar. Rekan setim Joan Mir itu hanya mampu menuntaskan balapan di posisi ke-7.

1. Alex Rins sempat memimpin balapan

Kendala Ban Menyulitkan Alex Rins dan Joan Mir di MotoGP 2022 InggrisAlex Rins (motogp.com)

Ritme balap Alex Rins cukup mumpuni pada awal balapan. Meski start dari urutan ke-11, Rins mampu mendesak ke depan.

Setelah melewati lap pertama, Spaniard menempati urutan ke-5. Beberapa lap kemudian, ia bahkan mendesak ke posisi ke-2.

Faktanya, ia bahkan sempat memimpin selama beberapa putaran. Hanya saja, ritme kecepatannya menurun sehingga ia jadi bulan-bulanan rival terdekatnya.

Setelah disusul Francesco Bagnaia yang menjuarai balapan, ia kemudian disalip pembalap lain sehingga hanya mampu menempati posisi ke-7 saat fase akhir balapan.

2. Ada masalah dengan cengkeraman ban belakang

Kendala Ban Menyulitkan Alex Rins dan Joan Mir di MotoGP 2022 InggrisAlex Rins (motogp.com)

Rins mengaku ia kehilangan cengkeraman ban belakangnya. Dengan kondisi seperti itu, ia tak mampu mengendalikan motor dengan baik meski ia telah memberikan kemampuan terbaiknya.

“Aku hancur, tetapi bukan karena performaku. Aku telah memberikan yang maksimal. Ketika aku di depan, aku mengemudi dengan lancar dan situasinya terkendali. Namun, tiba-tiba aku kehilangan cengkeraman pada roda belakang,” kata Rins dikutip Motorsport-Total.

Baca Juga: Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang Podium

3. Rins heran dengan kondisi ban yang ia gunakan

Kendala Ban Menyulitkan Alex Rins dan Joan Mir di MotoGP 2022 InggrisAlex Rins (motogp.com)

Pada enam lap terakhir, Rins kehilangan ritme balapnya. Kecepatannya menurun hingga mencapai waktu lebih dari dua detik untuk melahap satu putaran.

“Itu sangat aneh, tetapi setidaknya aku tetap bertahan di posisi ke-7. Aku memang membuat kesalahan di beberapa tikungan sehingga aku ada di kisaran dua detik. Akan tetapi, kemudian bannya aus dengan begitu cepat.

Aku panik karena kehilangan beberapa posisi. Kami biasanya menangani ban dengan baik dan punya ruang gerak di bagian akhir balapan. Aku tak tahu apa yang terjadi kali ini,” beber Rins.

4. Joan Mir punya masalah pada ban depan

Kendala Ban Menyulitkan Alex Rins dan Joan Mir di MotoGP 2022 InggrisJoan Mir (motogp.com)

Jika Rins bermasalah dengan ban belakang, Joan Mir punya isu dengan ban bagian depannya. Mir kehilangan kendali dan terjatuh pada lap 15.

“Temperaturnya lebih hangat dari hari sebelumnya. Aku melakukan banyak putaran di dalam grup itu sehingga ban depanku menjadi lebih panas dari yang aku inginkan. Aku pikir itulah kenapa aku terjatuh,” kata Mir dilansir Motorsport-Total.

5. Kesempatan Mir untuk mendapatkan poin pun hilang

Kendala Ban Menyulitkan Alex Rins dan Joan Mir di MotoGP 2022 InggrisJoan Mir (motogp.com)

Saat terjatuh, Mir sedang berada di posisi ke-7. Ia pun kehilangan kesempatan mengemas tambahan poin. Kendati begitu, juara dunia MotoGP 2020 tersebut tahu di bagian mana ia harus berbenah.

“Perasaanku di atas motor cukup bagus, tetapi kami kehilangan beberapa tempat. Dari tikungan 16 sampai ke lintasan lurus utama, aku mungkin kehilangan tiga sampai empat sepersepuluh detik. Kami harus memperbaiki cengkeraman motor kami,” ujar Mir.

Di MotoGP 2022 Inggris tersebut, Alex Rins finis di posisi ke-7, sedangkan Joan Mir tak menuntaskan balapan. Itu artinya, Suzuki tak berhasil merebut podium pada balapan perdana di paruh kedua musim MotoGP 2022. Pada seri balapan berikutnya, mampukah Rins dan Mir memerbaiki penampilan hingga mengemas hasil lebih apik?

Baca Juga: Jack Miller Tak Ambil Risiko saat Balapan di MotoGP Inggris, Cari Aman

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya